Cara Mengukur Ketebalan Botol Plastik

Mengukur ketebalan dinding botol plastik merupakan salah satu faktor kunci dalam memastikan kualitas yang konsisten, mengendalikan biaya bahan produksi, dan mengurangi potensi produk cacat. Melakukan pemeriksaan ketebalan dinding botol plastik sesuai dengan ASTM E797 sangat penting dilakukan. Selain untuk memastikan kontrol kualitas dan meminimalkan limbah, area yang tidak memenuhi persyaratan ketebalan dapat pecah. Sehingga mengakibatkan kerugian produk dan biaya pembersihan yang mahal.

Bagaimana Cara Mengukur Ketebalan Botol Plastik?

Menggunakan Ultrasonic Thickness Gauge dari DeFelsko PosiTector UTG P adalah pilihan ideal untuk mengukur ketebalan botol plastik. Pengukur ketebalan PosiTector UTG P menggunakan teknologi ultrasonik yang telah terbukti untuk mengukur ketebalan dinding botol plastik dan plastik serta logam lain yang relatif tipis dengan cepat dan akurat.

Alat Ukur Ketebalan Lapisan Ultrasonik

Selain mengukur ketebalan plastik, PosiTector tipe UTG ini juga dapat digunakan untuk mengukur ketebalan lapisan material seperti baja, plastik, dan lainnya menggunakan teknologi ultrasonik. Alat ukur ini juga sangat ideal untuk mengukur efek korosi dan erosi pada tangki, pipa, atau struktur logam lainnya yang hanya dapat diakses dari satu sisi. Model Thru-Paint dengan multiple echo (UTG-M) dapat mengukur ketebalan logam pada struktur yang telah dicat tanpa harus menghapus/melepas lapisan cat terlebih dahulu.

Kelebihan DeFelsko Ultrasonic Thickness Gauge

  • Mudah Digunakan
  • Tahan Lama (IP65)
  • Akurat, memenuhi standar nasional dan internasional
  • Powerful
  • Serbaguna

PosiTector dapat menerima semua probe PosiTector dan mudah diubah dari alat pengukur ketebalan dinding ultrasonik menjadi alat pengukur ketebalan pelapis, alat pengukur profil permukaan, meter titik embun, pengukur kadar garam terlarut, atau pengukur kekerasan

PT Yakin Maju Sentosa  memliki banyak varian Coating Thickness dengan aplikasi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan Anda. Baca juga artikel: Tips Memilih Coating Thickness Gauge yang Tepat.

Metode lainya untuk mengukur atau inspeksi pada botol plastik adalah dengan menggunakan Inspeksi Visual.

Inspeksi Visual

 

Selain bisa digunakan untuk mengukur ketebalan botol plastik, dengan inspeksi visual Anda dapat mengecek defect pada botol plastik seperti: kontaminasi, retak, defect dent, bari flashing, juga leaking bocor pada botol. Bahkan untuk sampel yang sangat kecil seperti resin biji plastik akan sangat tepat jika menggunakan inspeksi visual.

Mikroskop Euromex Metalurgi Polarisasi                                             Mikroskop Digital Dino-Lite

 

Distributor Alat Non-Destructive Testing yang Dijual di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi alat NDT di Indonesia yang menyediakan berbagai macam alat NDT untuk berbagai aplikasi sesuai kebutuhan.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar kebutuhan alat inspeksi NDT untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram, Linkedin dan Youtube kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.