Micro Welding merupakan opsi yang paling sering digunakan untuk perbaikan mold karena lebih hemat biaya dan waktu jika dibandingkan dengan membuat komponen mold yang baru. Micro Welding ini dilakukan untuk memperbaiki atau mengembalikan komponen mold serta permukaan yang tidak sesuai spesifikasi. Namun pada kenyataannya, kesalahan dalam micro welding tidak jarang kita temui.  Kesalahan dalam micro welding ini dapat berdampak signifikan pada kualitas, produktivitas, hingga lini bawah perusahaan.

Agar hasil lebih maksimal dan mold bisa digunakan seperti semula maka proses micro welding harus benar-benar diperhatikan. Berikut adalah 5 kesalahan yang berhubungan dengan proses micro welding:

1.  Mengesampingkan Preventive Maintenance
Preventive Maintenance seringkali dikesampingkan karena dianggap tidak mendesak. Padahal dengan adanya Preventive Maintenance menjaga umur peralatan micro welding dengan dilakukannya perawatan berkala sebelum terjadi kerusakan-kerusakan di dalam komponen alat micro welding.

2. Menggunakan peralatan yang usang
Kualitas produk yang dihasilkan sangat tergantung dari alat-alat yang dipakai. Menggunakan peralatan usang tentunya performa alat las itu sudah menurun juga.

3. Penyimpanan logam pengisi (Filler Metal) yang tidak tepat

Menyimpan Filler Metal di area yang cenderung lembab atau berpotensi terkontaminasi dapat membuat efek buruk pada performa micro welding. Untuk mencegahnya, Filler Metal harus disimpan dalam keadaan kering dan bersih dengan suhu yang relatif konstan.

4. Gas Pelindung (Shielding Gas) yang tidak stabil
Shielding Gas dalam pengelasan berfungsi antara lain untuk mencegah kecacatan, percikan las yang berlebihan, serta mengurangi cost dalam finishing. Shielding Gas juga menentukan busur las dan penetrasi pengelasan. Apabila Shielding Gas tidak stabil maka penetrasi tentunya menjadi tidak stabil juga sehingga kekuatan sepanjang pengelasan berbeda-beda.  

5. Mengelas terlalu cepat atau terlalu lambat
Mengelas terlalu lambat menyebabkan penetrasi menjadi terlalu dalam. Selain itu kerak las bisa meluber dan terlalu lebar. Mengelas terlalu cepat juga menyebabkan proses penetrasi menjadi tidak sempurna sehingga hasil las menjadi tipis dan cekung.

 

Dengan menghindari 5 hal di atas maka Anda bisa mencegah kesalahan dalam proses pengelasan sehingga hasil perbaikan mold menjadi lebih maksimal. PT Yakin Maju Sentosa sebagai perusahaan distributor alat dan mesin industri siap membantu Anda memilih produk laser micro welding yang paling tepat bagi kebutuhan produksi Anda. Anda juga dapat sharing ke kami mengenai masalah Anda dan bersama kita dapat menemukan solusinya.