Diatest BMD Plug Gauge for Automatic Gauging

Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, Plug Gauge pada dasarnya digunakan untuk mengukur ukuran lubang. Biasanya Plug Gauge dirancang untuk memiliki ujung yang dapat dipertukarkan dengan potongan gauge lainnya (disebut sebagai block gauge). Pada dasarnya kegunaannya adalah untuk menguji apakah "GO" (ketika pas/cocok) atau "NO GO" (ketika tidak pas/tidak cocok). Perbedaan ukuran masing-masing lubang biasanya sangat kecil dan bervariasi tergantung pada gauge-nya. 

Terdapat 3 jenis Plug Gauge dasar (basic) dari Diatest:

  • Basic Plug Gauge untuk pengukuran tujuan umum

Karena dimensi L1 yang pendek, jenis ini tidak cocok untuk pengukuran dari bibir lubang (bore).

  • Basic Plug Gauge untuk melalui semua lubang (bore)

Jenis Plug Gauge ini harus selalu digunakan untuk benda kerja (workpiece) dengan melalui lubang. Keuntungan lainnya adalah bahwa dimensi L1 yang diperbesar memungkinkan dapat diandalkan pengukuran dari bibir lubang (bore).

  • Basic Plug Gauge untuk Blind Bores

     

Diatest Plug Gauge BMD instrumen pengukuran dengan presisi tinggi yang self-indicating dan self-centering. Gauge yang mudah digunakan ini cocok untuk pengukuran yang statis dan dinamis. Mereka dapat digunakan untuk deteksi manual penyimpangan dimensi dan kesalahan cacat bentuk pada lubang dalam pengukuran serial pada mesin tetapi juga dapat dipasang pada peralatan pengukuran dan sistem otomatis.

Berbagai aplikasi yang luas, kemudahan penanganan, presisi unggul, dan desain yang kokoh digabungkan dalam sistem yang sangat hemat biaya. Berbagai pilihan tipe dasar dalam program standar, dilengkapi dengan aksesori yang berguna, mampu memastikan bahwa hampir semua lubang yang ditemui dalam praktek yang sebenarnya dapat diukur dengan tepat.

Kisaran display instruments termasuk indikator mekanis, tampilan, dan sensor digital terhubung ke peralatan analitik. Peralatan penunjang menyediakan untuk analisi data statis, kontrol alat berbasis dimensi dan banyak pilihan berguna lainnya.

Jenis BMD ini harus selalu digunakan ketika pengukuran harus dilakukan dekat bagian bawah lubang atau ketika lubang sangat pendek. Untuk lubang sangat pendek, alur masuk harus dikurangi ukurannya atau dihilangkan seluruhnya (Tipe OR). BMD-FB Plug Gauge diproduksi dalam versi FB-6 (sambungan threading M6 x 0,75) dan FB-10 (koneksi threading M10 x 1) dan tersedia di diameter nominal 7,0mm dan diatasnya. Diameter lubang yang lebih kecil membutuhkan penggunaan tipe BMD-S4-S-FB.

  • Technical Data

Semua dimensi dikutip dalam mm kecuali ditentukan. Diatest berhak untuk membuat modifikasi teknis secara berurutan untuk meningkatkan kinerja. Minor penyimpangan yang tidak berdampak secara signifikan pada pengukuran kinerja peralatan mungkin terjadi.

  • Zero Setting

Zero setting harus dilakukan dengan bantuan setting ring yang tepat sesuai dengan ukuran lubang minimum. Ini memastikan bahwa resiko radial dan aksial error sebagian besar dihilangkan selama proses kalibrasi. Setting ring yang paling cocok adalah setting ring yang memenuhi spesifikasi DIN 2250-C. Setting ring dengan dimensi lebih besar atau minimal sedang dan dimensi maksimum umumnya tidak diperlukan.

  • Function

     

Guide silinder (4) memusatkan kontak probe gauging (6) fixed ke split ball probe (5) secara aksial dan secara radial di dalam lubang. Lapped cone yang tersusun pada needle (3) menerjemahkan jarak yang ditempuh oleh gauge contact 1:1 hingga indikator (1) dijepit di holder (2).

  • Maintenance

Tidak ada perawatan khusus yang dibutuhkan. Jika perlu dibersihkan, lepaskan needle (jarum) dan bersihkan plug gauge dan needle dengan hati-hati menggunakan compressed air dan cairan pembersih.

Pengukuran dengan Diatest Plug Gauge BMD telah menjadi solusi pada customer kami yang memiliki permasalahan di inspeksi produksi. 

Salah satu customer kami mengalami kesulitan melakukan pengukuran lubang dengan kedalaman 1 mm. Karena kedalaman yang sangat tipis ini, user kesusahan untuk mengukur dengan inside caliper. Hal ini tentunya mengganggu proses produksi mereka. Setelah berkonsultasi, tim kami menemukan bahwa: masalah pengukuran lubang dengan kedalaman 1 mm dapat diatasi dengan DIATEST BMD Plug Gauge Type S-FB. Plug gauge tipe tersebut mampu mengukur diameter lubang dengan kedalaman minimum 0,5 mm.

DIATEST BMD Plug Gauge


 

     

Fitur:

* Pengukuran statis dan dinamis

* Dapat mengeluarkan sinyal OK / NG (No Go)

* Memudahkan pendeteksian dimensi dan bentuk part

* Dapat disambungkan ke robotic arms langsung di mesin

* Dapat digunakan bersama jig fixtures

   

Contact Material:

Carbide, Hard Chrome,

Ceramic,

Ruby,
Plastic,

Diamond.

 

 

 

     

Data dapat diakses via internet dan disimpan di database

   

Dapat diintegrasikan untuk pengukuran yang kompleks

   

Mendukung Industry 4.0 pada proses manufaktur

 

Tidak hanya Tipe S-FB, DIATEST BMD Plug Gauge tersedia dalam berbagai pilihan lain. Selain tipe untuk pengukuran diameter dalam, ada tipe untuk pengukuran diameter luar dengan hasil yang akurat juga. Kelebihan lainnya dari DIATEST BMD Plug Gauge adalah bisa di-repair. Jadi, apabila kondisinya tidak dapat dipakai lagi karena aus, DIATEST BMD Plug Gauge dapat di-repair dengan cara di re-chrome serta diganti ball probe dan needles-nya.

Silahkan hubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk terkait atau ingin melihat demo dari team kami. Temukan solusi yang sesuai untuk beragam kebutuhan Anda.