Alat Pengukur Ulir Dalam dan Luar

Dalam industri manufaktur khususnya di bidang otomotif pasti tidak asing lagi dengan alat pengukur yang satu ini. Thread Plug Gauge dan Thread Ring Gauge, dua alat ini memiliki kegunaan yang sama yaitu untuk mengukur ulir. Perbedaanya adalah, Thread Plug Gauge digunakan untuk mengecek ulir dalam sedangkan Thread Ring Gauge untuk mengecek ulir luar.

Thread Plug Gauge biasanya digunakan untuk mengecek ulir dalam yang standard ISO, karena gauge ini hanya dijual untuk ulir standard saja. Terdapat dua syarat ketika mengecek ulir dengan gauge ini, yaitu Go atau No Go. Go diartikan bahwa ulir yang dibuat telah sesuai dengan permintaan atau ulir standard parameternya terpenuhi. Sedangkan No Go diartikan bahwa ulir yang telah dibuat tidak sesuai dengan permintaan atau ulir standard parameter tidak terpenuhi.

Thread Ring Gauge digunakan untuk mengecek ulir luar. Cara penggunaannya pun juga mudah, setelah kita membuat ulir luar, gunakan Thread Ring Gauge dengan memasangkannya pada ulir luar yang telah dibuat. Jika Ring tersebut masuk dengan baik dan tidak seret, maka berarti ulir yang telah dibuat sudah sesuai dengan parameter yang kita inginkan. Penting untuk diketahui untuk tidak memaksakan Thread Ring Gauge agar bisa masuk karena akan merusak gauge tersebut.

 

Hubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan seputar Thread Gauge terkait, kami akan dengan senang hati membantu Anda untuk menemukan produk alat ukur yang tepat bagi kebutuhan Anda.