Jenis Mesin Bandsaw Berdasarkan Bentuk dan Kegunaannya

Mesin Bandsaw adalah peralatan yang sangat umum digunakan dalam industri pertukangan. Namun sebelum memilih sebuah bandsaw, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu informasi penting tentang kegunaan dan jenis-jenisnya pada artikel ini. Dari sini, Anda akan mendapatkan konsep yang jelas mengenai bandsaw.

Fungsi utama dari bandsaw adalah untuk memotong. Seperti fungsi gergaji pada umumnya, bandsaw digunakan oleh pekerja untuk memotong suatu objek dengan cepat dan efektif. Gigi yang terdistribusi secara merata pada rodanya memungkinkan Anda mendapatkan potongan yang halus dan seragam, apapun objek potongannya. Gergaji pita juga bagus untuk memotong bentuk yang tidak beraturan, yang tidak dapat dilakukan dengan gergaji lain. Posisinya yang tetap (statis), membuatnya mudah untuk mengarahkan kembali kayu ke segala arah dan mencapai potongan yang Anda inginkan.

Jenis Mesin Bandsaw Berdasarkan Bentuk dan Kegunaannya

Berdasarkan bentuk dan ukurannya, bandsaw terbagi menjadi tiga jenis berikut:

  • Vertical Bandsaw

  • Horizontal Bandsaw

  • Portable Bandsaw

Ada banyak penawaran produk bandsaw yang dapat Anda temukan di Indonesia dengan spesifikasi yang beragam, namun bandsaw yang terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan, anggaran dan output dari proyek Anda.

Berikut rekomendasi 5 produk bandsaw berkualitas yang di Indonesia:

1. Behringer Mitre Bandsaw HBE Series

Behringer mitre bandsaw adalah mesin bandsaw serbaguna yang sempurna untuk semua jenis operasi penggergajian yang memerlukan pemotongan pada profil baja, bahan yang terputus, miring dan bergelombang. Bandsaw ini dapat disesuaikan untuk pemotongan dua arah antara sudut 90° hingga 45°, dan bahkan untuk sudut lancip 30°. Model Behringer semi-otomatis bekerja dengan menempatkan tanda pada material secara manual dengan bantuan laser garis. Prosedur ini direkomendasikan untuk pemotongan dengan panjang objek yang sering berubah.

2. MEP Shark 352 SX EVO

MEP SHARK 352 SX EVO adalah mesin gergaji pita elektro-hidraulik semi-otomatis yang berfungsi untuk memotong dari 0° hingga 60° ke kiri. Mesin dengan mikroprosesor sumbu tunggal yang dikendalikan dengan pengontrol generasi terbaru untuk mesin gergaji semi-otomatis yang dirancang oleh MEP. Beroperasi dalam siklus semi-otomatis, melalui tombol “Down” maka blade (pisau) akan otomatis berhenti setelah pemotongan selesai dengan posisi tertutup, dan dengan menekan tombol “Up” kepala mesin akan terangkat kembali ke titik awal dan terbuka.

Silahkan tonton disini untuk review lengkapnya mesin circular saw MEP:

3. Rong Fu Portable Band Saw RF-150

Rong Fu Band Saw RF-150 dirancang dengan berat total 37kg yang berfungsi untuk memotong bentuk objek yang tidak beraturan atau melengkung, namun juga dapat membuat potongan lurus. Bandsaw ini sangat disukai oleh banyak pekerja di bidang pembuatan alat dan pengerjaan kayu. Anda dapat dengan mudah mengatur radius minimum kurva yang dapat dipotong dengan pemilihan pisau, lebar pita dan garisannya.

4. DoALL DS-600SA Dual-Miter Semi-Automatic Bandsaw

DoALL bandsaw dirancang untuk pemotongan objek secara lurus dan miring. Pemotongan yang dihasilkan mampu mencapai sudut 60°. Pembacaan sudut dilakukan secara digital sehingga mempermudah verifikasi sudut pemotongan dengan tepat. DoALL DS-600SA dikategorikan ke dalam jenis bandsaw horizontal sehingga sangat ideal untuk bengkel fabrikasi, fasilitas perbaikan dan pabrik manufaktur untuk pemotongan pipa dengan bentuk struktural dan padatan yang besar.

5. Rong Fu Light Bandsaw RF-812N

Rong Fu Band Saw RF-812N dirancang untuk pemotongan yang ringan seperti objek berukuran kecil. Bandsaw ini dirancang dengan total berat 200 kg dan sangat berguna untuk memotong bentuk logam yang tidak beraturan atau melengkung. Anda juga dapat membuat pemotongan lurus dan pemotongan sudut hingga 45° dengan mesin ini.

Distributor Mesin Bandsaw di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah perusahaan distributor produk mesin bandsaw kualitas terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai tipe mesin bandsaw dari brand Behringer, Rong Fu, DoALL dan MEP. Selain mesin bandsaw, kami juga menyediakan bandsaw blade (pisau gergaji pita) yang dapat di-custom sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

Kami memiliki mesin dan peralatan yang lengkap untuk menyambung gergaji pita yang dioperasikan oleh engineer yang berpengalaman. Sehingga bandsaw blade yang kami hasilkan berkualitas dan tahan lama. Jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut mengenai harga produk mesin bandsaw dan bandsaw blade, jangan ragu untuk menghubungi kami disini.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar kebutuhan mesin bandsaw untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram, Linkedin dan Youtube kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.