Cara Melakukan Pengukuran dengan Height Gauge

Seperti pembahasan kami sebelumnya tentang Digital Caliper, alat ukur ini umumnya digunakan untuk mengukur panjang dan diameter benda. Meskipun sebagian besar Digital Caliper dilengkapi dengan depth gauge yang mampu mengukur langkah (steps) dan kedalaman kecil (small depths), terkadang ketinggian benda benda perlu diukur secara akurat. Disinilah pengukur ketinggian yang biasa kita kenal dengan nama Height Gauge menjadi jawabannya.

Height Gauge adalah alat khusus untuk mengukur perbedaan ketinggian antara dua titik. Alat ini pada dasarnya adalah variasi dari Vernier Digital Caliper biasa dan dapat melakukan fungsi serupa seperti mengukur diameter internal dan eksternal selain pengukuran langkah (step measurement) dan jarak garis tengah (center line distances). Height Gauge biasanya memiliki akurasi -+ 0,001 inch hingga -+ 0,0001 inch.

     

Digital Height Gauge terbuat dari baja tahan karat (stainless steel) dengan dasar kaku yang dibuat dari solid cast iron yang memberikan stabilitas untuk pengukuran. Balok vertikal yang mengikuti skala ukur dipasang pada alasnya. Skala ini mirip dengan skala vernier biasa dengan jarak yang ditandai dalam inci dan milimeter. Rentang pengukuran yang biasa untuk Height Gauge adalah hingga 12inci atau 300mm meskipun dapat diperpanjang hingga 80inci atau 2000mm.

 

The beam mendukung pergerakan penggeser elektronik yang terpasang yang menahan display dan tombol kontrol untuk penyesuaian dan pengaturan posisi nol (Zero Setting). Fitur yang menentukan dari slider adalah scriber karbida yang melekat padanya yang digunakan untuk pekerjaan selanjutnya. Slider bergerak keatas dan kebawah skala dan dipasang pada posisi akhirnya dengan sekrup pengunci (lock screws).

Height Gauge Size dan Spesifikasi:

Height Gauge biasanya berukuran dan ditentukan oleh beberapa parameter umum yang ditunjukkan di bawah ini. Perhatikan bahwa spesifikasi untuk perangkat ini dapat bervariasi dari satu pabrikan ke pabrikan lainnya dan perhatikan juga bahwa spesifikasinya dapat berbeda tergantung pada jenis Height Gauge. Memiliki pemahaman dasar tentang spesifikasi ini akan membuat proses penentuan model lebih mudah dilakukan.

 


  • Rentang/ukuran pengukuran: mewakili rentang vertikal dimana Height Gauge dapat memberikan pengukuran.

  • Graduation: mencerminkan jumlah garis yang muncul pada skala pengukuran untuk perangkat. Lebih banyak garis memungkinkan lebih banyak perincian pengukuran.

  • Akurasi: ukuran sejauh mana nilai ketinggian yang diukur seperti yang dilaporkan oleh gauge menyimpang dari nilai yang sebenarnya. Akurasi terkadang didefinisikan sebagai presentasi +/- dari nilai penuh skala pengukur atau sebagai nilai absolut dalam satuan panjang. Umumnya, akurasi pengukur akan tergantung pada rentang pengukuran dan unit dengan rentang pengukuran yang lebih tinggi akan menunjukkan variasi yang lebih besar (spesifikasi akurasi +/-).

  • Resolusi: mencerminkan digit paling signifikan dari nilai terukur yang dapat diperoleh dengan menggunakan instrumen. Untuk digital Height Gauge, jumlah digit pada layar display biasanya mencerminakn resolusi instrumen.

  • Repeatability (pengulangan): ini merupakan kemampuan pengukur untuk menghasilkan pembacaan yang sama untuk dimensi yang diukur pada bagian tertentu ketika pengukuran itu dilakukan berkali-kali. Jika alat pengukur memiliki repeatability yang buruk, maka setiap pengukuran yang dihasilkan akan menghasilkan hasil yang berbeda.

  • Measuring force: nilai gaya (force) yang diterapkan pada pengujian benda kerja oleh measuring probe atau rahang (jaw).

  • Kecepatan pengukuran maksimum: untuk motorized Height Gauge, menunjukkan laju maksimum kendaraan untuk carriage saat bergerak di sepanjang balok (beam), diukur dalam satuan panjang/waktu seperti mm/s.

     
  • Opsi probe/carrier

Tergantung pada model dan tipe gauge, berbagai probe pengukuran dan carrier yang berbeda mungkin tersedia untuk digunakan pada pengukuran khusus terhadap lubang, slot, sudut, dan fitur bagian lainnya.

