Lebih Detail Dengan LED Lighting

Inspeksi Visual

Alat inspeksi visual (visual inspection tools) adalah alat yang digunakan pada industri untuk memeriksa atau mengevaluasi komponen mesin, seperti untuk memeriksa retakan, lubang, korosi, lecet, kerusakan akibat benturan, dll. 

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas jenis alat inspeksi visual yang diantaranya ada Mikroskop, Illuminated Magnifier, dan Borescope. Saat proses inspeksi visual berlangsung, tak jarang kita menemui masalah-masalah yang biasanya sering terjadi. Diantaranya seperti:

  • Defect yang kurang jelas terlihat

  • Gambar yang ditangkap tidak cukup terang

  • Terlalu gelap untuk scan camera kecepatan tinggi

  • Terlalu sulit untuk melakukan inspeksi sekaligus

  • Sudah menerapkan Machine Vision namun tetap bermasalah

*contoh kontaminan/defect

Pemilihan Cahaya Menentukan Apa Yang Dilihat

Banyak defect pada part dan komponen sulit terlihat jelas walaupun sudah menggunakan cahaya yang cukup. Untuk itu, dibutuhkan cahaya yang tepat agar defect dapat terlihat dengan sangat jelas.

Dengan menggunakan LED Lighting mampu memaksimalkan resolusi kamera untuk menginspeksi target. Pencahayaannya yang tepat untuk konsistensi penerangan target dan penekanan fitur. Warna pencahayaan yang tepat untuk memaksimalkan kontras dan menjamin keandalan inspeksi.

Aitec Lighting System Sebagai Solusi Pencahayaan

Lampu Aitec system telah banyak digunakan di industri pada pengamatan part-part dan komponen yang sulit terlihat menggunakan lampu standar biasa dan pengaplikasian pada machine vision yang sangat mengandalkan cahaya yang tepat.

Berikut adalah gambar perbandingan pengamatan menggunakan lampu standar LED dengan lampu dari Aitec System. Anda akan lihat apa yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Silahkan coba Demo produk Aitec kami sekarang!



       
AITEC System Japan     LED Ring Standart

 

Contoh Produk AITEC LED Lighting System

1. High-brightness Diffused Light Line Illumination LLG Series

2. Entire-Field Ring LRG Series


3. Line Coaxial Epi-Illumination LLRA Series


4. Deep UV-LED Irradiator


5. High-brightness Lighting Box LLBK Series


 

Distributor AITEC di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi AITec di Indonesia.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar kebutuhan Lighting System untuk mendukung bisnis Anda,  silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram, dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.