Bingung Memilih Barcode Reader? Simak 5 Tips Berikut Ini!

Memilih Barcode Reader yang sesuai dimulai dengan melakukan pertimbangan yang cermat terhadap aplikasi pembacaan kode Anda. Seperti misalnya: Jenis kode apa yang Anda baca? (Apakah itu kode 1D atau 2D) , Apakah kode sulit dibaca? Di mana barcode reader akan ditempatkan? Dan dengan batasan fisik apa? Bagaimana barcode reader akan berkomunikasi? Berapa biayanya?

Berikut adalah 5 tips memilih barcode reader:

  • Simbologi

Persyaratan data untuk inventaris atau aplikasi lacak Anda mungkin kecil hari ini, yang mungkin membuat kode batang 1D tampak seperti pilihan yang logis. Tetapi persyaratan data Anda cenderung tumbuh seiring skala bisnis Anda. Penting untuk mengantisipasi persyaratan di masa mendatang yang akan mendapat manfaat dari kode 2D atau kemampuan untuk membaca kode batang 1D yang disusupi. Anda mungkin memiliki saluran distribusi Anda hari ini, tetapi pertumbuhan atau klien baru di lokasi terpencil mungkin memerlukan perusahaan logistik pihak ketiga, sehingga Anda tidak lagi dapat mengontrol kualitas penandaan kode. Berinvestasi dalam teknologi yang lebih kuat saat ini dapat meminimalkan peningkatan peralatan di masa mendatang.

Pilihlah barcode reader yang sesuai dengan jenis kode yang akan dibaca. Apakah itu 1D code (barcode) atau 2D code (QR code/DataMatrix).

  • Kecepatan Baca

Kecepatan baca adalah jumlah barcode yang berhasil dibaca dibagi dengan jumlah percobaan. Kecepatan baca biasanya dinyatakan sebagai persentase dan semakin mendekati 100%, semakin baik untuk efisiensi operasional dan throughput. Setiap kali mesin atau orang menangani produk Anda, ada kemungkinan kode tersebut rusak. Jika keakuratan rantai pasokan penting bagi bisnis Anda, pastikan barcode reader yang akan dipilih mampu membaca kode yang berisiko—seperti misalnya kode yang dicetak pada karton atau tergores, cacat, atau kontras rendah—bukan hanya kode sempurna yang baru dicetak dari printer.

  • Penggunaan

Lingkungan pemindaian juga akan menunjukkan jenis barcode reader yang Anda butuhkan. Jika aplikasi Anda meminta membaca karton dengan berbagai ukuran yang berjalan dengan kecepatan tinggi di konveyor, maka Fixed-mount Barcode Reader akan menjadi pilihan terbaik. Fixed-mount barcode reader memungkinkan pemindaian kode secara otomatis dan hands-free dari posisi terpasang, biasanya pada jalur produksi.

Jika pembaca adalah pemeriksaan inventaris akhir untuk pekerja dermaga yang memuat bahan masuk atau produk keluar, maka barcode reader model genggam akan ideal. Handheld Barcode Reader dipegang di tangan operator dan dapat dijalin dengan kabel atau nirkabel.

Jika itu adalah kurir atau teknisi yang bekerja di lapangan, Mobile Barcode Reader dengan kemampuan membaca kode bawaan akan membantu memindai paket dengan cepat atau memeriksa spesifikasi peralatan. Mobile Barcode Reader dipegang di tangan operator dan dapat dibuat khusus untuk aplikasi tertentu atau berbasis smartphone dengan penutup terminal seluler yang kokoh.

  • Komunikasi Reader

Setelah menandai bagian atau produk dan membaca kode, data disimpan atau digunakan di dalam jaringan pabrik atau pusat distribusi. Barcode reader berbasis gambar menawarkan berbagai protokol komunikasi industri termasuk Ethernet, USB, RS-232, I/O diskrit, Ethernet/IP, PROFINET dan Modbus TCP/IP. Ini menyederhanakan integrasi antara pembaca dan jaringan, yang sangat penting tidak hanya untuk membaca dan mengirim informasi pelacakan produk, tetapi juga untuk menyimpan gambar yang diarsipkan jika ada kode yang belum dibaca.

  • Biaya Kepemilikan

Dengan kekuatan tambahan dan fleksibilitas pembaca kode batang berbasis gambar, Anda mungkin berharap biayanya jauh lebih mahal daripada pemindai laser. Meskipun itu benar di masa lalu, pembaca berbasis gambar terbaru harganya hampir sama dengan pemindai laser industri yang memiliki fungsionalitas jauh lebih sedikit. Mikroprosesor baru dan chip sensor digital CMOS juga berarti sistem berbasis gambar bisa hampir secepat pemindai laser tercepat. Dan perkembangan ini hadir sebagai tambahan dari keuntungan tradisional dari pembaca berbasis gambar: tidak ada bagian bergerak yang dapat aus atau gagal seperti pemindai laser, kemampuan untuk membaca kode 2D serta kode yang rusak dan segala arah, dan kemampuan untuk menyimpan gambar untuk audit dan pelacakan.

Setelah membaca penjelasan diatas, pastikan Anda tidak salah dalam memilih barcode reader yang sesuai dengan kebutuhan.
 
Sedang mencari Barcode Reader? 

PT Yakin Maju Sentosa menyediakan barcode reader berkualitas untuk beragam kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar barcode reader atau permasalahan industri lainnya, Anda dapat menghubungi kami untuk sharing dan bersama kita dapat menemukan solusinya. Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.