Manfaat Menggunakan Alat Ukur Ketebalan Lapisan

Tidak Hanya Untuk Mengukur Saja Loh!

Dalam berbagai kegiatan, terutama dalam dunia industri, alat ukur ketebalan lapisan memiliki berbagai ragam fungsi yang berguna untuk keseluruhan proses produksi dan mengetahui kualitas sebuah produk. Tidak heran jika alat ukur ketebalan lapisan ini menjadi salah satu benda yang wajib ada dalam proses pengecekan atau quality control.

Seiring dengan berkembangnya jaman, saat ini alat ukur ketebalan lapisan sudah jauh lebih praktis dan mudah dengan teknologi terbaru yang digunakan. Seperti penggunaan tampilan secara digital. Hal tersebut tentu memudahkan siapa saja yang menggunakannya.

Lalu, apa sajakah manfaat menggunakan alat ukur ketebalan lapisan ini? Apakah hanya untuk mengukur ketebalan coating saja? Mari kita simak selengkapnya pada artikel ini.

Manfaat Menggunakan Alat Ukur Ketebalan Lapisan

  • Mengetahui Ketebalan Suatu Benda

Alat ukur ketebalan atau Ultrasonic Thickness Gauge kerap digunakan untuk mengukur ketebalan benda padat seperti besi, kaca, aluminium, plastik, lembaran, dan lainnya.

  • Mengukur Ketebalan Lapisan Cat/Coating

Mengukur ketebalan cat sangatlah penting dalam proses pembuatan part otomotif/suatu benda atau bangunan konstruksi. Sebab, dengan mengetahui berapa rata-rata ketebalan cat yang ada, ini akan membantu Anda dalam memperkirakan berapa jumlah cat yang akan dibutuhkan dalam melapisi sebuah benda atau permukaan lainnya. Dengan begitu, Anda juga bisa menentukan berapakah budget yang dibutuhkan dalam biaya pengecatan tersebut.

  • Melihat Terjadinya Korosi

Alat ukur ketebalan atau biasanya yang dikenal dengan sebutan coating thickness ternyata juga bisa digunakan dalam melihat potensi korosi pada benda tertentu. Dengan mengetahui adanya tingkat korosi, membantu memudahkan Anda dalam perencanaan hal apa sajakah yang harus dilakukan sebagai langkah antisipasi. Misalnya saja dalam industri minyak dan gas/kilang, untuk mengukur ketebalan pipa penyimpanan untuk menentukan apakah telah terjadi korosi, dilihat dari ketebalannya.

 

Contoh Alat Ukur Ketebalan Lapisan yang Dijual di Indonesia

  • DeFelsko PosiTector

Instrumen DeFelsko adalah rangkaian instrumen inspeksi asal Amerika yang memproduksi pengukur ketebalan lapisan untuk berbagai penggunaan di berbagai industri di seluruh dunia. Salah satu fitur canggih DeFelsko PosiTector adalah fitur Probe Interchangeability dimana body mampu menerima semua jenis probe PosiTector dan dengan mudah mengkonversi pengukuran sesuai probe yang sedang disambungkan.

  • OptiSense PaintChecker Mobile Pen Sensor

OptiSense adalah penyedia sistem pengukuran photothermal terkemuka dari Jerman untuk ketebalan lapisan pada berbagai macam substrate. Ukurannya yang kecil dan ringan sangat cocok digunakan dalam lab. Mampu mengukur secara akurat tanpa menyentuh permukaan lapisan dengan tekstur yang basah, bertekstur seperti tepung (powdery), dan padat (solid coating) pada substrat logam maupun non-logam.

>>> Klik Untuk Informasi Produk Selengkapnya <<<

Kami mengundang Anda untuk hadir di booth kami pada pameran Pacific Coating Show 2023. Pameran ini akan diadakan sebentar lagi di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran pada tanggal 18 - 20 Oktober 2023, dimulai pukul 10.00 hingga pukul 18.00 WIB. Ayo datang dan saksikan live demo dari beberapa produk unggulan kami di booth Hall D No. A-070. Disana Anda dapat melihat langsung kecanggihan alat ukur ketebalan lapisan rekomendasi kami yang di display. Selain itu terdapat juga beberapa produk lain yang kami tampilkan seperti mikroskop digital dengan sinar UV untuk inspeksi coating dan chemical yang banyak digunakan di berbagai industri, serta cooling unit untuk panel mesin Anda.

Distributor Alat Ukur Ketebalan Lapisan di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi alat ukur ketebalan lapisan yang ada di Indonesia. Kami akan membantu Anda untuk lebih memahami alat ukur ketebalan lapisan yang tepat sesuai kebutuhan pengukuran Anda. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.