Dalam industri manufaktur, pada proses produksi tentunya menghasilkan tekstur permukaan akhir yang biasa kita kenal sebagai Surface Profile. Proses ini biasanya dioptimalkan untuk memastikan bahwa tekstur permukaan yang dihasilkan dapat digunakan. Pada uji NDT, pengujian Surface Profile digunakan untuk menguji dan mengukur tingkat kerataan tekstur profil permukaan atau topografi permukaan dari benda kerja.

Mengapa Pengukuran Surface Profile Diperlukan?

  1. Menguji dan mengontrol pemakaian material coating agar sesuai standar produksi
  2. Menguji dan mencari tahu jenis material dan umur ekonomis coating
  3. Meningkatkan ketahanan terhadap korosi
  4. Sebagai persiapan untuk memastikan kinerja kerekatan lapisan pelindung coating maupun cat yang akan diterapkan nanti
  5. Menghilangkan cacat/defect pada permukaan

Dari poin-poin diatas, dapat disimpulkan bahwa tingkat profil pada permukaan mempengaruhi kinerja lapisan secara keseluruhan dan menentukan aspek-aspek seperti daya rekat (adhesi), cakupan dan volume keseluruhan lapisan yang digunakan. Jika profil terlalu besar maka jumlah lapisan yang dibutuhkan meningkat. Jika tidak, ada bahaya bahwa ada permukaan yang tetap tidak dilapisi akan menimbulkan bintik-bintik karat.

 

Ada banyak alat uji Surface Profile di pasaran, dan setiap alat uji Surface Profile memiliki prinsip kerja yang hampir mirip dengan tingkat asumsi akurasi yang beragam pula. Namun jika Anda merasa sulit untuk mencari alat uji Surface Profile yang presisi dan cepat, PT Yakin Maju Sentosa memiliki solusi tepat untuk pengujian Surface Profile Anda.

 

DeFelsko PosiTector Surface Profile Gauge (SPG) memungkinkan setiap operator dapat menguji kualitas kekasaran permukaan cat pada material blasted steel, textured coatings, dan concrete. DeFelsko PosiTector SPG menggunakan mikrometer kedalaman digital untuk mengukur dan merekam ketinggian profil permukaan puncak ke dalam persiapan untuk pelapis. Alat ukur ini sangat efektif dalam pengaplikasiannya karena bersifat portable.

 

  • Mudah digunakan

  • Mampu mengukur dengan cepat dan presisi

  • Weatherproof (solvent, acid, oil, water, and dust resistant)

  • Layar LCD warna dan anti gores

  • Built-in charge

  • Auto Log mode

  • Positector Interchangeable platform

  • Garansi 2 tahun untuk body dan probe-nya

 

     

Hasil pengukuran dan grafik yang disimpan oleh PosiSoft USB Drive dapat diakses menggunakan PC.

 

PT Yakin Maju Sentosa menyediakan produk untuk memenuhi masing-masing pengujian NDT yang setiap aplikasinya berbeda-beda. Mulai dari pengujian ketebalan cat, suhu, salt contamination, kerekatan cat (adhesi) dan masih banyak lagi. Jika Anda memiliki pertanyaan berkaitan dengan perihal di atas, silahkan hubungi kami untuk sharing dan bersama kita dapat menemukan solusinya. Temukan solusi yang sesuai untuk beragam kebutuhan Anda.