Aplikasi Flap Wheel Pada Industri Otomotif

Pada artikel sebelumnya kita telah mengenal lebih dalam dengan Flap Wheel yang biasanya dipakai untuk proses menghilangkan karat. Tidak hanya itu, Flap Wheel juga biasa digunakan untuk menggerinda bekas welding dan polishing material, baik itu material steel maupun stainless steel.

Salah satu kelebihan dari Flap Wheel dibandingkan grinding stone adalah karena selain harga yang murah, Flap Wheel bisa dibuat sesuai dengan bentuk part yang diinginkan serta tidak adanya resiko pecah atau rusak pada grinding stone.

>>> Baca juga di sini mengenai Pengertian, Jenis, dan Kegunaan Flap Wheel <<<


Industri manufaktur yang memakai Flap Wheel biasanya ada pada proses welding, machining, heavy duty equipment, industrial maintenance dan food production. 

Pada Industri Otomotif, Flap Wheel biasa dipakai pada produksi:

1.  Steel or Carbon steel cylinder rod

         

Pada Steel atau Carbon Steel Cylinder Rod biasanya flap wheel dipakai untuk proses grinding dengan grit #220~#800. (Main grit : #320,#400,#500) yang selanjutnya dilakukan proses buffing dengan sisal buff dan bias cloth buff.

2.  Shock Absorver (Fork Pipe)

       

Proses pada fork pipe hamper sama dengan cylinder rod, ada beberapa customer memakai flap wheel ini pada proses setelah plating baik itu hard chrome plating atau nickel hard chrome plating untuk mencapai surface yang diinginkan (Rmax).

3.  Steel rim for motorcycle

       

 

Pada proses rim ini flap wheel dipakai untuk proses grinding sebelum proses plating.
Contoh pemakaian flap wheel ini adalah sebagai berikut:
 
INSIDE AREA : FLAP WHEEL  #80→#180→#280→#320-#400
SIDE AREA    : FLAP WHEEL  #180→#280→#320

Di dalam pemilihan Flap Wheel biasa ada 2 hal yang harus di ketahui yaitu untuk proses dry (kering) atau wet (basah), hal ini harus di tentukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mesin dari customer.

PT Yakin Maju Sentosa sebagai pemegang produk KOYO dari Japan mempunyai beberapa tipe untuk aplikasi dry dan wet, biasa yang kita rekomendasikan adalah KF-Wheel DAK untuk tipe dry dan KF-Wheel SAK untuk pemakaian wet.

Untuk ketersediaan grid mulai dari #40-#1000 hal ini disesuaikan dengan kebutuhan masing2 customer.

Size yang ada mulai dari 100 mm sampai dengan 400 mm.


 

>>> Baca juga di sini mengenai Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Flap Wheel <<<

Agar keaslian produk terjamin, pastikan Anda memperoleh Koyo Flap Wheel dari PT Yakin Maju Sentosa sebagai distributor resmi Koyo-Sha di Indonesia. Anda juga dapat mengunjungi website kami untuk informasi mengenai produk Koyo-Sha, atau hubungi kami untuk pertanyaan maupun bantuan lebih lanjut. Temukan solusi yang sesuai untuk kebutuhan Anda.