Jenis Thread Plug Gauge & Thread Ring Gauge Beserta Kegunaannya

Dalam industri manufaktur khususnya di bidang otomotif pasti tidak asing lagi dengan alat pengukur yang satu ini. Thread Gauge dibagi menjadi Thread Plug Gauge dan Thread Ring Gauge, dua alat ini memiliki kegunaan yang sama yaitu untuk mengukur ulir. Perbedaanya adalah, Thread Plug Gauge digunakan untuk mengecek ulir dalam sedangkan Thread Ring Gauge untuk mengecek ulir luar.

Thread Plug Gauge =  for testing female threads
Thread Ring Gauge = for testing male threads

     

Thread Plug Gauge biasanya digunakan untuk mengecek ulir dalam yang standard ISO, karena gauge ini hanya dijual untuk ulir standard saja. Terdapat dua syarat ketika mengecek ulir dengan gauge ini, yaitu Go atau No Go.

Go diartikan bahwa ulir yang dibuat telah sesuai dengan permintaan atau ulir standard parameternya terpenuhi.

     

No Go diartikan bahwa ulir yang telah dibuat tidak sesuai dengan permintaan atau ulir standard parameter tidak terpenuhi.

Thread Gauge digunakan untuk mengukur atau memverifikasi ukuran ulir, timah (lead), dan jarak pengencang (pitch fasteners), pipa (pipes), atau bagian lain yang diulir. Dengan ribuan pon torsi (torque) dan gaya pada banyak sambungan ulir, sangat penting bahwa peralatan yang benar dipilih untuk verifikasi. 

Salah satu metode verifikasi ulir adalah thread atau screw pitch gauge. Ini biasanya memiliki banyak bilah (blades) dengan gigi dari timah (lead) dan pitch yang diketahui. Mereka dapat digunakan untuk memverifikasi thread dengan cepat pada gauge tanpa memerlukan ring atau plug sepenuhnya. Kelemahannya, mereka tidak dibuat untuk mengukur diameter, dan hanya menawarkan verifikasi dua dimensi dari profil ulir.

Metode verifikasi lain dan yang paling banyak digunakan adalah Go / No-Go Thread Gauge. Ini dibuat dalam varietas ring dan plug untuk memverifikasi ulir internal dan eksternal dan digunakan sebagai pemeriksaan cepat di lapangan untuk memverifikasi apakah koneksi ulir cocok dengan pasangan yang benar atau tidak.

     
  • ISO Metric Thread Plug

ISO Metric Screw Threads adalah jenis ulir sekrup (screw threads) yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Berbagai pengukur tetap (fixed gauge) Go / No-Go tersedia untuk memeriksa diameter ulir dalam dan luar untuk memastikan akurasi selama proses permesinan. Ini memastikan cara yang "nyaman" di antara komponen berulir yang mengubah fase melonggarkan ambungan yang dikencangkan dengan sekrup di benda kerja akhir Anda.

  • UN Thread Plug

UNC, UNF, atau UNEF, jika kombinasi diameter pitch berasal dari seri "kasar", "halus" atau "ekstra halus" dan dapat juga diikuti oleh kelas toleransi. 

Contoh: #6-32 UNC 2B (diameter utama: 0,1380 inci, pitch: 32 tpi) Unified Screw Threads - UNC, UNF, dan UNEF.

     

Berbagai pengukur tetap (fixed gauges) Go / No-Go tersedia untuk memeriksa diameter ulir dalam dan luar, untuk memastikan akurasi selama proses permesinan. Ini memastikan kecocokan yang "nyaman" di antara komponen berulir yang secara bertahap menghilangkan kelonggaran sambungan yang dikencangkan dengan sekrup pada benda kerja akhir Anda.

  • NPT / NPTF Plug

National Pipe Thread Taper (NPT) adalah standar AS untuk tapered threads yang digunakan pada pipa (pipe) dan alat kelengkapan berulir. Berbeda dengan ulir lurus (straight threads) yang terdapat pada baut, ulir lancip (taper thread) akan menarik kencang dan karenanya menyegel cairan kedap (fluid-tight).

National Pipe Taper Fuel (NPTF) yang juga disebut Dryseal American National Standard Taper Pipe Thread, ditentukan oleh ASME B1.20.03, dirancang untuk memberikan segel yang lebih bebas bocor tanpa menggunakan teflon tape atau senyawa sealant lainnya. Thread NPTF ini memiliki bentuk dasar yang sama tetapi dengan puncak (crest) dan ketinggian akar (root heights) yang disesuaikan untuk kesesuaian interferensi, menghilangkan jalur kebocoran spiral. 

     

>>> Klik disini untuk melihat varian Thread Plug selengkapnya <<<

 

Ring Gauge adalah alat metrologi yang digunakan untuk mengukur diameter luar pin, poros (shafts)splines, pengencang (fasteners), pasak (dowels)studs, dan bagian silinder mesin lainnya. Ring Gauge berbentuk bulat silinder dan dibuat dari bahan yang stabil (biasanya baja perkakas) dengan lubang yang sangat presisi di tengahnya yang berfungsi sebagai pengukur untuk diameter bagian luar. Penggunaan Ring Gauge memungkinkan inspeksi dan keputusan kualitas tentang suku cadang mesin dibuat dengan sangat cepat tanpa perlu menggunakan mikrometer, caliper, thickness gauges, atau instrumen pengukuran lain yang dapat memakan waktu lebih lama untuk menghasilkan hasil.

     

Thread Ring Gauge digunakan untuk mengecek ulir luar. Cara penggunaannya pun juga mudah, setelah kita membuat ulir luar, gunakan Thread Ring Gauge dengan memasangkannya pada ulir luar yang telah dibuat. Jika Ring tersebut masuk dengan baik dan tidak seret, maka berarti ulir yang telah dibuat sudah sesuai dengan parameter yang kita inginkan. Penting untuk diketahui untuk tidak memaksakan Thread Ring Gauge agar bisa masuk karena akan merusak gauge tersebut.

 

Jenis-jenis Ring Gauges

Ada 3 jenis utama Ring Gauges dari perspektif fungsional:

  • Go Ring Gauges

Dirancang untuk memverifikasi batas toleransi atas diameter part luar. Jika Ring Gauge pas pada diameter part luar, maka ini menunjukkan bahwa kondisi material maksimum yang diizinkan untuk part tersebut belum terlampaui. Ini berarti bahwa diameter part tersebut berada dalam batas atas toleransinya, dan oleh karena  itu, part tersebut dapat diterima.

  • No-Go Ring Gauges

Dirancang untuk memeriksa batas toleransi bawah pada diameter luar komponen. Jika No-Go Ring Gauge tidak sesuai dengan diameter luar part, maka ini menunjukkan bahwa kondisi material minimum yang diizinkan untuk part tersebut telah dipenuhi, artinya diameter part tersebut melebihi batas minimum atau batas bawah toleransinya. Dan oleh karena itu, part tersebut dapat diterima.

     
  • Master or Set Ring Gauges

Ini digunakan untuk menguasai instrumen pengukuran lainnya. Alat pengukur ini dapat digunakan untuk mengatur alat ukur lain seperti bore gauge atau mikrometer internal, misalnya dengan menyediakan standar pengukuran atau standar referensi untuk tujuan kalibrasi. Praktik ini dikenal sebagai gaging tidak langsung (indirect gaging). 

>>> Klik disini untuk melihat varian Thread Ring selengkapnya <<<

 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar Thread Gauge terkait, kami akan dengan senang hati membantu Anda untuk menemukan produk alat ukur yang tepat bagi kebutuhan Anda.