Cari Mesin Horizontal Bandsaw? Pertimbangkan 4 Hal Ini!

Horizontal bandsaw machine adalah mesin gergaji dengan bentuk blade atau bilah panjang dan bergigi yang biasanya digunakan untuk memotong logam besar dengan bentuk yang beragam. Mesin jenis ini adalah pilihan yang tepat untuk memotong logam keras dan padat seperti material pipemetal rodflat bar, dan bentuk logam lainnya. Dengan horizontal bandsaw, Anda dapat melakukan pemotongan dengan cepat. Hal ini karena prinsip kerjanya yang menggerakkan blade secara terus menerus secara horizontal dan memotong material logam secara vertikal ke bawah dengan sudut yang tetap.

 

Kapan Anda Harus Menggunakan Mesin Bandsaw Horizontal?

1. Ketika Anda Butuh Pemotongan yang Presisi dan Tepat

Gergaji pita horizontal dilengkapi dengan vise clamp yang berfungsi mempertahankan sudut pemotongan material logam. Dengan memilih jenis bandsaw blade yang tepat, Anda dapat menghasilkan chip yang seragam. Selain itu, Anda juga dapat mengatur tingkat kecepatan blade sehingga hasil lebih optimal.

2. Ketika Anda Butuh Pengaplikasian yang Mudah

Gergaji pita horizontal hadir dalam 3 jenis yaitu tipe manualsemi-otomatis dan otomatis sehingga dapat dipilih dengan memperhitungkan tujuan pemotongan dan tingkat potensi bahaya operasional atau resiko cedera bagi operator mesin. Ada banyak penawaran produk bandsaw yang dapat Anda temukan di Indonesia dengan spesifikasi yang beragam, namun bandsaw yang terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan, anggaran dan output dari proyek Anda.

Berikut 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Ketika Memilih Mesin Bandsaw Horizontal:

1. Ukuran Mesin dan Kapasitas Pemotongan

Saat memilih mesin bandsaw, penting untuk mendapatkan ukuran yang sesuai dengan material yang dipotong. Sebaiknya perkiraan ukuran material Anda dibuat sedikit lebih tinggi agar ketika memilih ukuran mesin, kapasitas potongannya tidak terlalu pas-pasan yang kemudian berpotensi menghambat proses pemotongan.

2. Sistem operasi Mesin

Saat membeli mesin gergaji pita, penting untuk menentukan apakah Anda memerlukan mesin manual, mesin hydraulic lift, mesin semi-otomatis atau mesin yang sepenuhnya otomatis. Selain berpengaruh pada harga mesin, juga mempengaruhi lama proses pengerjaan. Mesin yang lebih mahal akan terangkat secara otomatis setelah pemotongan, sehingga menghemat waktu dan tenaga Anda jika workshop Anda memiliki produktivitas yang sangat tinggi.

3. Mitre Cutting

Untuk beberapa proyek fabrikasi, fitur pemotongan miter atau mitre cutting akan membantu memberi Anda hasil yang lebih profesional. Terdapat bermacam-macam gergaji miting horizontal. Mesin bandsaw dengan pemotongan miter tunggal (single mitre cutting) dapat memotong pada sudut  ke arah positif (+30°, +45°, dan lain-lain). Sedangkan pemotongan miter ganda (dual mitre cutting) adalah fitur yang tepat untuk pemotongan yang harus dilakukan pada bahan non-simetris. Dual mitre bandsaw dapat memotong ke arah positif dan negatif (+60°, +45°, +30°, -30°, -45°, dan lain-lain).

4. Kecepatan Bandsaw Blade

Kecepatan blade sangat penting dalam menentukan mesin bandsaw yang Anda butuhkan. Mesin yang lebih murah umumnya memiliki 2 jenis kecepatan yaitu kecepatan lambat (±35 m per menit) dan kecepatan cepat (±70 m per menit). Kecepatan ini dapat diterapkan untuk material stainless steel dan mild steel.  Namun, jika Anda memotong berbagai macam material, Anda sebaiknya memilih mesin dengan variator sehingga kecepatan blade dapat disesuaikan dengan jenis material logam yang dipotong.

Mesin Bandsaw Behringer HBE 321

Behringer mitre bandsaw adalah mesin bandsaw serbaguna yang sempurna untuk semua jenis operasi penggergajian yang memerlukan pemotongan pada profil baja, bahan yang terputus, miring dan bergelombang. Bandsaw ini dapat disesuaikan untuk pemotongan dua arah antara sudut 90° hingga 45°, dan bahkan untuk sudut lancip 30°. Model Behringer semi-otomatis bekerja dengan menempatkan tanda pada material secara manual dengan bantuan laser garis. Prosedur ini direkomendasikan untuk pemotongan dengan panjang objek yang sering berubah.

Keunggulan Mesin Bandsaw Behringer HBE 321

  • Mampu mengatur feed rate secara otomatis saat memotong
  • Mesin otomatis berhenti ketika blade putus
  • Perawatan mesin mudah (hanya pembersihan, pengecekan, dan penggantian minyak)
  • Hemat daya
  • Hasil sangat presisi

Distributor Mesin Bandsaw di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi produk sawing di Indonesia. Kami pastikan Anda tidak sekedar mendapat barang yang berkualitas, tetapi juga dukungan dari tim profesional yang terhubung langsung dengan principal kami. Temukan solusi yang sesuai untuk beragam kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar kebutuhan mesin bandsaw untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram, Linkedin dan Youtube kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.