Buffing dan Polishing, Apa Perbedaannya?

Buffing dan Polishing adalah dua proses finishing yang umum digunakan dalam industri manufaktur. Keduanya bertujuan membuat permukaan benda kerja menjadi rata dan halus untuk mempercantik tampilan benda kerja tersebut. Penting bagi perusahaan manufaktur untuk menggunakan jenis abrasif yang tepat saat melakukan Buffing dan Polishing. Jika bahan abrasif yang digunakan salah, seperti misalnya bahan abrasif dengan sedikit atau terlalu banyak pasir, maka dapat membuat benda kerja mengalami kerusakan. Namun Buffing dan Polishing tidaklah sama, setiap proses finishing memiliki ciri khasnya sendiri.

Lalu apa perbedaan antara Buffing dan Polishing?

Perbedaan utama antara Buffing dan Finishing adalah, Buffing melibatkan penggunaan bahan abrasif yang longgar pada roda, sedangkan Polishing melibatkan penggunaan bahan abrasif yang diamankan ke roda. Dengan kata lain, bahan abrasif berbasis pasir yang digunakan dalam Polishing tidak direkatkan ke roda. Itu terpasang longgar, memungkinkan pelepasaan dan penggantian yang cepat dan mudah.

Perbedaan lain terletak pada grit dari abrasif. Meskipun ada pengecualian, Buffing biasanya dilakukan dengan abrasive grit rendah atau sedang, sedangkan Polishing dilakukan dengan abrasive grit tinggi.

PT Yakin Maju Sentosa menyediakan berbagai produk abrasive kualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan Anda, yaitu Koyo-Sha. Koyo-Sha memproduksi standar pemolesan dan penyelesaian akhir terbaik untuk berbagai aplikasi industri sejak tahun 1926. Dengan standar ISO9001 dan ISO14001, Koyo-Sha mampu memenuhi jaminan kualitas dan standar manufaktur Anda.

Koyo-Sha Buffing & Polishing DANDEE Series

       

Seri DANDEE ini berfungsi untuk digunakan pada permukaan benda kerja dengan material plastik atau coating yang halus dan tipis. Terdapat senyawa buffing yang dibuat untuk dua fase buffing yaitu "memotong" dan "mewarnai". Seri ini juga cocok dikerjakan dengan buff cotton.

 

Koyo-Sha Polimall Sheet

       

Koyo-Sha Polimall Sheet cocok digunakan untuk membersihkan dan penyepuhan benda logam seperti emas, silver, tembaga, aluminium, dan stainless steel. Berbeda dengan kain silikon pembersih biasa yang hanya mampu memberikan efek kilau sementara, Polimall sheet dari Koyo ini memberikan polesan kilau asli pada permukaan benda tanpa goresan atau korosi.

 

       

 

Terdapat 3 jenis Polymall Sheet dengan 3 warna berbeda yang setiap warnanya memiliki masing-masing kegunaan:

       
  • Polymall Sheet Pink (Super Hard)

Memiliki jumlah abrasif yang paling melimpah dibanding warna Kuning dan Biru. Cocok untuk memoles dan membersihkan berbagai logam seperti hard stainless steel, platinum jewellery, besi, dan lainnya.

  • Polymall Sheet Yellow (Hard)

Kain tipe standar dengan keseimbangan kilau dan penghilang noda yang sangat baik. Bisa digunakan untuk banyak aplikasi termasuk pemolesan logam umum (general metal) serta pembersihan.

   
   
  • Polymall Sheet Blue (Soft)

Polymall sheet ini cocok untuk memoles lembut karena jumlah campuran abrasifnya yang paling sedikit dibanding warna Pink dan Kuning. Cocok untuk menyeka permukaan yang berlapis dengan lembut, serta membersihkan dan memoles logam non-ferrous seperti perak dan emas.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan Koyo-Sha Polimall Sheet, seperti jangan memoles secara berlebihan pada benda yang berlapis logam atau benda dengan permukaan di cat, karena zat kimia yang ada pada Koyo Polymall Sheet ini bisa masuk ke mata. Lalu angan digunakan untuk memoles permukaan yang sudah mengkilap atau dipoles dengan buffing compound kimia tambahan lain. Terakhir jangan dicuci dengan air.

Apa saja fitur yang ada pada Koyo-Sha Polimall Sheet?

  • Koyo Polimall Sheet memiliki material yang memiliki kehalusan seperti layaknya kain silikon namun dengan zat warna yang berbeda. Tersedia dalam ukuran 500mm X 30M dan 500mm X 10M

  • Tersedia juga dalam kemasan retail maupun kemasan untuk pengguna industri dalam bentuk roll

  • Sangat cocok untuk diaplikasikan pada perhiasan, jam tangan mewah, stainless steel pipe, barang-barang mewah, produk inspeksi, maupun benda presisi setelah pembersihan dengan ultrasonic cleaner


  • Tidak memerlukan compound maupun tambahan buffing kimiawi dalam penggunaannya pada material emas, perak, tembaga, aluminium, dan stainless steel

  • Cocok untuk permukaan benda kerja yang melengkung, fleksibilitas dari Koyo Polymall Sheet ini juga memungkinkan Anda untuk membuat permukaan yang rata.

 

Silahkan hubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan dengan produk buffing dan polishing atau proses finishing. Kami akan dengan senang hati membantu Anda untuk menemukan solusi yang tepat bagi proses finishing Anda.