  • Perpendicularity measurements (pengukuran tegak lurus)

Spesifikasi yang menentukan deviasi dari posisi 90° murni dari beam Height Gauge ke pelat permukaan atas atau alas. Pada Trimos Height Gauge V9, pengukuran tegak lurus dengan probe elektronik.

     
     
  • Jenis tampilan (Display)

Untuk Electronic Height Gauge,menjelaskan jenis opsi tampilan (display) yang tersedia, seperti LCD, LED, atau tampilan warna resolusi tinggi. Pada Trimos Height Gauge V9 layar display dapat disesuaikan ke segala arah.

 

 

Proses Melakukan Pengukuran dengan Height Gauge

  • Bersihkan area kerja dan pastikan permukaan tempat untuk menaruh Height Gauge bebas dari kotoran apapun

  • Lalu bersihkan permukaan Height Gauge

  • Selanjutnya pasang rahang pengukur (measuring jaw) Height Gauge dan bersihkan juga

  • Kendurkan sekrup pengunci (lock screw) sehingga slider bebas bergerak pada scale (timbangan). Gerakkan slider ke atas dan ke bawah juga untuk memeriksa apakah tampilan layar display menunjukkan perubahan ketinggian

  • Bersihkan benda/part yang akan diukur

Setelah proses pembersihan dan persiapan selesai, kita bisa mulai proses pengukuran yang sebenarnya

  1. Langkah pertama adalah menetapkan titik acuan yang dalam banyak kasus adalah permukaan meja kerja. Untuk mengatur posisi referensi posisi rahang pengukur (measuring jaw) sedemikian rupa sehingga menyentuh permukaan dengan lembut. Pembacaan pada layar display harus di angka Nol pada saat ini. Jika tidak, maka tekan tombol ON/OFF atau tombol Zero

  2. Sekarang letakkan benda/part yang akan diukur di atas meja kerja dan gerakkan rahang (jaw) ke atas sehingga bertumpu dengan lembut di permukaan atas benda/part. Sesuaikan sekrup pengunci (lock screw) untuk menahan slider di tempatnya

  3. Lalu hasil pengukuran ketinggian dari benda/part dapat dibaca pada layar display

Apabila ketinggian dari benda/part yang diukur lebih besar dari jangkauan Height Gauge maka Anda dapat menggunakan metode sederhana berikut ini. Angkat alas Height Gauge dan letakkan di atas block (balok). Sekarang titik referensi dapat diambil sebagai permukaan balok (block). Ukur tinggi balok (block) secara terpisah dan lakukan pengukuran benda dari permukaan balok (block). Lalu Anda cukup hanya menambahkan saja tinggi balok (block) ke pengukuran total untuk mendapatkan total tinggi benda/part yang diukur tadi.

Melakukan pengukuran dengan TRIMOS Height Gauge, hasil akan langsung ditampilkan pada layar display secara sistematik sehingga mudah dimengerti. Adanya rekaman otomatis data hasil pengukuran juga mempersingkat waktu inspeksi dan meminimalisir terjadinya kesalahan (human error). Selain itu, TRIMOS Calibration Software juga sangat membantu apabila customer ingin melakukan kalibrasi sendiri (in-house). Dengan begitu, Trimos Height Gauge V Series menjadi solusi bagi customer kami untuk pengukuran yang lebih presisi dan mudah.

TRIMOS Height Gauge V Series

  • Adjustable touch-display

  • Long probe up to 400mm

  • Large range of accessories

  • Data transfer via USB atau RS232

  • Cast Iron base

  • Swiss Made Quality

         

 

 

Smart Reserve:

Pengukuran yang sangat sederhana dalam 2 koordinat berkat grafis antarmuka

        

2D Measurement:

Pengukuran diameter lebih cepat, lebih akurat dan lebih sederhana

     

 

 

Angles & Cones Measurement:

Pengukuran sudut dan kerucut yang dibantu secara grafis.

            

Small Diameter Measurement:

Pengukuran diameter kecil dengan insert ∅ 4 mm

           

 

 

Contour Tracking:

Pengukuran posisi minimum berkat contour tracking dalam mode bermotor

           

Height Measurements:

Pengukuran tinggi pada pelat pada watch movement plate

     

 

 

>>> Klik disini untuk baca selengkapnya tentang Trimos Height Gauge V9 <<<

 

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang Height Gauge atau ingin mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami untuk sharing dan bersama kita dapat menemukan solusinya.