Mata bor Anda cepat tumpul dan tidak awet?

Mata bor adalah alat yang digunakan dalam membuat lubang diberbagai workpiece (benda kerja) seperti Steel, Stainless Steel, Titanium, Steel Alloy, Wood, Plastic, dll. Namun taukah Anda dalam pemakaiannya orang sering kali salah kaprah? Pemakaian mata bor yang asal-asalan akan merusak mesin Anda. Hal ini tentunya dapat membuang waktu serta biaya dari segi maintenance hingga pembelian mesin yang baru. Berikut kami berikan penjelasan serta tips tentang cara menggunakan mata bor yang betul dan benar;


1. Material

Gunakan mata bor dengan material* yang sesuai dengan benda kerja Anda. Pastikan material mata bor Anda sesuai dengan benda kerja yang akan Anda dilubangi. Hal tersebut seringkali dianggap sepele dimana masih ada saja yang menggunakan mata bor yang tidak sesuai. Contoh: pemakaian mata bor dengan material HSS ke benda kerja stainless steel. Hal ini tidak tepat dikarenakan mata bor akan cepat tumpul dan bahkan dapat tidak bisa dipakai sama sekali. Mata bor HSS biasanya dipakai ke benda kerja steel saja. Untuk pelubangan stainless steel minimum kita menggunakan mata bor dengan material HSS cobalt.

*Material mata bor: cobalt, hss, carbide, dll.
 Workpiece/ benda kerja: steel, stainless steel, titanium, dll.

2. Putaran Mesin (RPM)

Setelah menggunakan mata bor yang sesuai, langkah berikutnya adalah menyesuaikan putaran mesin (RPM) Anda. Perlu Anda perhatikan bahwa jika Anda ingin membuat lubang dengan diameter yang besar, mata bor yang digunakan juga haruslah besar. Hal ini berbanding terbalik dengan RPM (Rotasi Per Menit); semakin besar diameter mata bor Anda semakin rendah RPM mesin yang harus Anda gunakan.

3. Temperatur

Dalam penggunaan mata bor, usahakan agar mata bor Anda tidak overheat. Penggunaan secara terus menerus dalam jangka yang panjang akan menaikkan suhu mata bor secara berlebihan. Hal ini tak hanya menyebabkan mata bor menjadi cepat tumpul sehingga mengurangi usia pakainya. Berikan lah jeda waktu sejenak agar temperatur mata bor turun, jika perlu, berikan coolant ke mata bor Anda. Jangan gunakan pelumas atau air, tapi gunakanlah coolant* dalam mendinginkan mata bor Anda.

*Berikan coolant sesuai dengan takaran rekomendasi dari supplier Anda.
 
4. Kebersihan
 
  • Biasakan untuk membersihkan mesin bor Anda setelah digunakan. Kerak/sisa benda kerja yang tertinggal di mesin bor Anda dapat menyebabkan karat bahkan tumpulnya bidang potong.
  • Simpan mata bor Anda di tempat yang kering. Hindari tempat penyimpanan yang lembat agar tidak terjadinya karat. 
5. Tumpul

Jika mata bor Anda telah terlanjur tumpul atau berkarat, Anda masih dapat menggunakan pelumas atau abbrasive untuk membersihkan karatnya. Anda dapat menggunakan gerinda untuk mengasah mata bor Anda yang tumpul. Sebisa mungkin mata bor tersebut diasah dengan hasil asahan seperti baru.
Namun perlu Anda pertimbangkan sebelumnya, lebih hemat mana, ketika Anda mengasahnya atau membeli baru mata bor tersebut. 

"Malu bertanya sesat dijalan" Ikuti petunjuk atau tanyakan ke supplier Anda: 
  • Apakah material mata bor yang Anda gunakan telah sesuai dengan benda kerja? 
  • Berapakah RPM yang harus Anda setting dalam pengunaan mata bor dengan diameter tertentu?
  • Berapakah takaran coolant untuk mata bor Anda?
  • Bagaimana cara merawat mata bor Anda?
  • Pelumas/ abbrasive seperti apakah yang dapat digunakan ke mata bor Anda?

Jika anda memiliki masalah seperti diatas, Anda dapat hubungi kami untuk sharing dan bersama kita dapat menemukan solusinya. Temukan solusi yang sesuai untuk beragam kebutuhan Anda.