Plug Gauge & Ring Gauge, Jenis-jenis beserta Kegunaannya

Plug Gauge yang disebut juga sebagai Pin Gauge adalah alat metrologi yang bertujuan untuk mengukur diameter dalam lubang yang telah di bor atau dikerjakan menjadi komponen part, atau rakitan yang diproduksi. Plug Gauge adalah alat penting untuk kontrol kualitas dan memungkinkan inspektur, masinis, insinyur manufaktur, dan lain-lain untuk dengan cepat mendapatkan keputusan Go / No-Go tentang apakah karakteristik part yang diukur berada dalam toleransi dimensi yang ditentukan untuk pengukuran diameter dalam. 

Proses pengukuran ini dirancang untuk memungkinkan penilaian yang akurat dilakukan tanpa perlu personel produksi menggunakan alat ukur tambahan, lebih canggih, dan lebih mahal seperti mikrometer dalam. Dalam operasi produksi dimana sejumlah besar suku cadang diproduksi, Plug Gauge menyediakan cara cepat untuk menilai kualitas tanpa meluangkan waktu untuk melakukan pengukuran diameter lubang yang sebenarnya dan untuk menyiapkan instrumentasi.

       

Saat menggunakan Plug Gauge penting untuk mengetahui bahwa Gauge hanya menghasilkan kondisi ya / tidak. Pahat (tool) memungkinkan inspektur kontrol kualitas untuk menerima atau menolak part. Plug Gauge tidak melakukan pengukuran diameter sebenarnya, tetapi hanya menilai apakah diameter itu berada dalam pita toleransi yang ditetapkan untuk parameter itu.

 

Jenis dan Penggunaan Plug Gauge

Plug Gauge tersedia dalam beberapa jenis yang berbeda, antara lain:

  • Go Plug Gauge

Go / No-Go Plug Gauge disebut single-ended gauge dan terdiri dari pegangan dimana pin atau poros mesin yang tepat telah dimasukkan dan digunakan untuk memverifikasi aspek toleransi dimensi dari lubang. Untuk single-ended gauge, biasanya ditawarkan berpasangan dengan satu Go Plug Gauge dan satu No-Go Plug Gauge.

Dalam penggunaannya, Go Plug Gauge dirancang untuk menguji batas dimensi minimum lubang (yaitu toleransi yang lebih rendah dari diameter lubang) yang mewakili jumlah maksimum material yang tersisa pada part atau benda kerja. Untuk kondisi penerimaan, Go Plug Gauge harus pas di lubang. Jika Go Plug Gauge tidak masuk ke dalam lubang maka itu indikasi bahwa diameter lubang terlalu kecil (jumlah material yang dikeluarkan dari benda kerja tidak mencukupi) dan part tersebut perlu ditolak.

  • No Go Plug Gauge

Untuk No Go Plug Gauge tujuannya adalah untuk memvalidasi batas dimensi maksimum lubang (toleransi atas diameter lubang) yang sesuai dengan jumlah minimum bahan yang tersisa pada part atau benda kerja yang dapat diterima. Agar part dapat diterima, No Go Plug Gauge tidak boleh masuk ke dalam lubang, maka ini merupakan indikasi bahwa diameter lubang berada di bawah batas atas dan part dapat diterima (asalkan Go Plug Gauge masuk ke dalam lubang).

Namun jika No Go Plug Gauge masuk ke dalam lubang, maka itu merupakan indikasi bahwa diameter lubang terlalu besar (yaitu di luar batas toleransi atas yang ditentukan), yang berarti bahwa terlalu banyak material yang dikeluarkan selama operasi permesinan, dan karena itu part tersebut harus ditolak. Di bawah ini adalah rangkuman tabel perihal status terima / tolak  part yang dihasilkan:

 


  • Kombinasi Go / No Go Plug Gauge

Dalam kombinasi Go / No Go Plug Gauge (disebut juga double ended plug gauge), gagang gauge memiliki Go Plug Gauge memanjang keluar dari satu sisi pegangan dan No Go Plug Gauge memanjang keluar dari sisi yang berlawanan. Ini menyederhanakan penggunaan alat dan memungkinkan peningkatan kecepatan dalam proses pemeriksaan. Pada beberapa model, pegangannya mungkin diberi kode warna dengan sisi Go dicat dengan warna hijau dan bagian No dicat dengan dengan warna merah. Bahkan tanpa kode warna, untuk Plug Gauge, Go Plug Gauge selalu dapat dibedakan dari No Go Plug Gauge dengan dua kondisi yang dapat diamati:

  1. Go Plug Gauge selalu berdiameter lebih kecil dari No Go Plug Gauge

  2. Go Plug Gauge selalu memiliki lebar (ketebalan) yang lebih besar daripada No Go Plug Gauge

Plug Gauge memberikan hasil yang cepat dan memiliki keuntungan bahwa pengguna dapat dengan mudah dilatih tentang penggunannya karena Plug Gauge mengandalkan prinsip kerja yang sederhana. Akibatnya, tidak diperlukan pengetahuan yang kuat tentang metode ilmiah dan metrologi, sehingga pelatihan menjadi lebih sederhana dan terbuka untuk kelompok pengguna yang lebih luas. Kesederhanaan Plug Gauge juga berarti bahwa Plug Gauge tidak mahal dibandingkan dengan bentuk alat ukur lainnya.

