Panduan Lengkap Penggunaan Air Gauge Digital Display Sylvac D70A

 

Pada artikel ini kami akan merangkum cara penggunaan Air Gauge Digital Display Sylvac D70A, tutorial yang kami sediakan dilengkapi video, sehingga dapat memudahkan Anda dalam menggunakannya.

Apa Itu Air Gauge Digital Display Sylvac D70A?

Sylvac Digital Display D70A adalah display indicator layar sentuh yang berfungsi untuk membaca hasil pengukuran dari air jet atau air gauge seperti air plug gauge, air caliper gauge, ring, dan lain sebagainya. 

Layar Digital Sylvac D70A dirancang dengan bentuk yang ringkas, ringan, dan memiliki konektivitas USB serta fungsi yang serbaguna untuk pemasangan di atas meja ataupun di panel.

Air Gauge Digital Display Sylvac D70

Fitur yang dimiliki Sylvac Digital Display D70A adalah:

  1. Dapat dihubungkan dengan 1 atau 2 air jet.

  2. Dapat mengukur diameter dalam dan diameter luar.

  3. Dapat mengukur nilai max, min, average, median, pada saat pengukuran.

  4. Dapat membuat pengkategorian data hasil pengukuran.

Dapat terkoneksi dengan PLC dan MBUS.

Port Air Gauge Digital Display Sylvac D70

 

Video Pengenalan Air Gauge Digital Display Sylvac D70A.

 

Cara Kalibrasi Air Gauge Digital Display Sylvac D70A

Hal yang perlu dilakukan setelah air jet terkoneksi dengan Sylvac D70A dan dinyalakan adalah mengkalibrasi dengan 2 master yang sesuai dengan batas toleransi bawah dan atas dari bagian yang diukur.

Pertama, pilih Menu, lalu “Setup”. Pada tampilan Setup, pilih channel atau air jet mana yang akan dikalibrasi. Contohnya: pilih  channel 1 jika air jet terkoneksi ke channel 1.

Kedua, isi kolom Filter hingga penuh, lalu masukkan nilai master min dan max nilai master sesuai dengan sertifikat kalibrasi Anda. Langkah kalibrasi sudah selesai, dan D70A siap digunakan untuk display pengukuran. 

 

Video Cara Kalibrasi Air Gauge Digital Display Sylvac D70A

 

Cara Setting Toleransi dan Pengukuran Air Gauge Digital Display Sylvac D70A

Dalam melakukan pengukuran, biasanya terdapat batas toleransi yang dapat dilihat pada display, yaitu toleransi atas dan bawah. Keduanya perlu diatur sesuai dengan pengukuran yang dikerjakan.

Pertama, pilih “Definition” pada Menu, kemudian pilih channel 1 dan masukkan resolusi yang diinginkan. Untuk D70A, resolusi dapat mencapai 0,1 micron. Lalu, pilih satuan pengukuran yang diinginkan, milimeter atau inci.  

Tampilah Layar Air Gauge Digital Display Sylvac D70

Kedua, pilih “Mode” atau jenis pengukuran yang diinginkan, contohnya statique, nilai x, min, max-min, ataupun rata-rata. 

Ketiga, pilih “Formula” dan pilih channel 1, sesuaikan dengan pengukuran diameter dalam atau luar, lalu masukan nilai toleransi max, min, nominal, dan master yang digunakan.

Keempat, pilih keluar, lalu masuk ke “Measure”, dapat dilihat di display nilai toleransi atas dan bawah sudah berubah. Masukkan air jet ke master max, lalu pilih “Preset”. Setelah itu, setting selesai dan D70A siap digunakan untuk mengukur part.

 

Video Cara Setting Toleransi dan Pengukuran Air Gauge Digital Display Sylvac D70A

 

Pengkategorian Hasil Pengukuran

Tujuan dari pengkategorian hasil pengukuran adalah agar kita dapat memilah barang/part yang sudah diukur berdasarkan toleransi hasil pengukurannya. 

Pertama, pilih “Definition” pada Menu. Scroll ke paling bawah dan isi kategori “class quantity”, contohnya 3 kelas. Maka akan muncul di bawahnya kelas no 1-3. Jika kelas diganti maka warna juga akan berganti. Lalu, atur warnanya dan toleransi kategorinya.

Kedua, pilih keluar, lalu pilih “Measure” dan lakukan pengukuran. Master atau part diukur dan diputar supaya terlihat perbedaannya. Maka akan terlihat perubahan warna pada bagian atas layar sesuai data toleransi yang terukur, sehingga Anda dapat langsung memilah part atau barang berdasarkan toleransi data yang terukur.

 

Video Pengkategorian Hasil Pengukuran Air Gauge Digital Display Sylvac D70A

 

Fungsi Max, Min, Delta, Average pada Sylvac D70A

Selain pengukuran dimensi, D70A memiliki fungsi untuk mengukur max, min, delta, rata-rata, dan median. Cara menggunakan fungsi tersebut adalah:

Cara pertama, pilih “Definition” pada Menu, lalu di kolom mode, pilih fungsi pengukuran yang Anda inginkan.

Cara kedua, adalah cara yang lebih praktis yaitu dengan memilih simbol atau jenis pengukuran di kanan atas layar.

 

Video Fungsi Max, Min, Delta, Average pada Sylvac D70A Air Gauge Digital Display Sylvac D70A

 

Cara Transfer Data Hasil Pengukuran Sylvac D70A

Hasil pengukuran pada umumnya langsung dicatat ke checksheet, display D70A mempunyai fitur untuk mentransfer hasil pengukuran ke checksheet secara langsung ke komputer berupa file excel.

Cara mentransfer data hasil pengukuran adalah setelah D70A terhubung dengan air jet dan melakukan pengukuran, pilih “Print” di layar, maka data hasil pengukuran langsung masuk di kolom checksheet excel. Data dapat masuk ke kolom excel tergantung kolom yang Anda inginkan.   

 

Video Cara Transfer Data Hasil Pengukuran Air Gauge Digital Display Sylvac D70A

 

Cara Mengganti Tampilan Sylvac D70A

Tampilan standard awal pada sylvac D70A adalah tampilan galva, dimana hanya bisa memperlihatkan 1 channel air jet. 

Untuk pindah ke channel 2, pilih “Part”, maka akan muncul tampilan channel 2 pada display. Jika ingin menampilkan 2 channel sekaligus masuk ke menu “Display”, kemudian ganti pilihan di kolom bargraph dari “Galva” menjadi “Left”, lalu pilih “Double” di kolom display.

 

Cara Mengganti Tampilan Air Gauge Digital Display Sylvac D70A

 

Sistem Proteksi Sylvac D70A

D70A memiliki fungsi proteksi sehingga setting yang sudah dilakukan sebelumnya tidak akan hilang atau terganti. Cara untuk membuat proteksi tersebut adalah dengan memilih “Lock” pada Menu, kemudian mengganti active di kolom proteksi menjadi “Locked”, lalu masukkan password Anda. 

Tampilah Layar Air Gauge Digital Display Sylvac D70

Selain itu, tombol-tombol yang tidak diperlukan pada Sylvac D70A juga dapat dihilangkan ketika melakukan pengukuran. Contohnya, jika Anda ingin menghilangkan tombol “Zero”, maka Anda hanya perlu mengubah status “Visible” menjadi “Hidden”.

 

Video Sistem Proteksi Air Gauge Digital Display Sylvac D70A

 

Distributor Produk Air Gauge Digital Display di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi produk Sylvac Dimensional Air Gauge Digital Display D70A di Indonesia. Untuk melayani kebutuhan Anda, silahkan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.