Apa Saja Jenis Kaliper Dalam Industri?

Kaliper adalah alat pengukur yang presisi. Alat ini digunakan berfungsi untuk mengukur dimensi dari benda kerja dengan rahang yang dapat disesuaikan.

Dalam industri, caliper umumnya tersedia dalam 3 jenis yang memiliki kelebihannya masing-masing. Simak penjelasan mengenai caliper berikut ini.

Apa Itu Kaliper?

Kaliper (caliper) adalah alat presisi yang umum digunakan dalam pengukuran berbagai dimensi suatu objek dan memiliki akurasi yang baik. Akurasi (resolusi) kaliper berkisar dari 0,1 hingga 0,02 mm. Rentang pengukurannya mulai dari 0 hingga 15 mm atau 6 inci. 

Fungsi Kaliper

Kaliper (caliper) berfungsi untuk mengukur berbagai dimensi seperti ketebalan, diameter luar, diameter dalam, panjang, lebar, dan kedalaman suatu benda dengan mudah dan akurat. 

Anda juga dapat menggunakan kaliper untuk mengukur kedalaman. Kaliper dilengkapi dengan tongkat tipis (depth rod) di bagian belakang yang berfungsi untuk mengukur kedalaman suatu objek atau lubang. 

Bagian-Bagian Kaliper

Kaliper terdiri atas bagian-bagian berikut ini:

1. Rahang internal

Rahang internal berfungsi untuk mengukur diameter internal suatu benda

2. Depth rod atau batang kedalaman

Batang kedalaman berfungsi untuk mengukur kedalaman objek atau lubang.

3. Skala Metrik

Skala yang ditandai dalam milimeter (mm). Namun ada pula dalam satuan inci.

4. LCD

LCD merupakan layar yang menampilkan hasil pengukuran.

5. Rahang eksternal

Rahang eksternal berfungsi untuk mengukur lebar atau diameter eksternal suatu benda.

Jenis Jenis Kaliper

1. Vernier Caliper

Vernier caliper atau kaliper vernier adalah jenis kaliper untuk membuat pengukuran linier yang sangat akurat menggunakan dua skala bertingkat: skala utama yang mirip dengan penggaris dan skala vernier yang meluncur sejajar dengan skala utama. 

2. Dial Caliper

Kaliper dial bekerja seperti kaliper vernier karena memiliki dua set rahang, penggeser, dan skala untuk mengukur. Perbedaannya adalah pengukuran tidak dibaca pada skala vernier namun pada dial indicator. 

3. Digital Caliper

Digital caliper atau kaliper digital adalah yang paling mudah dibaca dari jenis kaliper lainnya, karena menggantikan dial analog dengan tampilan digital. Alat ukur elektronik ini bekerja dengan menggunakan kode linier yang ditampilkan di layar agar mudah dibaca.

Kelebihan dan Kekurangan Kaliper

Kelebihan dari Kaliper

1. Akurasi dan presisi

Kelebihan pertama dari kaliper adalah memberikan pembacaan yang akurat dan tepat.

2. Keserbagunaan

Kaliper adalah instrumen serbaguna atau dapat digunakan untuk berbagai tujuan, contohnya untuk pembacaan internal, pembacaan eksternal, dan kedalaman.

3. Daya tahan

Karena kaliper dibuat dengan bahan yang kuat seperti baja tahan karat, maka kaliper dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

4. Tidak perlu skala ekstra

Jenis kaliper pembacaan langsung memiliki skala tetap dan skala bergerak. Mereka tidak memerlukan skala terpisah ekstra untuk melakukan pengukuran.

5. Harga

Kaliper dapat dengan mudah kita temukan di pasaran dengan harga terjangkau.

Kekurangan dari Kaliper

1. Peluang kesalahan / human error

Ada kemungkinan terjadi kesalahan pembacaan skala vernier akibat sudut pembacaan skala yang kurang tepat pada pengguna yang kurang berpengalaman.

2. Perlu Skala Tambahan

Kaliper pembacaan tidak langsung memerlukan skala tambahan untuk menghitung pengukuran.

3. Perlu Penglihatan yang Baik

Model analog yang mencakup vernier dan dial caliper membutuhkan penglihatan yang baik. Orang yang tidak memiliki penglihatan yang baik akan kesulitan membaca pengukuran.

Contoh Kaliper Yang Dijual di Indonesia

1. SYLVAC Ultra Light Caliper ULH4

Sylvac ULH4 caliper dirancang sebagai kaliper digital elektronik tugas berat dengan jangkauan lebih luas (hingga 3 meter atau 72 inci). Sylvac UL H4 terbuat dari bahan yang ringan tahan aus dan dirancang seimbang dengan memanfaatkan teknologi bahan tercanggih.

2. SYLVAC S_Cal Pro Micron

Sylvac S_Cal PRO Micron dirancang untuk memberi Anda pembacaan langsung pada layar LCD dengan tingkat presisi tinggi yang mematuhi DIN 862. Kaliper ini terdiri dari skala yang dikalibrasi dengan rahang tetap, dan rahang penunjuk, yang dapat disesuaikan di sepanjang skala vernier. 

3. SYLVAC Digital Caliper S_Cal EVO Carbide

Sylvac S_Cal EVO Carbide dirancang dengan rahang karbida untuk memberi Anda kekokohan jarak pengukuran dengan presisi tinggi yang mematuhi DIN 862. Kaliper ini terdiri dari skala yang dikalibrasi dengan rahang tetap, dan rahang penunjuk, yang dapat disesuaikan di sepanjang skala vernier. 

4. SYLVAC Digital Caliper S_Cal EVO BT External Groove

Sylvac S_Cal EVO BT EG (External Groove) yang baru diluncurkan berasal dari seri EVO dengan rahang eksternal yang dirancang khusus untuk pengukuran presisi tinggi yang mematuhi DIN 862.

Distributor Kaliper di Indonesia

PT Yakinmaju Sentosaadalah distributor resmi kaliper Sylvac di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan kaliper digital, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.

 
You can also check the reviews of a particular essay writing service by looking for testimonials from other users. You'll be better able to judge the quality of a company based on their reviews if they're written by people who https://trusted-essayreviews.com/ actually used their services. If a reviewer doesn't have personal experience with a specific company, chances are that they've had a great experience with a certain service.