Bagaimana Cara Memilih Magnifying Lamp?

Magnifying lamp adalah sebuah alat inspeksi visual berupa kaca pembesar yang disertai dengan lampu. Dalam aplikasi industri, magnifying lamp umumnya digunakan untuk membantu proses pengamatan atau inspeksi suatu part yang ukurannya relatif kecil.

Magnifying lamp tersedia dalam bentuk dan ukuran yang beragam, sehingga untuk memilih magnifying lamp yang tepat Anda perlu mempertimbangkan fitur-fiturnya berikut ini.

1. Bentuk Stand Magnifying Lamp

Bentuk stand adalah salah satu yang harus dipertimbangkan guna menunjang kenyamanan pekerjaan Anda. Magnifying lamp Otsuka memiliki beberapa pilihan stand, seperti: table stand, free arm with clamp dan free arm with moveable stand. 

Jenis stand ini dapat Anda sesuaikan dengan jenis pekerjaan dan kondisi kerja Anda. Untuk pekerjaan yang tidak tetap sebaiknya menggunakan jenis free arm stand agar lebih fleksibel. 

2. Jenis Lensa Magnifying Lamp

Lensa magnifying lamp Otsuka tersedia dalam 3 bentuk yaitu: round series, wide series, dan rectangle series. Lensa-lensa ini dapat dengan mudah diganti dengan perbesaran lainnya apabila sewaktu-waktu membutuhkan perbesaran yang lebih tinggi atau lebih rendah.

Apapun bentuk lensanya, sebaiknya memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan perbesaran lensa, jarak kerja, diameter lensa, dan bidang pandang mata.

Jika pekerjaan Anda membutuhkan penggunaan alat lain, maka magnifier lamp dengan jarak kerja yang jauh akan lebih sesuai, karena akan memberikan ruang yang cukup untuk menggunakan alat dan melihat objek dengan nyaman. 

Sedangkan magnifying lamp dengan jarak kerja yang kecil dengan kekuatan yang lebih tinggi lebih sesuai untuk pekerjaan inspeksi jarak dekat. 

3. Lapisan Coating Pada Lensa Magnifying Lamp

Lapisan coating pada lensa dapat mengurangi mata lelah pada saat penggunaan magnifying lamp dalam waktu yang lama sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja. Banyak jenis magnifier lamp murah yang beredar di pasaran tidak memiliki lapisan coating sehingga kurang cocok untuk digunakan di industri.

4. Jenis Lampu Magnifying Lamp

Jenis lampu pada magnifying lamp juga mempengaruhi tampilan yang dihasilkan. Terdapat 2 jenis lampu yang dapat Anda pilih, yaitu lampu LED dan lampu Fluorescent, dengan bentuk yang sama dengan lensa yang dipakai.

Lampu jenis LED saat ini adalah pilihan yang baik untuk aplikasi di industri karena memiliki lifetime yang lebih panjang dan gambar yang lebih kontras dibandingkan jenis lampu lainnya. 

Contoh Magnifying Lamp Yang Dijual di Indonesia

1. OTSUKA SKKL-F - 2X

2. OTSUKA SKKL-B - 2X

3. OTSUKA O-LIGHT III-L - 2X

Distributor Magnifying Lamp di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi magnifying lamp di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan magnifying lamp di perusahaan Anda, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.