Cara Cepat Inspeksi Runout

Apa Itu Pengujian Runout?

Pengujian runout biasa dikenal sebagain pengujian konsentrisitas (concentricity) merupakan prosedur yang digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi eksentrisitas atau perpindahan radial dari objek/part yang berputar, biasanya poros (shaft) atau komponen yang berputar. Pengujian ini biasanya dilakukan di industri manufaktur dan engineering untuk memastikan kualitas dan kinerja bagian yang berputar seperti roda gigi (gears), bantalan (bearings), katrol (pulleys), dan poros (shafts).

Tujuan pengujian runout adalah untuk menilai tingkat variasi posisi radial dari objek/part yang berputar relatif terhadap sumbu referensi. Variasi ini dapat menyebabkan efek seperti getaran, kebisingan, penurunan kinerja, dan keausan yang dipercepat pada komponen berputar. Dengan mengukur dan menganalisis runout, perusahaan pabrik dapat menentukan apakah objek/part tersebut memenuhi toleransi dan spesifikasi yang diperlukan.

Bagaimana Cara Melakukan Pengujian Runout?

Pengukur konsentrisitas atau yang biasa disebut Concentricity Gauges merupakan alat yang biasa digunakan dalam pengujian Runout. Salah satu concentricity gauge terbaik yaitu brand Spreitzer yang berasal dari Jerman. Spreitzer menawarkan pengujian runout yang bisa dilakukan tepat di sebelah mesin Anda dan hanya membutuhkan waktu 10 detik saja untuk tes runout.

 

  • Mengurangi biaya kesalahan internal dan eksternal Anda (failure costs)
  • Mengurangi setup dan downtime mesin CNC Anda hingga 80%
  • Sangat mudah digunakan

Mengapa Spreitzer?

  • Tidak membutuhkan emboss tambahan
  • Lebih hemat waktu dan biaya
  • Minim getaran
  • Desain yang ringkas
  • Aksebilitas yang optimal sehingga mengurangi keausan alat 

Sektor Industri Apa Saja Yang Dapat Menggunakan Concentricity Gauges?

Produk Spreitzer Concentricity Gauges yang Dijual di Indonesia

Concentricity Gauge RPG-AL

Tipe RPG-AL biasanya digunakan untuk mengukur single part. Lengan artikulasi dengan head piece untuk uji dial indikator atau pengukur kedalaman berfungsi sebagai dudukan universal untuk gauging instrument.

Concentricity Gauge RPG 35100

Tipe RPG 35100 dirancang untuk mengukur benda kerja besar dalam produksi batch. Dua gauge slides digunakan untuk mengukur runout eksternal, internal, dan axial runout dari rotating parts. Kedua gauge slides dapat terus menerus dipindahkan tanpa langkah pada kolom panduan. 

Distributor Spreitzer di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa merupakan distributor resmi Spreitzer Concentricity Gauges di Indonesia. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar Concentricity Gauges, Anda dapat menghubungi kami untuk sharing dan bersama kita dapat menemukan solusinya.