Apa Saja Jenis Mata Bor Dalam Industri?

Mata bor atau drill bit adalah salah satu cutting tool yang praktis dan memiliki fungsionalitas yang besar dalam industri.

Sebelum membeli mata bor, sebaiknya ketahui dahulu fungsi, jenis-jenis, dan contoh mata bor terbaik sehingga dapat Anda sesuaikan dengan jenis pekerjaan Anda. Simak penjelasannya berikut ini. 

Apa itu Mata Bor?

Mata bor (drill bit) adalah alat yang digunakan untuk melubangi. Dalam proses drilling, sebuah benda kerja akan dilubangi dengan cara memutar mata bor secara terus menerus. 

Bagian utama dari mata bor adalah shank, body, dan point. Shank adalah bagian ujung yang akan dipasang pada chuck mesin bor. Body adalah bagian terpanjang dari mata bor, mulai dari cutting edge sampai ke leher mata bor. Sedangkan point adalah bagian utama dari mata bor yang berfungsi sebagai pembuat lubang. 

Fungsi Mata Bor

Mata bor berfungsi untuk melubangi atau memperbesar lubang pada logam padat, baik yang digunakan secara manual maupun pada mesin drill yang dilengkapi dengan chuck. 

Bentuk lubang yang dihasilkan dengan mata bor (drill bit) akan berbeda tergantung jenis mata bor yang digunakan dan tujuan pekerjaannya. 

Bahan Pembuat Mata Bor

Mata bor besi terbuat dari bahan yang berbeda sesuai dengan tujuan pengerjaannya. Berikut ini adalah beberapa bahan umum pada mata bor. 

1. High-Speed Steel (HSS)

HSS memiliki kemampuan untuk mengebor bahan kayu, fiberglass, polyvinyl chloride (PVC) dan bahan logam lunak seperti aluminium. HSS akan kehilangan sifat kekerasannya pada suhu ±650°C, sehingga harus menggunakan cairan pendingin untuk meningkatkan umur alat. 

2. Cobalt (Kobalt)

Mata bor kobalt sangat mahir dalam mengebor baja tahan karat dan bahan keras lainnya karena memiliki kekuatan struktural yang luar biasa. Kobalt juga memiliki kemampuan untuk menahan panas. 

3. Carbide-Tipped (Berujung Karbida)

Karbida adalah salah satu bahan terkuat dan sangat keras untuk keperluan industri seperti cast iron, logam berat nonferrous dan bahan abrasif lainnya. Meskipun begitu, karbida sangat mahal, sehingga biasanya hanya digunakan pada bagian ujung mata bor saja. Bahan ini efektif di lubang dangkal dan harganya kurang dari setengah solid carbide.

4. Solid Carbide (Karbida Padat)

Solid carbide adalah pilihan yang bagus untuk mendapatkan kualitas lubang yang baik. Mata bor yang seluruh bagiannya terdiri dari karbida padat atau solid carbide akan lebih mahal dibandingkan carbide tipped.

Coating / Lapisan pada Mata Bor

Mata bor besi umumnya dilapisi oleh jenis lapisan berikut ini:

1. Black oxide

Black oxide membantu mata bor untuk menahan pelumas untuk mencegah timbulnya karat.

2. TiN coated 

TiN (titanium nitrat) memperlambat keausan pada mata bor yang melubangi logam keras.

3. TiAIN coated 

Lapisan TiAlN (titanium aluminium nitrat)meningkatkan sedikit ketahanan terhadap abrasi dan panas.

4. SG coated 

Lapisan multilayer silikon membantu mata bor untuk menembus logam padat.

Jenis - Jenis Mata Bor

Terdapat berbagai jenis mata bor yang dibedakan berdasarkan tujuan penggunaannya. Jenis-jenis mata bor tersebut adalah:

1. Twist Drill Bit

Twist drill bit digunakan dalam pengeboran sehari-hari untuk semua jenis material. Desain unik mata bor ini memungkinkan debu tersalurkan dari lubang saat pengerjaan.

2. Step Drill Bit

Step drill bit berbentuk piramida, digunakan untuk mengebor lembaran logam dengan diameter berbeda-beda.

3. Countersink Drill Bit

Countersink drill bit digunakan untuk mengebor lubang sehingga kepala sekrup countersunk dapat masuk ke dalam lubang dan rata dengan permukaan material.

4. Center Drill Bit

Center drill bit digunakan dalam pengerjaan logam untuk membuat lubang awal sebelum pembubutan atau sebelum pengeboran berukuran lebih besar.

5. Stub Drill Bit

Stub drill digunakan untuk melubangi lembaran logam atau membuat lubang yang dangkal dengan cutting edge yang kecil secara akurat. 

6. Jobber Drill Bit

Mata bor jobber adalah jenis paling umum dan populer, umumnya digunakan untuk melubangi bahan yang lebih lunak seperti komposit dan logam lunak. 

7. Spade Drill Bit

Spade drill bit memiliki body yang lebih pendek sehingga cocok digunakan untuk pengeboran logam. Terdapat juga jenis spade bit yang digunakan untuk mengebor kayu secara kasar.

8. Subland Drill Bit

Subland drill bit adalah mata bor dengan penggabungan dua diameter yang berbeda yang digunakan untuk mengebor berbagai ukuran lubang.

9. Micro Drill Bit

Micro drill bit sangat baik untuk menghasilkan lubang yang halus untuk semua jenis logam keras dan ideal digunakan pada kecepatan yang tinggi.

10. Forstner Drill Bit

Forstner bit digunakan untuk membuat lubang yang halus ke dalam kayu dengan ujung runcing yang memudahkan penempatan posisi drill bit.

11. Annular Cutter

Mata bor annular digunakan khusus untuk mengebor baja, namun hanya memotong tepi luar lubang.

12. Brad Point Bit

Brad point bit membuat lubang yang bersih dan presisi dan populer di kalangan pekerja kayu.

13. Masonry Drill Bit

Masonry drill bit membuat lubang di batu bata, batu, atau beton. Karena sifat keras dari bahan tersebut, masonry drill bit cepat aus, sehingga harus sering diganti.

14. Rivet Drill Bit

Rivet drill bit memiliki desain khusus untuk pengeboran paku menjadi lembaran logam tipis.

15. Tile Drill Bit

Tile drill bit digunakan untuk membuat lubang pada ubin tanpa membuat ubin retak. Tile bit dirancang untuk berbagai jenis ubin.

16. Installer Drill Bit

Installer drill bit digunakan untuk membuat lubang untuk memasang kabel. Ujung mata bor memiliki lubang kecil tempat Anda memasukkan kawat.

17. Auger Drill Bit

Auger drill bit digunakan untuk mengebor kayu yang tebal dan kering tanpa perlu memberikan banyak tekanan saat pengeboran.

18. Hammer Drill Bit

Hammer drill bit digunakan untuk mengebor dengan cepat melalui bahan rapuh seperti beton.

Kenapa Mata Bor Anda Cepat Tumpul dan Tidak Awet?

Mata bor adalah alat yang digunakan dalam membuat lubang di berbagai benda kerja, namun tahukah Anda mengapa mata bor cepat tumpul dan tidak awet saat pemakaian?

Simak pembahasannya pada artikel berikut ini: Kenapa Mata Bor Anda Cepat Tumpul Dan Tidak Awet?

Distributor Mata Bor di Indonesia

PT Yakinmaju Sentosa adalah distributor resmi mata bor di Indonesia.

Untuk berdiskusi seputar kebutuhan mata bor di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.