Mengapa Ketebalan Cat Perlu Diukur?

Pada industri manufaktur, pengujian cat pada material logam sangat diperlukan mengingat sebuah industri wajib untuk mengikuti standar kualitas dari pengecatan yang dilakukan. Tujuan dari  pengecatan sendiri adalah untuk meningkatkan penampilan, ketahanan terhadap air, ketahanan dari goresan atau bahkan untuk keausan. Maka tak heran jika proses pengecatan merupakan salah satu proses yang membutuhkan anggaran dana besar pada pelaksanaanya.

Namun sayangnya, pada saat melakukan pengecatan seringkali dijumpai adanya kesalahan kesalahan yang mungkin disebabkan oleh beberapa faktor. Kesalahan yang paling umum di dalam pengecatan adalah ketebalan cat yang tidak sesuai dengan standar.

Oleh sebab itu, beberapa industri atau perusahaan sangat memerlukan pengujian kualitas cat untuk mencapai standar yang semestinya. Non destructive testing adalah aktivitas pengujian/inspeksi dengan alat uji NDT yang mempunyai tujuan untuk mengetahui adanya cacat, retak, atau discontinuity lainnya pada benda yang diuji tanpa merusak benda tersebut. PT Yakin Maju Sentosa mempunyai solusi pengujian kualitas cat anda dengan menggunakan alat ukur NDT yang bisa mendeteksi dengan cepat dan mudah.

Coating Thickness Gauge

Alat ukur ini memiliki desain khusus guna mengukur lapisan non-destructive dan dapat melakukan pengujian dengan cepat serta presisi. Mulai dari mengukur ketebalan cat, kekasaran cat, suhu pada cat, hingga tingkat kekuatan pada cat. PT Yakin Maju Sentosa  memliki banyak varian Coating Thickness dengan aplikasi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan Anda. Baca juga artikel: Tips Memilih Coating Thickness Gauge yang Tepat.

 

 Metode untuk inspeksi produk lainnya adalah dengan Visual Inspection untuk melihat secara langsung adanya kerusakan/cacat pada produk.

Visual Inspection

 

Beberapa contoh permasalahan yang sering dialami pada industri adalah seperti kontaminasi produk, retak, defect dent produk, bari flashing produk, leaking bocor produk dan berbagai kendala visual lain pada produk yang dihasilkan. Baca juga artikel: Langkah Mudah Mengukur Kedalaman Secara Visual.

PT Yakin Maju Sentosa mengundang anda untuk ikut berpartisipasi pada Webinar kami. Webinar kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas sekaligus memberikan solusi bagi anda yang menginginkan hasil maksimal dari proses pengecatan. Kami juga akan mengadakan demo produk dan proses tanya-jawab bersama yang akan langsung dijawab oleh tim technical specialist dari Yakin Maju. Setelah mengikuti seminar ini, peserta diharapkan akan memahami bagaimana mencapai kualitas pengecatan terbaik dengan empat tahap penting selain pengujian ketebalan cat dalam proses pengecatan.

WEBINAR

"How to Get The Best Coating in Production Process"
Tanggal : Selasa, 27 Oktober 2020
 14.00 via Zoom

>>> Klik disini untuk daftar webinar <<<

Pastikan Anda bergabung dalam Webinar Series ini. Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk mengetahui informasi terbaru tentang pengujian cat. Silahkan hubungi kami untuk pertanyaan maupun bantuan lebih lanjut. Temukan solusi yang sesuai untuk kebutuhan pengecatan Anda.