5 Penyebab AC Panel Tidak Dingin

AC Panel yang tidak dingin akan membuat Control Panel menjadi panas dan mesin akan berkurang performanya. Tentu ini sangat mengganggu sekali terhadap aktifitas produksi maupun Team Maintenance yang banyak menyita waktu untuk menanganinya.

Penyebab AC panel tidak dingin antara lain:

1. Filter Kotor

Mungkin ini hal sepele tetapi jika terabaikan maka kotoran debu pabrik akan terus menempel dan menjadi semakin banyak pada filter udara. Hal ini dapat menyebabkan aliran udara menjadi tersumbat, bahkan untuk jangka panjang bisa mengganggu putaran kipas menjadi lemah.

2. Coil Condenser Kotor

Dalam posisi ini biasanya Sistem dalam AC Panel Dindan akan mengeluarkan Error Code E07 yang berarti kotor di area Condenser, dan jika dalam beberapa waktu tertentu tidak kita respon biasanya akan mengeluarkan Error Code E08 atau AC Panel Dindan akan mati sendiri sebagai proteksi keamanannya. Maka dalam hal ini berlaku Preventive bulanan harus dilakukan, caranya dengan membuka Cover AC Panel Dindan bagian Condenser dan semprot debu dengan angin kompresor atau bersihkan dengan lap kering.
 

 3. Pintu Control yang Terbuka

Pada prinsipnya, udara dingin yang dikeluarkan oleh AC Panel harus tersirkulasi dengan sempurna di dalam Control Panel. Ketika Operator tidak menutup pintu control panel dengan rapat, maka udara dingin yang bocor keluar akan terbuang percuma. Efek lainnya adalah kerja kompresor akan lebih berat karena sulit mengejar suhu yang kita inginkan atau Setting sebelumnya. Bukan hanya itu saja, debu-debu dari luar akan masuk dan menempel di semua komponen Control Panel maupun bagian Evaporator AC Panel Dindan. Maka selalu periksa pintu Panel tersebut ketika kita membuka pintunya.

 4. Kapasitas AC Panel Kurang

Banyak terjadi pembelian AC Panel Dindan hanya berdasarkan besar kecilnya AC Panel Dindan, Ketika kapasitas AC Panel Dindan tipe kecil untuk mendinginkan Control Panel yang besar maka suhu yang kita inginkan akan sulit tercapai. Begitu juga apabila Control Panel kecil dipasang dengan AC Panel Dindan kapasitas besar maka akan lebih boros penggunaan energi listriknya. Maka kunci utamanya adalah informasikan dengan benar kepada Team Technical Support Dindan untuk 5 poin penting ini sebelum melakukan pembelian AC Panel Dindan yaitu : Panjang Panel, lebar Panel, tinggi Panel, suhu dalam Panel dan suhu luar Panel atau Ambien.
 

5. Kebocoran Freon

Pada prinsipnya Freon selamanya tidak perlu ada penambahan atau pergantian jika tidak ada kebocoran pada jalur-jalur sirkulasi yang dilaluinya yaitu kompresor, pipa-pipa kapiler, Condensor Coil, Evaporator Coil dan kembali lagi ke kompresor. Penyebab kebocoran biasanya akibat dari karat, benturan atau pipanya tersumbat.
 

Dengan mengetahui penyebab AC Panel tidak dingin maka kita bisa melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegahnya. Beberapa hal tampak sepele tapi sebenarnya dalam jangka menengah sampai jangka panjang akan mempengaruhi performa AC Panel.


Distributor AC Panel di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi AC Panel Dindan di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan AC panel, silahkan hubungi tim kami.Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.