Jenis Mesin Bandsaw dan Fungsinya

Mesin bandsaw adalah mesin yang sangat umum digunakan dalam industri pertukangan. Namun sebelum memilih mesin bandsaw, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu informasi penting tentang jenis-jenis mesin bandsaw pada artikel ini. 

Simak artikel ini dan ketahui informasi lengkap mengenai mesin bandsaw.

Apa itu Mesin Bandsaw (Mesin Gergaji Pita)?

Mesin bandsaw atau sering juga disebut dengan mesin gergaji pita adalah alat pemotong dengan pisau (blade) panjang yang terdiri dari lembaran logam bergigi. Bandsaw memiliki dua atau tiga roda yang berputar untuk menggerakkan bandsaw blade untuk memotong material, seperti baja dan aluminium.

Fungsi Mesin Bandsaw

Fungsi utama dari mesin bandsaw adalah untuk memotong material yang seragam dengan cepat dan efektif. Posisi bandsaw blade yang tetap (statis), membuatnya mudah untuk mengarahkan material dari segala arah dan mencapai potongan yang Anda inginkan. 

Jenis Mesin Bandsaw

Bandsaw hadir dengan berbagai bentuk dan jenis. Masing-masing dari jenis ini memiliki ciri khas dan tujuannya masing-masing. 

A. Jenis Mesin Bandsaw Berdasarkan Bentuk dan Ukuran

Berdasarkan bentuk dan ukurannya, mesin bandsaw terbagi menjadi tiga jenis, yaitu.

1. Vertical Bandsaw Machine

Mesin bandsaw vertikal adalah jenis bandsaw yang paling umum digunakan memotong objek berbahan keras seperti logam. Sebagian besar bandsaw vertikal adalah jenis pemotong yang sangat handal dengan hasil transmisi yang presisi dan mulus. 

Dengan penggunaan yang tepat dari bandsaw ini, Anda dapat menyelesaikan pemotongan rumit yang tidak dapat dilakukan dengan bandsaw jenis lain.

2. Horizontal BandsawMachine

Mesin bandsaw horisontal umumnya digunakan untuk memotong logam berukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil. Mesin ini memiliki fungsi serbaguna dengan daya potong yang lebih besar.

Sesuai namanya, prinsip kerja dari horizontal bandsaw adalah pemotongan secara horizontal dan digunakan oleh para profesional maupun amatir. Namun, bandsaw jenis ini kurang direkomendasikan untuk pemotongan yang rumit dan garis lengkung.

3. Portable Bandsaw Machine

Portable bandsaw adalah jenis gergaji pita yang terkenal dengan daya angkut dan bobotnya yang ringan. Bandsaw jenis ini sangat disukai oleh para pekerja kayu saat bepergian karena prinsipnya yang mudah dibawa. Hal ini membuat pekerjaan berjalan lebih efektif. 

Portabilitasnya bukan satu-satunya fitur yang membuatnya begitu disukai semua pekerja. Gergaji ini juga cukup mampu untuk memotong bagian tepi, membuat garis melengkung serta mengerjakan jenis potongan yang lebih rumit dan tidak beraturan.

B. Jenis Mesin Bandsaw Berdasarkan Penggunaannya

Selain berdasarkan bentuk dan ukurannya, mesin gergaji pita juga dibagi berdasarkan penggunaannya. Beberapa diantaranya adalah:

1. Metal Bandsaw Machine

Metal Bandsaw machine adalah bandsaw yang dirancang khusus untuk memotong logam yang kuat. Pisau bandsaw ini diatur pada kecepatan yang lebih rendah agar dapat memotong logam secara efektif. Selain itu, pisau ini juga terdiri dari serangkaian gigi di setiap inci-nya yang membuat pemotongan lebih efisien. 

2. Meat Bandsaw Machine

Mesin bandsaw daging adalah mesin bandsaw yang dapat memotong daging hingga tulang. Mesin ini dibuat menggunakan baja tahan karat sehingga dapat dipelihara dan dibersihkan dengan mudah. 

3. Wood Bandsaw Machine

Mesin bandsaw kayu adalah pilihan populer di kalangan pekerja amatir dan profesional untuk memotong material kayu. 

Mesin Bandsaw yang Dijual di Indonesia 

Ada banyak penawaran produk bandsaw yang dapat Anda temukan di Indonesia dengan spesifikasi yang beragam, namun bandsaw yang terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan, anggaran dan output dari proyek Anda.

Berikut 5 produk bandsaw di Indonesia yang akan membantu pekerjaan Anda.

1. Behringer HBE Automatic Straight-Cutting Bandsaws Dynamic Series

HBE Dynamic Series menggabungkan fitur efisiensi penting dalam mesin gergaji pita modern berkinerja tinggi: Peningkatan kinerja sekaligus mengurangi konsumsi energi, kebutuhan ruang yang rendah, keselamatan kerja yang komprehensif, dan keramahan operator terbaik.

2. Behringer LPS60-T Vertical Bandsaw

LPS60-T adalah mesin yang menawarkan tingkat fleksibilitas yang tinggi saat menggergaji pelat cetak dalam berbagai ukuran dan bentuk. Dengan meja penyangga yang dapat dipindahkan dan penahan benda kerja yang dikontrol NC, pelat cetak yang berat pun dapat dengan mudah dimuat dan dibongkar.

3. MEP Band Saw Machine SHARK 331 NC 5.0 SPIDER

SHARK 331-1 NC 5.0 SPIDER adalah mesin gergaji pita otomatis elektro-hidrolik untuk memotong logam dari 0° hingga +60°. Selain siklus pemotongan otomatis, mesin ini juga dapat beroperasi dalam mode semi-otomatis.

4. MEP Band Saw Machine SHARK 282 SXI EVO

MEP Shark 282 SXI EVO adalah mesin gergaji pita elektro-hidraulik semi-otomatis, dengan operasi dalam siklus dinamis manual dan semi-otomatis, untuk memotong dari 45° kanan ke 60° kiri. Mesin ini dikendalikan oleh mikroprosesor sumbu tunggal. 

Distributor Bandsaw di Indonesia

PT Yakinmaju Sentosa adalah distributor resmi mesin bandsaw di Indonesia. Kami akan membantu Anda untuk lebih memahami tipe mesin bandsaw yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang bandsaw machine untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.