Pengukuran Kekuatan Lapisan dengan Automatic Adhesion Tester

 

Mengapa Pengujian Adhesi Dilakukan?

Pengukuran kekuatan/kerekatan pada lapisan (adhesi) biasanya dilakukan untuk mengetahui seberapa baik lapisan perlindungan part dari berbagai dampak dan korosi. Pengujian adhesi sering digunakan untuk menguji dan memverifikasi kemampuan adhesi. Dalam pekerjaan konstruksi dan pemeliharaan (maintenance), lapisan epoksi yang digunakan untuk melindungi baja memerlukan ikatan yang kuat untuk mencegah keausan dan korosi.

Selain itu, semprotan primer yang digunakan juga menjadi salah satu penyebab masalah pada coating. Primer yang melepuh menyebabkan cat akan mudah terkelupas setelah terkena paparan panas dan sinar matahari. 

Terdapat beberapa perbedaan metode untuk menguji adhesi suatu lapisan, antara lain dengan tarikan, goresan, pembengkokan hingga kejutan. Salah satu solusi pengukuran kekuatan adhesi dari kami adalah dengan PosiTest AT pull-off Adhesion Tester.

       

Pengujian ini dilakukan dengan cara menarik paksa lapisan coating dari permukaan materialnya menggunakan tekanan hidrolik. Gaya yang diterapkan untuk menarik lapisan nantinya ditampilkan dalam angka numerik pada layar oleh indikator pada skala perangkat. Nilai yang didapat adalah nilai adhesi.

       

 

Berbeda dengan PosiTest AT yang memiliki daya tarik seragam, adhesion tester merk lain menghasilkan hasil pengangkatan yang tidak rata karena bentuk dolly dan metode yang berbeda.

Keberhasilan coating tidak hanya terpaku pada pengujian adhesi, namun juga terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kekuatan perekat suatu pelapis. Beberapa variasi yang dapat mempengaruhi kekuatan ikatan mekanik dan kimia termasuk ketebalan lapisan yang diterapkan, seperti: kondisi iklim selama pengecatan, waktu pengeringan dan suhu, kandungan kelembapan substrat dan lapisan, kontaminasi permukaan, kepadatan substrat, formulasi lapisan, parameter persiapan dan lain sebagainya.

Bagaimana pasarannya?

Seperti yang telah dibahas pada artikel ini, pasar untuk pengujian adhesi berkisar dari Lab Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang mengembangkan dan menguji proses pelapisan dan aplikasi hingga ke Kontraktor (Contractors), Coaters, Finishers dan Inspektur yang terlibat dalam penerapan dan pengujian pelapis terapan yang sebenarnya.

Tertarik ingin tahu lebih lanjut tentang pengujian adhesi? Silahkan lihat selengkapnya di video kami: https://www.youtube.com/watch?v=cTsKOLqbktY. Hubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan berkaitan dengan perihal di atas.