Mikroskop Inverted Untuk Industri dan Laboratorium

Inverted microscope (mikroskop terbalik) adalah mikroskop dengan bagian-bagiannya yang dipasang terbalik, atau berkebalikan dengan mikroskop tegak. 

Inverted microscope sering digunakan dalam penelitian biologi maupun dalam proses manufaktur. Selengkapnya telah kami rangkum pada artikel ini.

Apa itu Inverted Microscope?

Mikroskop inverted adalah mikroskop yang pemasangannya dirancang terbalik. Lensa objektif terletak di bawah meja kerja (stage) yang mengarah ke atas, sedangkan kondensor dan sumber cahayanya terletak di atas menghadap ke bawah ke arah meja kerja (stage). 

Spesimen diamati melalui bagian bawah cawan petri yang diletakkan pada stage, contohnya seperti gambar di bawah ini.

Jenis - Jenis Inverted Microscope

Mikroskop terbalik terbagi dalam 2 jenis yaitu mikroskop terbalik metalurgi dan mikroskop terbalik biologis.

1. Mikroskop Terbalik Metalurgi

Metallurgical inverted microscope digunakan untuk mengamati dan memeriksa bagian mekanis dalam proses manufaktur untuk mencari adanya kerusakan, korosi, patah dan pecahan dengan perbesaran yang sangat tinggi. 

Dalam hal ini, sisi halus sampel ditempatkan di atas stage secara langsung. Permukaan halus tersebut dibuat dengan cara dipoles terlebih dahulu.

2. Mikroskop Terbalik Biologi

Biological inverted microscope digunakan untuk melihat sampel hidup yang ada di cawan petri. Mikroskop ini dirancang pada perbesaran 40x, 100x, dan terkadang 200x dan 400x. 

Mikroskop biologi berbeda dari mikroskop metalurgi karena sampel ditempatkan pada cawan petri dan tidak langsung di atas stage. Mikroskop ini khusus digunakan untuk biologi sel,  fertilisasi in-vitro, pengamatan sel hidup, ilmu saraf, dan mikrobiologi.

Kelebihan dan Kekurangan Inverted Microscope

Kelebihan dari inverted microscope adalah Anda dapat menempatkan seluruh kultur / sampel dalam wadah yang relatif besar seperti cawan petri dan mengamatinya di bawah kondisi yang lebih alami tanpa batasan waktu, kondisi kerja lebih steril, dan sampel dapat tahan dalam periode yang lebih lama.

Sedangkan kekurangannya adalah harganya yang lebih mahal karena komponen yang lebih kompleks dan rumit, serta spesimen tidak dapat diamati melalui kaca yang tebal.

Distributor Inverted Microscope di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi inverted microscope di Indonesia.

Untuk berdiskusi seputar kebutuhan mikroskop di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.