Bandsaw VS Circular Saw, Mana Yang Lebih Baik?

Pemilihan saw yang tepat sangat penting khususnya perusahaan yang berbasis cutting tool. Sekali salah langkah, dalam jangka panjang, Anda akan kesulitan dalam bersaing dengan perusahaan lainnya. Hal ini sering diperdebatkan di berbagai workshop. Band Saw atau Circular Saw, yang manakah paling cocok untuk digunakan?

 

Jika dilihat dari sejarahnya, Band Saw memiliki poin lebih di berbagai area. Dimulai dari Akurasi pemotongan melalui drive servo; pilihan kecepatan motor dan tenaga; workstation yang dapat diprogram pekerjaan berulang; mata gergaji berujung carbide; hingga kemampuan untuk mencapai pemotongan yang halus pada material yang keras. Hal ini hanya sebagian dari banyaknya fitur dan manfaat yang bisa didapatkan dari mesin Band Saw jaman sekarang.

Tidak seperti Band Saw, Circular Saw menawarkan pemotongan dengan kecepatan yang tinggi dan hasil akhir yang berkualitas. Mesin Band Saw paling dasar pun dapat melakukan pemotongan dengan volume rendah di seluruh spektrum material yang luas, sementara mesin otomatis dan tertutup bekerja dengan baik untuk menjalankan produksi dan proyek berulang.

Ada 2 hal yang penting untuk dipertimbangkan sebelum memilih jenis sawing sesuai kebutuhan:

Jenis dan Diameter Material yang Dipotong

  • Material apa yang akan Anda potong pada mesin ini?
  • Jenis dan nilai bahan apa?
  • Material apa yang paling sering Anda potong?
  • Apakah Anda akan memotong benda padat, tabung, atau keduanya?
  • Apakah proyek di masa depan akan mengubah persyaratan Anda?
  • Apakah Anda membayangkan menawarkan kemampuan pemotongan tambahan ke pasar baru?

 

Secara umum, diameter maksimum untuk gergaji dingin melingkar adalah antara 5 dan 6 inci.

Di luar itu, keputusan dari kedua perspektif kemampuan dan biaya jatuh dengan jelas ke dalam band saw camp. Diameter benda kerja antara 1 dan 5 in. Bisa dengan gergaji pita atau gergaji dingin melingkar. Yang dipilih tergantung pada berbagai faktor.

Dalam menggergaji dingin, idenya adalah untuk masuk dan keluar dari materi dengan cepat. Nilai baja yang lebih umum cocok untuk gergaji bundar. Mereka dapat dipotong dengan cepat tanpa menghasilkan panas dan gesekan yang berlebihan, yang dapat menyebabkan keausan dini pada mata gergaji bundar dan dengan demikian mempengaruhi hasil akhir. Bahan berbasis nikel yang lebih keras bersifat lambat.

Bilah terus-menerus pada gergaji pita bekerja lebih lambat dan memiliki lebih banyak ujung potong, yang memberikan lebih banyak waktu bagi blade untuk menjadi dingin antara memasuki dan keluar dari material.

Persyaratan Produksi Lalu dan Masa Depan

  • Berapa banyak potongan yang perlu Anda potong setiap jam, harian, mingguan, atau bulanan?
  • Apakah ini jangka panjang, tipe produksi, jangka pendek, atau pemotongan individual?
  • Akankah persyaratan produksi bergeser ke operasi yang lebih besar di masa depan?
  • Berapa ukuran, nilai, dan jumlah bahan yang akan dipotong?

Gergaji pita sekarang memiliki kemampuan pemotongan lapisan dan bundel yang canggih, memungkinkan untuk produksi yang lebih tinggi pada potongan berdiameter kecil, serta kemampuan untuk menahan toleransi yang lebih ketat. Jika Anda dapat memotong potongan-potongan berlapis-lapis, maka gergaji pita dapat bersaing dengan baik dengan volume keluaran gergaji dingin melingkar. Mungkin Anda bisa memotong satu 2-in. 4140 batang padat setiap 10 detik pada gergaji dingin standar, tetapi jika Anda memotong lapisan lima 2-in. potongan pada pita melihat dalam 70 detik, maka itu mungkin memenuhi persyaratan produksi Anda. Dengan teknologi gergaji pita yang maju dan kemampuan gergaji dua kolom untuk mempertahankan tegangan pita sangat tinggi melalui desain yang kaku, ditambah teknologi untuk mempertahankan beban chip yang konstan, toleransi dan konsistensi gergaji pita telah meningkat secara dramatis.

Dengan memotong lapisan atau bundel, Anda mengurangi waktu indeks juga. Jika Anda berencana untuk mengikat materi, pertimbangkan persyaratan penjepitan. Gergaji dingin memang bisa diikat bundel, tetapi hanya komponen berdiameter kecil dan dengan menggunakan perlengkapan khusus. Untuk bundling komponen dengan diameter lebih besar, gergaji pita tetap menjadi satu-satunya pilihan. Bundling tabung persegi atau persegi panjang mungkin hanya membutuhkan penjepitan horizontal.

Mana Yang Lebih Baik?

Yang mana dari keduanya yang harus Anda gunakan tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda hanya berencana untuk membuat banyak potongan silang cepat, seperti jika Anda memotong balok dinding atau papan lantai, maka circular saw adalah pilihannya.

Intinya adalah jika Anda ingin membuat potongan lurus, membutuhkan kecepatan, dan membutuhkan hasil akhir yang bersih di setiap potongan, maka circular saw masih merupakan pilihan yang paling tepat. Namun, jika Anda berencana melakukan pemotongan bundel, atau Anda ingin memotong lekukan dan berbagai bentuk, maka band saw adalah yang Anda butuhkan.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar produk Sawing untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.