Laser Fiber VS Laser MOPA: mana yang lebih baik?

Ada banyak pertanyaan dari customer kami tentang perbedaan antara laser Fiber dan laser MOPA (Master Oscillator Power Amplifier). Pertanyaan yang seringkali diajukan adalah seperti misalnya: Apa perbedaan utamanya antara kedua mesin laser tersebut? Apakah ukiran warna hanya dapat diaplikasikan pada jenis material tertentu? Mengapa  harga laser MOPA cenderung lebih mahal? Jenis material apa saja kah yang dapat digunakan pada masing-masing laser tersebut?

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa laser Fiber dan laser MOPA memiliki teknologi dan cara kerja yang berbeda.

Mesin laser Fiber menggunakan teknologi yang disebut Q-switched yang memungkinkan sumber daya menghasilkan path light hanya antara 1 hingga 500 kHz.
Di sisi lain, mesin laser MOPA menghasilkan sumber daya dengan metode berbeda yang membuat mesin ini memiliki frekuensi gelombang dengan amplitudo lebih dari laser Fiber, yaitu antara 1 hingga 4000 kHz. Hal inilah yang  membuat laser MOPA memiliki kemungkinan lebih banyak untuk menandai pada material logam dan plastik.

Fiber laser marking for label

       

MOPA laser color marking


Jenis material apa saja yang dapat ditandai dengan mesin laser ini?
 

Mesin laser MOPA dapat mengukir:

  • Gold, Brass, Crome, Copper

  • Aluminium (termasuk pada warna gelap)

  • Stainless steel (dengan berbagai warna)

  • Platinum, Silver, Titanium, Iron, dan material metal lainnya

  • Tungsten, Carbide, Nickel, Carbon Steel

  • ABS Plastic & PC Plastic (tingkat pembakaran leleh rendah)

  • PLA Plastic, Silicon Plastic, PBT Plastic dan lainnya

     

 Mesin laser Fiber dapat mengukir:

  • Gold, Brass, Crome, Copper

  • Aluminium, Platinum, Silver, Titanium, Iron, dan material metal lainnya

  • Stainless Steel (hanya warna putih dan gelap)

  • Tungsten, Carbide, Nickel, Carbon Steel

  • ABS Plastic & PC Plastic (tingkat pembakaran leleh tinggi)

  • PLA Plastic, Silicon Plastik, PBT Plastic dan lainnya

Kesimpulan

Jika Anda mencari hasil akhir penandaan yang lebih baik pada material plastik dan memerlukan kemampuan mengukir warna berbeda pada stainless steel, titanium, atau aluminium warna gelap, itu semua ada pada solusi yang ditawarkan oleh laser MOPA.
Sebaliknya, jika Anda mencari penandaan pada logam dengan kecepatan tinggi, kedalaman, dan Anda tidak memerlukan pengukiran warna pada logam, maka Anda dapat memilih laser Fiber
Kedua mesin ini mungkin terlihat sama, namun nyatanya memiliki perbedaan yang signifikan. Meskipun memiliki perbedaan efek marking dan teknologi, baik itu mesin laser marking Fiber atau mesin laser marking keduanya merupakan solusi tepat untuk mempermudah traceability part Anda.

PT Yakin Maju Sentosa mengundang Anda untuk berpartisipasi dalam FREE Webinar kami yang bertajuk "Sistem Laser Marking Untuk Mempermudah Traceability Part". Selama seminar, nantinya Technical Support kami akan memperkenalkan teknologi laser yang berbeda: fiber, UV, MOPA dan aplikasi terkaitnya: logam, plastik, deep marking, surface annealing. Setelah mengikuti seminar ini, peserta akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang mesin laser mana yang cocok untuk aplikasi apa, serta pentingnya sistem laser marking untuk memudahkan tracebility part Anda.

WEBINAR

"Sistem Laser Marking Untuk Mempermudah Traceability Part"
Tanggal : Kamis, 10 Desember 2020
 Pukul : 14.00 WIB via Zoom

>>> Klik Untuk Mendaftar Webinar <<<

 

Pastikan Anda tergabung Webinar Series ini. Silahkan hubungi kami untuk pertanyaan maupun bantuan lebih lanjut.