Keberadaan Endmill pada proses pemotongan logam sangatlah penting karena dapat menentukan kualitas hasil pengerjaan. Namun tahukah Anda dalam pemakaiannya orang masih sering kali salah memilih Endmill yang sesuai terhadap material benda kerjanya. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada Endmill atau pemborosan waktu dan biaya produksi.

Berikut kami berikan tips untuk menentukan Endmill berdasarkan jenis material yang akan di proses:

1. Material
  • HSS (High Speed Steel): biasa digunakan untuk material dengan hardness hingga 30 HRC (contoh: steel).
  • HSS-Co (Cobalt): biasa digunakan untuk material dengan hardness hingga 35 HRC (contoh: stainless steel).
  • HSS-PM (Powdered Metal): biasa digunakan untuk material dengan hardness hingga 40 HRC.
  • Carbide: biasa digunakan untuk material dengan hardness hingga 65 HRC.
2. Coating
  • TiN (Titanium Nitride Coating): tingkat kekerasan yang tinggi disertai sifat "rendah getaran" menjamin ketahanan tool terhadap pemakaian. 
  • TiCN (Titanium Carbon Nitride Coating): TiCN lebih keras daripada TiN dan mempunyai koefisien gesekan yang lebih rendah.
  • TiAlN (Titanium Aluminium Nitride Coating): cocok untuk speed yang lebih tinggi. 

3. Jumlah Flute: Semakin keras material benda kerjanya, semakin banyak jumlah flute yang digunakan.

 

Penggunaan Endmill terhadap material yang tidak sesuai dapat merusak Endmill tersebut serta mempengaruhi performa mesin Anda. Maka dari itu, pilihlah Endmill yang sesuai dengan kebutuhan Anda. PT Yakin Maju Sentosa memiliki banyak varian Endmill berkualitas tinggi yang telah banyak digunakan oleh industri dari berbagai belahan dunia. 

Hubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan berkaitan dengan produk Endmill. Anda juga dapat sharing ke kami mengenai masalah Anda dan bersama kita dapat menemukan solusinya.

 

Hadirilah Pameran Plastic & Rubber Indonesia 2019 yang akan berlangsung pada tanggal 20 - 23 November 2019 di JIExpo Kemayoran. Dan jangan lupa mampir ke booth kami di Hall A1 No. 160 untuk menyaksikan live demo produk unggulan kami. Kita juga dapat membahas lebih banyak tentang isu-isu dan tren industri saat ini serta bagaimana kami dapat mendukung Anda melalui beragam portofolio produk kami.