PENGUKURAN COATING THICKNESS

Coating thickness measurement atau pengukuran ketebalan lapisan merupakan variabel penting yang berperan dalam kualitas produk, pengendalian proses, dan pengendalian biaya. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih metode untuk pengukuran coating thickness, yaitu meliputi jenis lapisan, bahan substrat, kisaran ketebalan lapisan, ukuran dan bentuk part, serta biaya peralatan. PT Yakin Maju Sentosa mempunyai berbagai solusi Coating Thickness Measurement dengan menggunakan alat ukur yang bisa mendeteksi dengan cepat dan mudah.

Magnetic Film Thickness Gages

       

Pengukur magnetic film digunakan untuk mengukur ketebalan lapisan non-magnetik secara non-destruktif pada substrat besi. Kebanyakan lapisan baja dan besi diukur dengan cara ini. Magnetic film thickness gages menggunakan salah satu dari dua prinsip operasi yaitu: magnetic pull-off atau electromagnetic induction.

 

Eddy Curent

Teknik ini digunakan untuk mengukur ketebalan lapisan non-konduktif secara non-destruktif pada logam substrat non-ferrous. Gulungan kawat halus yang menghantarkan arus bolak balik frekuensi tinggi (di atas 1 MHz) digunakan untuk menyiapkan medan magnet bolak-balik di permukaan probe instrumen. Ketika probe dibawa ke dekat permukaan konduktif,  medan magnet akan mengatur Eddy Curent di permukaan. Karakteristik substrat dan jarak probe substrat (ketebalan lapisan) mempengaruhi besarnya Eddy Curent

Ultrasonic

       

Teknik Ultrasonic pulse-echo dari pengukur ultrasonik digunakan untuk mengukur ketebalan lapisan pada substrat (non-metal) seperti plastik, kayu dan sebagainya, tanpa merusak lapisan. Probe instrumen berisi transduser ultasonik yang mengirimkan pulse melalui lapisan. Pulse reflects dipantulkan kembali dari substrat ke transduser dan diubah menjadi sinyal listrik frekuensi tinggi. Bentuk gelombang gema didigitasi dan dianalisis untuk menentukan ketebalan lapisan.

Micrometer

Mikrometer terkadang digunakan untuk memeriksa ketebalan lapisan. Dua pengukuran harus dilakukan, yaitu: satu dengan lapisan di tempatnya dan yang lainnya tidak. Perbedaan antara kedua pembacaan tersebut, variasi ketinggian dianggap sebagai ketebalan lapisan. Pada permukaan kasar, mikrometer mengukur ketebalan lapisan di atas puncak tertinggi. 

       

Destructive Tests

Salah satu teknik Destructive adalah dengan memotong part yang dilapisi menjadi penampang dan mengukur ketebalan film dengan melihat potongan tersebut secara mikroskopis. Meskipun metode destruktif ini mudah dipahami, ada peluan kesalahan pengukuran dapat terjadi. Dibutuhkan keterampilan untuk menyiapkan sampel dan menginterpretasikan hasilnya.

Gravimetric

Dengan mengukur massa dan luas lapisan, ukuran ketebalan dapat ditentukan. Metode paling sederhana adalah menimbang part yang akan diukur sebelum dan sesudah coating/pelapisan. Setelah massa dan luas ditentukan, ketebalan lapisan dihitung menggunakan persamaan berikut:

Dimana T adalah ketebalan dalam mikrometer, m adalah massa lapisan dalam miligram, A adalah luas yang diuji dalam sentimeter persegi, dan d adalah massa jenis dalam gram per sentimeter kubik. 

Measurement Before Cure

Pengukur ketebalan wet-film membantu menentukan berapa banyak material yang harus diterapkan wet untuk mencapai ketebalan dry-film tertentu asalkan presentase solids menurut volume diketahui. Koreksi fil setelah dikeringkan atau diawetkan secara kimia memerlukan waktu kerja ekstra yang mahal dan dapat menyebabkan kontaminasi film serta dapat menimbulkan masalah adhesi juga integritas sistem pelapisan. Persamaan penentuan ketebalan lapisan film basah (WFT), keduanya baik itu dengan dan tanpa thinner adalah sebagai berikut:


Thickness Standards

       

Ada banyak sumber standar ketebalan tetapi yang terbaik adalah memastikannya dapat dilacak ke lembaga pengukuran nasional seperti NIST (National Institute of Standards & Technology). Penting juga untuk memverifikasi standar setidaknya empat kali lebih akurat dari pengukur yang akan digunakan untuk kalibrasi. Apabila pembacaan tidak memenuhi spesifikasi akurasi dari alat ukur tersebut, maka alat ukur tersebut harus disesuaikan atau diperbaiki dan kemudian dikalibrasi kembali. 

 

Metode untuk pengukuran ketebalan lapisan lainnya adalah dengan Visual Inspection.

Visual instrumen mikroskop digital yang mudah untuk mengukur lapisan-lapisan cat. Proses Coating juga dilakukan pada industri dalam proses pengecatan furniture, Alat musik (Musical instrument), Industri pertahanan (Arms industry), Industri pesawat terbang (Aircraft industry), Kontruksi, Industri Cat dan lapisan Coating. Juga dalam pelatihan teknik pengecatan.

       

 

>>> Cek Video Di Sini <<<

       

 

Beberapa contoh permasalahan yang sering dialami pada industri adalah seperti kontaminasi produk, retak, defect dent produk, bari flashing produk, leaking bocor produk dan berbagai kendala visual lain pada produk yang dihasilkan. 

Kami akan dengan senang hati membantu Anda untuk menemukan produk yang tepat bagi solusi kebutuhan Anda. Anda juga dapat mengunjungi website kami untuk informasi mengenai produk yang dapat digunakan untuk mengukur ketebalan lapisan, atau hubungi kami untuk pertanyaan maupun bantuan lebih lanjut. Temukan solusi yang sesuai untuk kebutuhan Anda.