Reamer - Jenis dan Contoh Reamer Terbaik Untuk Industri

Reamer merupakan salah satu jenis cutting tool yang sangat penting dalam dunia industri, khususnya industri permesinan logam untuk membuat lubang berdiameter.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan jenis-jenis reamer dan produk reamer terbaik yang dijual di Indonesia. Sehingga Anda mendapatkan wawasan yang lengkap tentang reamer.

Apa Itu Reamer?

Reamer adalah pemotong multi-gigi yang berfungsi untuk membuat lubang dengan cara berputar secara cepat dan akurat serta menghasilkan permukaan akhir yang halus. Prosesnya disebut dengan reaming. 

Reamer digunakan setelah lubang dibor terlebih dahulu. Lubang yang telah dibentuk sebelumnya dengan jumlah kecil, dapat diperbesar menggunakan reamer dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Istilah-Istilah Pada Reamer

Beberapa istilah dalam reamer adalah sebagai berikut:

  • Axis: Garis lurus imajiner yang membentuk garis tengah memanjang untuk membesarkan lubang.
  • Face: Bagian dari permukaan flute yang bersebelahan dengan cutting edge, daerah yang dikenai saat dipotong dari benda kerja.
  • Right-hand cutting reamer:Sebuah reamer yang berputar searah jarum jam bila dilihat di bagian belakang reamer (berlawanan arah jarum jam jika dilihat di ujung titik).
  • Left-hand cutting reamer:Sebuah reamer yang berputar berlawanan arah jarum jam jika dilihat di bagian belakang reamer (searah jarum jam jika dilihat di ujung titik).
  • Cutting edge: Tepi terdepan hingga ke arah rotasi untuk memotong.
  • Bevel: Sebuah permukaan sudut.
  • Helix angle: Sudut yang dibuat oleh ujung potong heliks pada suatu titik tertentu dengan bidang aksial melalui titik yang sama.
  • Rake: Hubungan sudut antara permukaan pemotongan, atau garis singgung ke permukaan pemotongan pada titik tertentu dan bidang atau garis referensi tertentu.

Bagian-Bagian Reamer

Widia Solid Carbide Reaming Tools HSR™ Series DIN 212

Bagian-bagian dari reamer adalah sebagai berikut:

1. Flute

Alur pada reamer berbentuk tajam dan berperan sebagai pemotong.

2. Shank

Bagian dari reamer yang dipegang dan digerakkan.

3. Diameter

Diameter pemotongan maksimum reamer.

4. Body

Bagian reamer yang memanjang dari ujung masuk reamer ke permulaan shank.

5. Pilot

Bagian tubuh yang diputar secara silindris di ujung masuk reamer untuk menjaga reamer tetap sejajar.

Komponen penting yang menjadi ciri khas reamer adalah:

1. Cutting edge, meliputi jumlah tepian, heliks, dan lekukan.

2. Chamfer, dengan ujung potongan utama.

3. Fase dan sudut relief.

4. Sudut frontal rake.

Jenis-Jenis Reamer 

Terdapat berbagai klasifikasi reamer tergantung pada operasi, tujuan, dan bentuknya. Beberapa jenis reamer tersebut adalah sebagai berikut:

Jenis-Jenis Reamer

1. Chucking Reamer

Chucking reamer adalah jenis reamer yang memiliki cutting edge paralel yang pendek dengan ujung memiring dan body yang panjang antara shank. Chucking reamer terbagi menjadi fluted reamer dan rose reamer.

 2. Hand Reamer

Hand reamer adalah alat yang memiliki ujung shank berbentuk persegi dan proses reaming dilakukan dengan tangan. 

 3. Adjustable Reamer

Adjustable reamer adalah alat yang dapat menyesuaikan ukuran lubang yang lebih kecil hingga ukuran yang lebih besar. Diameter pemotongan dapat disesuaikan dengan melonggarkan satu mur sambil mengencangkan bagian lainnya. Sebagian besar digunakan untuk operasi lapangan dan tidak untuk pekerjaan produksi tinggi.

