Macam-Macam Metode Uji Untuk Lapisan Adhesi

Kualitas hasil pengecatan atau pelapisan (coating) khususnya pada industri, sangat dipengaruhi oleh berbagai hal. Mulai dari kondisi iklim saat pengecatan, kualitas material cat yang digunakan, kepadatan substrat, kontaminasi permukaan dan sebagainya. Untuk memastikan kualitas hasil coating telah berhasil sesuai standar, perlu dilakukan pengujian adhesiBerikut adalah macam-macam metode pengujian adhesi:

Knife Test

Tes sederhana dengan pisau ini digunakan untuk mengetahui apakah lapisan adhesi pada substrat berada pada tingkat yang memadai atau tidak. Tes ini merupakan tes yang sangat subjektif dan nilai yang didapat tergantung dari pengalaman orang yang menguji. Lapisan yang memiliki tingkat kekuatan kohesif tinggi mungkin tampak memiliki daya rekat yang lebih buruk daripada lapisan yang rapuh dan karenanya mudah patah saat diperiksa. 

Dengan menggunakan pisau dan cutting guide, dua potongan dibuat menjadi lapisan dengan sudut 30 - 45 derajat antara kaki dan turun ke substrat yang berpotongan membentuk "X". Pada puncak, ujung pisau digunakan untuk mencoba mengangkat lapisan dari substrat atau dari lapisan di bawahnya. 

Ini adalah tes yang sangat subjektif dan nilainya tergantung dari pengalaman orang yang mengujinya. Lapisan yang memiliki tingkat kekuatan kohesif yang tinggi mungkin tampak memiliki daya rekat yang lebih buruk daripada lapisan yang rapuh dan karenanya mudah patah saat diperiksa. Tidak ada korelasi yang diketahui dengan metode uji adhesi lainnya (pull-off, tape, dll).

 

       

Tape Test

Pada substrat logam, metode pengujian yang lebih formal dari Knife Test adalah Tape Test. Ada dua varian dari tes ini yaitu The X-cut Tape Test dan The Cross Hatch Tape Test. 

Tape Test X-cut ditujukan untuk digunakan di lokasi kerja. Dengan menggunakan silet tajam, pisau bedah atau alat pemotong lainnya, dua potongan dibuat menjadi lapisan lapisan dengan sudut 30 - 45 derajat antara kaki dan turun ke substrat yang berpotongan membentuk "X". Pelurus baja atau logam keras lainnya digunakan untuk memastikan potongan lurus. Tape ditempatkan di tengah persimpangan potongan dan kemudian dilepas dengan cepat. Area potongan "X" kemudian diperiksa untuk menghilangkan lapisan dari substrat atau lapisan sebelumnya dan diberi nilai. 

The Cross Hatch Tape Test ditujukan untuk digunakan di laboratorium pada lapisan coating dengan tebal kurang dari 5 mil (125 mikron). Ini menggunalan pola garis silang daripada pola X. Cutting guide atau cross-hatch cutter khusus dengan beberapa bilah prasetel diperlukan untuk memastikan irisan diberi jarak dan paralel dengan benar. Setelah selotip/tape dipasang dan ditarik, area potongan kemudian diperiksa dan diberi nilai.

 


Pull-Off Test

Pengujian yang lebih kuantitatif untuk adhesi adalah uji tarik dimana loading fixture (biasa disebut dolly/stub) ditempelkan dengan perekat ke lapisan. Dengan menggunakan pengujian Pull-Off Adhesion Tester, beban (load) semakin diterapkan ke permukaan sampai dolly-nya terlepas. Gaya yang diperlukan untuk menarik dolly atau gaya yang menahan dolly menghasilkan kekuatan tarik dalam pounds per square inch (psi) atau Mega Pascals (MPa). Metode pengujian ini memaksimalkan tegangan tarik dibandingkan dengan tegangan geser yang diterapkan metode lain seperti Scrape atau Knife Test, dan hasilnnya mungkin tidak sebanding. Selanjutnya, pengukuran kekuatan tarik (pull-off) bergantung pada instrumen yang digunakan dalam pengujian. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan perangkat yang berbeda atau hasil untuk lapisan yang sama pada substrat yang memiliki kekakuan (stiffness) berbeda mungkin tidak dapat dibandingkan.

Penguji beroperasi menggunakan tekanan mekanis (memutar dengan tangan), hidraulik (oli), atau pneumatik (udara). Mereka diklasifikasikan sebagai fixed aligned atau self aligning tergantung pada kemampuannya untuk memastikan gaya pull-off vertikal. Pengulangan terbaik diperoleh ketika gaya tarik bekerja tegak lurus dengan permukaan yang diuji.

Ketersediaan rangkaian lengkap model penguji adhesi tarik memfasilitasi pengukuran lapisan adhesi pada hampir semua substrat yang kaku. Sebagai contoh, dolly dengan ukuran 20mm mungkin ideal untuk kekuatan ikatan lapisan khas pada logam, plastik, dan kayu. Sedangkan dolly dengan ukuran 50mm lebih ideal untuk pelapis pada substrat pasangan bata seperti beton. Kami juga menawarkan ukuran dolly custom (khusus) untuk memenuhi kebutuhan pengukuran Anda. Misalnya seperti mengurangi ukuran dolly dari 20mm menjadi 10mm atau meningkatkan rentang tarik keluar sebesar 4 kali lipat. Menjaga pengeluaran dolly agar tetap murah menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan kembali dolly, sangat menyerdehanakan proses persiapan, dengan manfaat tambahan memungkinkan sampel fisik dipelihara untuk referensi di masa mendatang atau bukti hasil uji coba.

Pengujian ini dilakukan dengan cara menarik paksa lapisan coating dari permukaan materialnya menggunakan tekanan hidrolik. Gaya yang diterapkan untuk menarik lapisan nantinya ditampilkan dalam angka numerik pada layar oleh indikator pada skala perangkat. Nilai yang didapat adalah nilai adhesi.

       

 

Scrape Test

         

Tes ini biasanya dilakukan di laboratorium dan terbatas pada pengujian permukaan panel datar yang halus. Adhesi ditentukan dengan mendorong panel yang dilapisi di bawah stylus atau loop bundar yang dibebani dalam jumlah yang meningkat sampai lapisan tersebut terlepas dari permukaan substrat. 

 

 

Tertarik ingin tahu metode pengujian mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda?
Atau metode mana kah dengan hasil yang paling akurat?
Bagaimana pengujian adhesi dengan teknologi digital menggantikan sistem manual?
Kemudahan serta kelebihan apa saja yang di dapat dari pengujian adhesi digital? 
 

PT Yakin Maju Sentosa mengundang anda untuk ikut berpartisipasi pada Webinar kami yang akan dibawakan langsung oleh Product Manager PT Yakin Maju Sentosa. Pada webinar ini, kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas sekaligus memberikan solusi bagi Anda yang menginginkan hasil maksimal dari pengujian adhesi. Kami juga akan mengupas tuntas permasalahan umum yang biasa kami temui di lapangan perihal pengujian adhesi hasil pelapisan (coating). Daftarkan segera diri Anda untuk dapat menciptakan pengecatan berkualitas pada:

FREE WEBINAR

"Transformasi Digital Pengujian Adhesi"
Tanggal : Kamis, 29 April 2021
 Pukul : 14.00 WIB via Zoom

>>> Klik Di Sini Untuk Daftar Webinar <<<