4 Kelebihan Laser Marking Ultraviolet

Sebagai solusi marking yang populer saat ini, mesin laser marking memiliki karakteristik unik yang lebih unggul dibandingkan metode marking lainnya. Mesin laser marking Ultraviolet menggunakan sumber sinar ultraviolet berkualitas tinggi. Dengan diameter titik fokus yang kecil, mesin laser marking UV memiliki efek marking dengan lebar pulsa yang sempit sehingga membuat marking menjadi lebih presisi dan lebih cepat secara merata. Mesin laser marking UV ini banyak digunakan untuk material seperti kaca, tekstil, lembaran keramik tipis, dan lainnya.

 

4 kelebihan menggunakan mesin laser UV dalam proses produksi:

1. Proses yang fleksibel

Mesin laser marking UV dapat digunakan di berbagai industri seperti otomotif, dirgantara, pertahanan, medis, serta elektronik. Karena pentingnya identifikasi produk, penggunaan laser marking sebagai penandaan yang andal dan fleksibel adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Pada perusahaan otomotif misalnya, jika terjadi kegagalan komponen, penggunaan tracebility atau penandaan pada part dapat dengan cepat menunjukkan kapan dan dimana part diproduksi sehingga penarikan produk bisa dilakukan secepatnya.

2. Cepat secara menyeluruh

Penandaan dengan mesin laser marking UV bekerja tanpa adanya waktu henti untuk melakukan pembersihan atau perbaikan printer seperti metode tradisional pada umumnya, sehingga mampu bekerja lebih cepat. Selain itu, panjang gelombang mesin laser marking UV juga lebih baik untuk diserap dibanding panjang gelombang mesin laser marking lainnya.

3. Memaksimalkan keaslian produk

Penandaan dari mesin memiliki titik pemfokusan yang sangat kecil dari sinar Ultraviolet, sehingga mampu menghasilkan penandaan yang sangat halus dan lebih jelas dibaca.

4. Meminimalkan kontaminasi produk

Selama proses penandaan, perangkat mesin laser marking tidak bersentuhan langsung dengan produk yang sedang di laser, sehingga tidak akan menyebabkan kontaminasi atau efek pemanasan terhadap produk. Hal ini membuat laser marking dengan sinar Ultraviolet sangat cocok digunakan untuk memproses produk dengan bahan radiasi panas yang besar. 

 

Banyaknya keuntungan dari mesin laser UV ini dapat menjadi solusi tepat untuk proses penandaan Anda. PT Yakin Maju Sentosa menyediakan berbagai mesin laser UV berkualitas untuk beragam kebutuhan produksi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan berkaitan dengan perihal di atas, Anda dapat menghubungi kami untuk sharing dan bersama kita dapat menemukan solusinya.