Pengukuran 3D Menggunakan Mikroskop Portabel

Mengukur kedalaman selalu lebih merepotkan, terutama pada sampel yang tidak dapat disentuh menggunakan alat ukur berbasis kontak, seperti kaliper, dan lain-lain. Kita harus memotong sampel / komponen terlebih dahulu agar pengukuran dapat dilakukan. Namun sayangnya tidak semua sampel / komponen dapat dipotong, selain memerlukan proses tambahan, komponen yang dipotong menjadi tidak dapat digunakan kembali.

Akhirnya, pilihan menggunakan alat ukur secara visual yang cukup menguras kantong untuk mendapatkan nilai kedalaman menjadi pilihan yang tidak dapat dihindari.

Pada perkembangan teknologi saat ini, sekarang mengukur kedalaman menggunakan alat visual menjadi lebih terjangkau. Teknologi ini saat ini telah disematkan pada mikroskop Digital Portable Dinolite seri terbaru AM4917MZT.

Dengan bentuk yang portabel, mikroskop digital Dinolite AM4917MZT dapat digunakan dengan cepat dan mudah. Tidak hanya itu saja, toleransi hasil pengukuran kedalamannya juga sangat baik yaitu 16 mikron pada pembesaran 210x ~ 220x (tergantung pembesaran yang digunakan). Tipe AM4917MZT ini juga adalah generasi terbaru (Seri Edge+) yang di klaim lebih baik dari model - model sebelumnya dari segi color fidelity, frame rate, dan sensitifitas sensor.

Gambar Saat Mengukur Kedalaman Menggunakan Dinolite AM4917MZT

 

Gambar kiri menggunakan AF4915ZT, kanan menggunakan AM4917MZT

 

Bentuk dan model Dinolite seri Egde+ Terbaru 

Namun perlu diketahui bahwa nilai toleransi dan rentang kedalaman yang dapat diukur dipengaruhi atau ditentukan dari pembesaran yang digunakan. Semakin tinggi pembesaran, maka toleransi semakin baik dan rentang kedalaman yang dapat diukur semakin kecil. Berikut detail nilai Toleransi dan Depth Range pada tiap pembesaran. 

 

Tabel Nilai Toleransi dan Depth Range pada Tiap Pembesaran 

Toleransi vs Magnification

Depth Range Vs Magnification

 

Kabar baiknya adalah saat ini telah tersedia unit Dinolite Edge+ AM4917MZT di Indoensia. Jika tertarik ingin mengetahui sejauh mana kemampuan pengukuran kedalaman dapat diaplikasi pada kebutuhan Anda, jangan sungkan untuk hubungi kami. Kami memiliki unit demo untuk trial secara gratis.