Bagaimana Cara Memilih Depth Gauge Yang Tepat? 

Depth gauge (pengukur kedalaman) adalah alat ukur presisi yang digunakan oleh para engineer untuk mendapatkan pengukuran kedalaman secara akurat yang dibuat di bawah permukaan material.

Saat ini depth gauge tersedia dalam jenis yang beragam. Oleh karena itu, simak cara memilih depth gauge yang tepat berikut ini.

Apa Itu Depth Gauge?

Depth gauge adalah alat ukur kedalaman benda kerja. Ketika melakukan pengukuran kedalaman, bagian dasar atau landasan depth gauge harus menumpu dengan tepat pada permukaan yang dijadikan referensi agar mendapatkan pembacaan yang benar.

Fungsi Depth Gauge

Depth gauge berfungsi untuk mengukur kedalaman lubang, ceruk (recess), slot, dan bagian lainnya dari suatu part atau benda kerja. Penggunaannya disesuaikan dengan jenis pengaplikasiannya dalam industri. 

Jenis - Jenis Depth Gauge

Depth gauge terdiri dari beberapa jenis berdasarkan penggunaannya, yaitu:

1. Dial depth gauge

Dial depth gauge adalah jenis depth gauge tipe analog atau dial yang menampilkan data hasil pengukuran kedalaman secara mekanik melalui jarum indikator pada permukaan dial.

2. Vernier depth gauge

Vernier depth gauge adalah jenis depth gauge yang menggunakan 2 skala vernier untuk pembacaan hasil pengukuran. Penggunaannya mirip dengan kaliper vernier.

3. Digital depth gauge

Depth gauge digital adalah jenis depth gauge yang memiliki tampilan digital, yang secara langsung menunjukkan hasil pengukuran dengan jumlah digit tertentu. Umumnya memiliki sumber daya berupa baterai.

4. Depth micrometer

Depth micrometer adalah jenis mikrometer kedalaman yang terdiri atas sebuah landasan (stock) tempat sleeve dipasang. Pengukuran dilakukan dengan memutar rachet atau thimble.

5. Thread depth gauge

Thread depth gauge adalah jenis depth gauge yang mengukur atau menginspeksi kedalaman lubang ulir (thread) dengan sisi Go dan No-Go.

Penggunaan Depth Gauge Dalam Industri

Depth gauge umum digunakan di berbagai industri karena pengaplikasiannya yang sederhana dan cepat. Depth gauge diperlukan dalam proses pembuatan produk akhir atau pemeriksaan produk jadi.

Terlepas dari lingkungan industri dan manufaktur, depth gauge juga digunakan untuk aplikasi lain seperti pengukuran kedalaman ulir ban kendaraan, aplikasi bedah medis, dan lain sebagainya.

Cara Memilih Depth Gauge Yang Sesuai

Sebelum membeli depth gauge, terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Faktor-faktor ini akan membantu Anda memutuskan depth gauge mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Jenis Depth Gauge

Sebelum membeli, Anda perlu mengetahui bentuk pengaplikasian yang akan dilakukan, sehingga jenis depth gauge yang dipilih dapat bekerja dengan maksimal pada lingkungan kerja tersebut..

2. Pemilihan Batang Depth Gauge

Beberapa model depth gauge dilengkapi dengan batang yang dapat diganti, untuk variasi pengukuran kedalaman yang lebih luas. Untuk model ini, pastikan pemilihan batang konsisten dengan perkiraan lubang yang diukur (diameter lubang, kedalaman lubang, dll).

3. Resolusi

Ukuran nilai kedalaman tambahan yang dapat dibaca dari skala depth gauge bervariasi, seperti 0,0010, 0,0015, atau 0,0005. Resolusi ini tergantung jenis depth gauge yang dipilih. 

4. Skala pengukuran

Pengukuran depth gauge biasanya ditampilkan dalam nilai inci atau metrik (milimeter). Beberapa jenis depth gauge umumnya menawarkan kedua opsi tersebut.

Distributor Depth Gauge di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi depth gauge di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan depth gauge di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.