 4. Straight Reamer

Straight reamer adalah reamer yang paling umum digunakan hanya untuk membuat sedikit pembesaran lubang pada bahan seperti perunggu, kuningan, dan besi tuang.

 5. Shell Reamer

Shell reamer adalah alat yang dirancang tanpa shank dan memiliki lubang di tengahnya, digunakan untuk proses reaming bearing dan operasi serupa lainnya. Saat operasi, kepala reamer shell dipasang pada arbor penggerak. 

 6. Taper Pin Reamer

Taper pin reamer adalah alat yang digunakan untuk membuat, menyelesaikan, atau menambah lubang runcing, serta membersihkan burr dari lubang yang telah dibor agar pin runcing (tapered pin) dapat pas saat memasuki lubang benda kerja. 

Bagaimana Cara Memilih Reamer?

Reamer digunakan dalam industri pembuatan alat, percetakan, perhiasan, dan dalam industri kedirgantaraan. Reamer juga banyak digunakan dalam pengerjaan logam. Umumnya digunakan untuk membesarkan lubang dan digunakan dalam mesin bor atau mesin bubut. Selain itu, reamer juga digunakan dalam mesin pemotong sekrup.

Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan reamer untuk pekerjaan tertentu adalah sebagai berikut:

1. Bahan yang akan di-reaming

2. Diameter lubang

3. Jumlah stok yang akan dihapus

4. Akurasi dan hasil akhir yang diinginkan

5. Biaya pertama

6. Biaya perawatan

7. Salvage value

Contoh Reamer Yang Dijual di Indonesia

1. Maykestag Hand Reamers Din 206 B

Maykestag Hand Reamers terbuat dari micro-grain-carbide HSS Austria yang menghasilkan ketangguhan, kekerasan, dan kekuatan lentur yang lebih tinggi. Maykestag memproduksi Maykestag Hand Reamers dengan teknologi pelapisan paling mutakhir untuk stabilitas dan ketahanan aus Anda.

2. Maykestag NC - Machine Reamers - Straight Flute Type

Maykestag NC-Machine Reamers terbuat dari micro-grain-carbide HSS Austria yang menghasilkan ketangguhan, kekerasan, dan kekuatan lentur yang lebih tinggi. Maykestag memproduksi Maykestag NC-Machine Reamers dengan teknologi pelapisan paling mutakhir untuk stabilitas dan tahan aus.

3. Magafor Miniature Reamer Megaforce 8610

Magafor megaforce 8610 dirancang dengan shank yang diperkuat untuk menawarkan stabilitas yang lebih besar. Magafor 8610 Carbide Micro Reamers memiliki toleransi ±.00004 dan sangat dioptimalkan untuk aplikasi seperti rekayasa mikro pada pembuatan alat, pembuatan cetakan, perhiasan, permesinan mikro di industri kedirgantaraan dan banyak lagi.

4. Magafor Machine Reamer 8600

Magafor Machine Reamer 8600 dirancang lebih khusus untuk pemesinan dan chamfering logam atau paduan kekuatan sedang. Permukaan yang diperoleh halus dan tanpa gerinda. Untuk pemesinan yang lebih detail dan rumit, Magafor Machine Reamer 8610 akan berkinerja lebih baik. Aplikasi yang direkomendasikan Magafor Machine Reamer 8600 meliputi; rekayasa mikro pada pembuatan alat, pembuatan cetakan, ruang pembakaran mini, bagian mekatronik, pemesinan kasar pada perhiasan, pemesinan mikro dalam industri dirgantara dan banyak lagi.

5. ILIX 6326C Reamer Straight Shank DIN 212

ILIX adalah alat pembuat lubang berpresisi tinggi. ILIX menawarkan produk berkualitas tinggi, tepat dan efektif untuk berbagai pekerjaan. 

Distributor Reamer di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor reamer di Indonesia.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar reamer atau cutting tool lainnya, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.