Dew Point Meters for Environmental Monitoring

Mengukur parameter iklim ketika ingin melakukan proses pengecatan adalah hal penting bagi industri manufaktur khususnya di bidang otomotif dan konstruksi. Dew Point Meter adalah sebuah alat instrumen yang dirancang untuk mengukur dan mencatat parameter iklim seperti kelembapan relatif, suhu udara, suhu permukaan, suhu titik embun, dan perbedaan antara permukaan dan suhu titik embun. Biasanya alat ukur ini digunakan untuk syarat aplikasi coating atau painting.

Mengapa kelembapan bermasalah?

Apabila tingkat kelembapan terlalu tinggi, hasil pengecatan akan muncul titik-titik kecil yang nantinya akan membuat hasil pengecatan menjadi seperti kulit jeruk. Selain kelembapan, kabut dan pengembunan juga bisa mendatangkan bahaya korosi dari udara karena membasahi seluruh permukaan. Kebanyakan logam seperti besi, baja, nikel, tembaga dan seng akan mengalami korosi bila kelembaban relatif lebih dari 60 %. Jika kelembaban lebih dari 80 %, karat pada besi dan baja menjadi higrosopik (menyerap air) dan dengan demikian laju korosi meningkat lagi.

DeFelsko PosiTector Dew Point Meter (DPM) hadir untuk mengukur suhu udara agar proses pengecatan menghasilkan lapisan yang baik sehingga mencegah terjadinya korosi. Dengan Defelsko Positector DPM, setiap operator dapat mengukur parameter iklim sehingga dapat menentukan  sisa umur atau aplikasi lainnya. Sehingga dapat terhindar dari berbagai kerusakan akibat kelembapan atau suhu.


Kemudahan menggunakan alat ukur ini memberikan durability dan effectiveness dalam pengaplikasiannya karena bersifat portable. Investasi Anda pada Defelsko Positector DPM memungkinkan operator dapat menguji dengan kuat titik Dew Point Meter dan perilaku metalurgi benda kerja. Sesuai standar ISO 8502-4, BS 7079-B4, ASTM D3276, IMO PSPC, SSPC-PA7 and US Navy NSI 009-32.

  • Mudah digunakan 

  • Weatherproof (solvent, acid, oil, water, and dust resistant)

  • Built-in charge

  • Auto Log mode

  • Positector Interchangeable platform

 

Hasil pengukuran dan grafik yang disimpan oleh PosiSoft USB Drive dapat diakses menggunakan PC.

 

PT Yakin Maju Sentosa menyediakan produk untuk memenuhi masing-masing pengujian NDT yang setiap aplikasinya berbeda-beda. Mulai dari pengujian ketebalan cat, suhu, salt contamination, kerekatan cat (adhesi) dan masih banyak lagi. Jika Anda memiliki pertanyaan berkaitan dengan perihal di atas, silahkan hubungi kami untuk sharing dan bersama kita dapat menemukan solusinya. Temukan solusi yang sesuai untuk beragam kebutuhan Anda.