Bagaimana Cara Kerja Tachometer?

Tachometer merupakan salah satu alat ukur yang banyak digunakan dalam dunia industri. Pada artikel ini kita akan membahas apa itu tachometer, fungsinya dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu Tachometer?

Tachometer (takometer atau RPM gauge) adalah sebuah instrumen yang mengukur kecepatan kerja mesin, seperti pada mobil, kapal, pesawat, dan kendaraan lainnya dalam satuan RPM (revolutions per minute). Kebanyakan pengukur tachometer memiliki tampilan analog (dial) atau digital.

Apa Fungsi dari Tachometer?

Tachometer berfungsi untuk membantu mengukur seberapa keras mesin Anda bekerja, contohnya:

  1. Untuk perawatan mesin kendaraan seperti: pesawat, kapal, dan mobil.

  2. Untuk mengukur kecepatan putar mesin diesel laut di atas kapal. 

  3. Untuk perawatan mesin dan alat industri.

  4. Untuk aplikasi beberapa tindakan medis.

  5. Dan contoh aplikasi lainnya.

Jenis-Jenis Tachometer

jenis tachometer

Tachometer tersedia dalam model mekanik (analog) dan elektronik (digital). Selain itu, tachometer terbagi juga dalam 3 jenis yaitu: tachometer kontak, non-kontak, serta kombinasi kontak dan non-kontak. 

Pengukuran dengan tachometer kontak dilakukan dengan kontak langsung dengan permukaan yang bergerak. Sedangkan pengukuran dengan tachometer non-kontak dilakukan dari jarak jauh menggunakan berkas cahaya inframerah atau laser.

Selain itu tersedia pula jenis tachometer kombinasi yang memiliki fitur gabungan sehingga pengukuran lebih serbaguna.

Cara Kerja Tachometer

1. Tachometer Kontak

cara kerja tachometer kontak

Cara kerja contact tachometer adalah dengan meletakkan roda tachometer pada poros yang berputar. Roda akan berputar dengan kecepatan yang sama ketika bersentuhan dengan poros yang berputar. 

Poros menggerakkan roda untuk menghasilkan pulsa. Pulsa ini kemudian dibaca oleh tachometer dan diukur dalam RPM. Tachometer akan menghitung kecepatan linier pada layar berdasarkan tingkat rotasi dan diameter tetap roda. 

2. Tachometer Non-Kontak

cara kerja tachometer non kontak

Cara kerja non-contact tachometer adalah dengan menempelkan bahan reflektif pada komponen yang berputar. Tachometer kemudian memancarkan seberkas cahaya inframerah yang diarahkan ke target reflektif. 

Ketika sinar cahaya mengenai target, sinar dipantulkan kembali ke sensor cahaya yang ditempatkan di dalam tachometer. Jika komponen berputar dengan baik, tachometer akan menghitung berapa kali alat ini menerima sinyal pantul yang memberikan pembacaan dalam RPM.

Contoh Produk Tachometer Yang Dijual di Indonesia

  1. SHIMPO TACHOMETER DT-10X SERIES

SHIMPO TACHOMETER DT-10X SERIES

  1. SHIMPO TACHOMETER (PH-200L/PH-200LC)

SHIMPO TACHOMETER (PH-200L/PH-200LC)

Distributor Tachometer di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi Tachometer Shimpo di Indonesia.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar kebutuhan tachometer untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman Facebook, Instagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.