March 14, 2019

Apakah Performa Mesin Anda Menurun?

Rusak
/ru·sak/ adjektiva


kala mesin mulai lelah
dengan keadaan yang ada

Dikala mesin mulai lelah, Anda bisa apa? Apa yang terjadi? Well, banyak faktor yang dapat membuat sebuah mesin rusak sebagian bahkan rusak total. Namun bagaimanakah kita dapat mencegahnya?

Sebelum kita beralih kesana, perlu Anda perhatikan bahwa Anda perlu stop menggunakan konsep "apa" dan menggantinya ke konsep "mengapa". Ketika mesin produksi rusak, umumnya pertanyaan yang pertama muncul dibenak kita adalah; apa yang rusak? apa yang aus? siapa yang salah? Pertanyaan seperti itulah yang sesungguhnya tidak berguna ketika Anda melakukan inspeksi mesin Anda.

Konsep yang perlu Anda perhatikan adalah mengapa. Hal ini digunakan untuk mencegah kerusakan dikedepannya. Mengapa mesin ini rusak? Mengapa kita tidak tahu lebih awal? Bagaimana cara untuk mencegahnya?

Kebanyakan kasus dari rusaknya mesin dipengaruhi oleh maintenance. Didalam dunia industri, maintenance adalah hal yang paling krusial. Maintenance sendiri secara garis besar terbagi atas preventive maintenance dan treatment maintenance. 

Treatment maintenance atau breakdown maintenance adalah teknik perawatan yang diberikan setelah terjadi kerusakan. Jika mesin tersebut tidak rusak maka tidak akan terjadi perawatan mesin. Teknik ini cenderung membutuhkan banyak biaya dan memiliki banyak kekurangan. Pemusatan perbaikan terjadi hanya pada satu titik kerusakan. Penggunaan teknik ini tidaklah optimal dan dapat mengakibatkan kerusakan bagian lain di masa yang akan datang.  

Preventive Maintenance adalah teknik pemeliharaan yang dilakukan demi menghindari kerusakan mesin. Terdapat berbagai cara dalam preventive maintenance. Seperti:

  • Pemberian pelumas ke part yang membutuhkan (secukupnya, overgreasing hanya akan menambah kerusakan mesin Anda) 

  • Jangan pernah lupakan inspeksi ringan 

  • Jangan lupa untuk melakukan pengencangan baut

  • Pastikan mesin tidak mengalamin overloading dimana akan merusak winding mesin nantinya

  • Gunakanlah cooling unit dalam menjaga panel Anda

Seberapa penting penggunaan cooling panel untuk mencegah kerusakan mesin?

  

Seperti yang telah Anda lihat dari video tersebut, ada saja masalah dilingkungan pabrik yang dapat merusak panel Anda seperti heat problem. Kebanyakan mesin yang tidak menggunakan pendingin sama sekali, cenderung memiliki lifetime yang lebih rendah. Masalah tersebut disebabkan oleh power loss lalu naiknya temperatur mesin hingga rusaknya circuit panel (servo, inverter, plc, dll) yang kemudian mengakibatkan mesin mengalami break-downBreak-down adalah situasi dimana mesin divonis rusak dan harus diperbaiki tanpa adanya persiapan.  

Kebanyakan pabrik menggunakan fan dan air conditioner sebagai solusinya. Namun pabrik yang menggunakan fan ataupun heat exchanger, mesinnya hanya tahan sedikit lebih lama dibandingkan dengan mesin yang tidak memiliki pendingin. Sementara itu lingkungan workshop yang hanya mengandalkan AC saja untuk mesinnya tidaklah optimal. Hal ini terjadi dikarenakan udara yang dihembuskan oleh AC tidaklah merata.

Dibandingkan dengan Fan ataupun AC, cooling panel lebih efektif dalam mengatur suhu mesin Anda. Cooling panel yang dipasangkan langsung ke panel mesin Anda akan mengeluarkan hawa panas keluar sembari memasukkan udara dingin. Hal tersebut membuat cooling panel memberikan hasil yang lebih maksimal dibandingkan AC yang mendinginkan bagian luar saja. Cooling panel selain mengkontrol suhu mesin, juga memberikan perlindungan terhadap debu, asap serta bahan kimia yang dapat merusak mesin.

Berikut adalah product cooling panel yang banyak digunakan oleh customer kami. Dindan. Dindan adalah cooling unit untuk panel yang telah sukses terjual lebih dari 35,000 unit. Lebih dari 800 perusahaan dari berbagai industri di berbagai negara termasuk Indonesia telah membuktikan bahwa Dindan membantu dalam mencegah kerusakan mesin. 

Dengan menggunakan cooling panel Dindan, Anda dapat meningkatkan performa mesin Anda. Circuit panel Anda akan tahan lebih lama, power loss dapat diminimalisir dan temperature mesin akan stabil. Dengan begitu lifetime mesin Anda akan meningkat, biaya maintenance pun dapat dikurangi. Dindan juga dapat dioperasikan selama 24 jam non stop sehingga dapat diaplikasikan di berbagai macam industri yang memiliki proses produksi yang terus-menerus. Gunakan Dindan dan tingkatkan produktivitas mesin Anda.

Seberapa besar manfaat cooling panel Dindan untuk proses produksi Anda?
Silahkan hubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan dengan produk terkait. Temukan solusi yang sesuai untuk beragam kebutuhan Anda.

Lihat Product Page 

This site is best viewed using Internet Explore 9 and above, FireFox 2.0 and above, Safari 5.0 and above, and Google Chrome at 1024px x 768px display.