Apa Saja Jenis-Jenis Dial Gauge Indicator?

Sebelum membeli sebuah dial gauge atau dial indicator, sangat penting untuk mengetahui lebih dahulu apa saja jenis-jenisnya. Sehingga Anda dapat memilih dial indicator yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Simak artikel ini agar Anda dapat memahami informasi seputar jenis-jenis dial gauge. 

Apa Itu Dial Gauge?

Dial gauge atau dial indicator adalah alat ukur yang digunakan dalam pengukuran kerataan benda kerja, roundness, runout. Dial gauge disebut juga sebagai komparator.

Dial gauge bekerja dengan pergerakan naik dan turunnya sebuah spindel terhadap benda kerja. Proses inilah yang selanjutnya dikonversi ke pembacaan skala pada display dial gauge. Pembacaan skala dial gauge memiliki ketelitian hingga 0,01 mm.

Bagian Luar dari Dial Gauge

Käfer Dial Gauge GM 80 SW

Berikut ini bagian-bagian utama dari dial gauge:

1. Case, bagian terluar dari dial gauge.

2. Long pointer, fungsinya untuk menunjukkan nilai yang terukur pada skala.

3. Short pointer, fungsinya untuk menunjukkan jumlah putaran yang dilakukan oleh long pointer. Satu kali putaran long pointer sama dengan satu strip short pointer.

4. Skala, bagian yang menunjukkan angka dari hasil pengukuran.

5. Stem, berfungsi sebagai tempat spindel bergerak naik turun.

6. Spindle, bergerak naik dan turun yang berfungsi sebagai input menuju dial indicator.

7. Titik kontak, adalah titik interaksi antara benda kerja dan dial gauge. 

Bagian Dalam dari Dial Gauge

Bagian dalam dial indicator terdiri dari beberapa gear, rack, pinion, plunger, dan spring. Setiap merek dial indicator biasanya memiliki konstruksinya sendiri. 

Di dalam dial gauge terdapat rod yang melekat pada roda gigi dan pinion. Titik paling bawah disebut dengan titik kontak. Dengan gerakan rod, rack juga menggerakkan P1, P1 kemudian menggerakkan G1. Setelah ini, G1 menggerakkan P2. Setelah itu, P2 menggerakkan G2, dan G2 menggerakkan P3. Selanjutnya, P3 menggerakkan pointer yang lebih panjang.

Jenis Dial Indicator Berdasarkan Probe

Berdasarkan bentuk probe, dial indicator terbagi menjadi:

1. Lever Dial Indicator

Lever dial indicator memiliki kontak dengan tipe tuas yang dapat diayunkan ke atas dan ke bawah. Jenis ini lebih ringkas dan lebih ringan daripada dial indicator dengan tipe plunger.

Sylvac S_Dial S234

2. Plunger Dial Indicator

Dial indicator tipe plunger memiliki probe yang disebut plunger yang menghubungkan titik kontak ke stem. Dial indicator jenis ini memiliki stem yang tegak lurus terhadap permukaan benda dan hanya dapat digunakan pada sudut 90°.

Sylvac S_Dial Work Basic

Jenis Dial Indicator Berdasarkan Mekanismenya

Berdasarkan mekanismenya, dial indicator terbagi menjadi:

1. Mechanical Dial Indicator

Jenis indikator dial ini sepenuhnya dibangun dengan penunjuk mekanis dan mekanisme roda gigi.

Käfer Precision Dial Gauges FM Series

2. Digital Dial Indicator

Jenis dial indicator ini memiliki tampilan LED digital dengan tenaga dari baterai. Jenis dial indicator ini sangat nyaman untuk menyimpan hasil yang berurutan.

Sylvac S_Dial Work Bluetooth Smart

Jenis Dial Gauge Indicator Berdasarkan Penandaan Numerik

Berdasarkan penandaan numeriknya, dial indicator terbagi menjadi:

1. Balanced Reading Dial Indicator

Balanced reading dial indicator adalah jenis dial gauge dengan skala yang terbagi menjadi dua arah. Angka positif dikalibrasikan ke sisi kanan nol dan angka negatif ditampilkan di sisi kiri nol. Contohnya: 0 – 10 – 20 – 30 – 40 – 50 – 40 – 30 – 20 – 10 – 0.

Käfer Dial Gauge Feinika SI-914

2. Continuous Dial Indicator

Continuous dial indicator adalah jenis dial indicator dengan skala yang berjalan searah dengan jarum jam tanpa adanya pemisah. Penandaan numerik dimulai dari 0 hingga angka tertinggi (angka tertinggi diganti dengan 0). Contohnya : 0 – 5 – 10 – 15 – 20 – 35 – 40 – 45 – 0.

Käfer Pocket Dial Thickness Gauges J 12

Distributor Dial Gauge di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi produk Käfer dan Sylvac di Indonesia. Untuk melayani minat Anda pada instrumen dial gauge, silahkan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.