Salah satu kelemahan Plug Gauge adalah karena penggunannya cenderung aus seiring berjalannya waktu dan oleh karena itu perlu diganti. Plug Gauge juga harus diperiksa secara berkala untuk memastikan bahwa Plug Gauge masih dalam toleransi.

Plug Gauge yang digunakan untuk penyaringan menerima / menolak part disebut working gauge.

 >>> Klik di sini untuk pilihan tepat Plug Gauge yang bisa Anda pilih <<<

 

Ring Gauge adalah alat metrologi yang digunakan untuk mengukur diameter luar pin, poros, splines, pengencang (fasteners), pasak (dowels), studs, dan bagian silinder mesin lainnya. Pengukur ini biasanya berbentuk silinder dan dibuat dari bahan yang stabil (biasanya baja perkakas) dengan lubang yang sangat presisi yang di tengahnya berfungsi sebagai pengukur untuk diameter bagian luar. Fungsi utama dari Ring Gauge adalah untuk menetapkan secara Go / No Go apakah part yang diukur berada dalam toleransi dimensi yang ditentukan atau tidak. Penggunaan Ring Gauge memungkinkan inspeksi dan keputusan kualitas tentang suku cadang mesin dibuat dengan sangat cepat tanpa perlu menggunakan mikrometer, kaliper, pengukur ketebalan (thickness gauge ), atau instrumen pengukuran lainnya yang bisa memakan waktu lebih lama untuk menghasilkan hasil.

       

Penting untuk dicatat bahwa Ring Gauge digunakan untuk dengan cepat menentukan apakah suatu part berada dalam toleransi yang diterima dan menghasilkan kondisi ya / tidak berdasarkan pengukuran. Ini bukan instrumen pengukuran dalam arti bahwa itu tidak memberikan nilai sebenarnya dari diameter part, ini hanya sederhana mengukur apakah part tersebut berada dalam batas yang diizinkan dan oleh karena itu dapat diterima dari perspektif kontrol kualitas.

 

Jenis dan Penggunaan Ring Gauge

Ring Gauge tersedia dalam beberapa jenis yang berbeda, antara lain:

  • Go Ring Gauge

Go Ring Gauge dirancang untuk memverifikasi batas toleransi atas diameter luar part. Jika Go Ring Gauge cocok dengan diameter luar part, maka ini menunjukkan bahwa kondisi material maksimum yang diizinkan untuk part tersebut belum terlampaui, ini juga berarti bahwa diameter part tersebut berada dalam batas atas toleransinya, dan oleh karena itu, part tersebut dapat diterima.

  • No Go Ring Gauge

No Go Ring Gauge memeriksa batas toleransi bawah pada diameter luar part. Jika No Go Ring Gauge tidak sesuai dengan diameter luar part, maka ini menunjukkan bahwa kondisi material minimum yang diizinkan untuk part tersebut telah dipenuhi, artinya diameter part tersebut melebihi batas minimum atau batas bawah toleransinya dan oleh karena itu part tersebut dapat diterima.

Jika Go Ring Gauge tidak muat di part yang diuji atau diameter part terlalu besar, artinya mengandung material berlebih dan harus ditolak. Demikian pula jika No Go Ring Gauge cocok dengan part yang diuji, maka terlalu banyak material yang telah dibuang dan part tersebut berada di bawah nilai toleransi minimumnya dan demikian pula harus ditolak.

Ketika Ring Gauge digunakan untuk menilai penerimaan suku cadang secara langsung, praktik ini dikenal sebagai direct gaging.

 
       
  • Master atau Set Ring Gauge

Master Ring Gauge yang juga disebut Set Ring Gauge digunakan untuk menguasai instrumen pengukuran lainnya. Alat pengukur ini dapat digunakan untuk mengatur alat lain seperti bore gauge atau mikrometer internal. Misalnya dengan menyediakan standar pengukuran atau standar referensi untuk tujuan kalibrasi. Praktik ini dikenal sebagai indirect gaging.

>>> Klik di sini untuk pilihan tepat Ring Gauge yang bisa Anda pilih <<<

 

PT Yakin Maju Sentosa merupakan distributor tunggal Ojiyas Seiki di Indonesia. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar Plug Gauge dan Ring Gauge terkait, kami akan dengan senang hati membantu Anda untuk menemukan produk alat ukur yang tepat bagi kebutuhan Anda.