Cara Menggunakan Alat Ukur Ketebalan Cat untuk Detailing Kendaraan

Untuk pecinta automotif detailing merupakan istilah yang sangat populer. apalagi yang suka dengan modifikasi. Namun istilah detailing sudah semakin populer, karena semua orang pasti ingin memiliki kendaraan dengan tampilan bersih dan tampak seperti baru. Pada proses detailing bagian eksterior, Anda akan membutuhkan alat ukur ketebalan cat kendaraan.

Dalam artikel ini kita akan membahas cara menggunakan alat ukur ketebalan cat pada detailing eksterior kendaraan.

Apa itu Detailing Kendaraan?

Detailing adalah proses pembersihan sistematis bagian interior dan perlindungan permukaan cat eksterior kendaraan. Tujuan utama detailing otomotif adalah mempertahankan penampilan kendaraan yang lebih baru atau untuk merevitalisasi kendaraan tua yang sudah tidak terawat. 

Untuk mendapatkan tampilan kendaraan seperti baru, pencucian saja tidak cukup. Pencucian tidak akan menghilangkan kerusakan cat permukaan, sehingga perlu dilakukan detailing. 

Saat detailing, dilakukan pemolesan lapisan clear coat atas cat otomotif untuk menghilangkan kerusakan permukaan seperti goresan halus, lecet, oksidasi, cat berlebih, noda aspal, getah pohon, atau noda air. Proses pemolesan ini sering disebut dengan finessing.

Fungsi Alat Ukur Ketebalan Cat Pada Detailing

Setelah menentukan sistem coating yang digunakan pada kendaraan, penting untuk menentukan ketebalan cat yang sebenarnya. Seorang detailer umumnya akan kesulitan dalam menentukan ketebalan cat melalui inspeksi visual, terutama clear coat. 

Oleh karena itu, coating thickness gauge elektronik beresolusi tinggi sangat dibutuhkan untuk menentukan seberapa banyak ketebalan cat yang dihilangkan saat finessing.

Bahan-Bahan Bagian Eksterior Kendaraan

Sebelum memahami lebih dalam mengenai cara mengukur ketebalan cat mobil, Anda perlu mengetahui bahwa body mobil terdiri dari beberapa bahan berikut ini:

Selengkapnya dapat Anda baca pada artikel Coating Thickness Gauge - Memeriksa Ketebalan Cat Pada Industri Otomotif

Cara Mengukur Ketebalan Cat pada Mobil

1. Pengukuran Magnetik and Arus Eddy

Langkah-langkah pengukuran magnetik dan arus eddy adalah sebagai berikut:

a. Nyalakan alat ukur dan tempatkan probe pada permukaan yang akan diukur.

b. Tekan dan tahan probe. Saat pengukuran yang dihitung sudah valid, akan ada bunyi “bip” dan pengukuran akan ditampilkan pada layar LCD.

c. Angkat probe ±2 inci (5 cm) dari permukaan, dan letakkan probe di lokasi yang sama untuk pengukuran berkelanjutan setiap 2 detik.

Defelsko - PosiTector Coating Thickness Gauge 6000

2. Pengukuran Ultrasonic

Pengukuran ketebalan lapisan ultrasonik bekerja dengan mengirimkan getaran ultrasonik ke dalam lapisan menggunakan probe dengan bantuan couplant. Couplant adalah cairan yang digunakan sebagai media transmisi dari transduser ke permukaan benda uji.

Langkah-langkah pengukuran ultrasonik adalah sebagai berikut:

a. Mula-mula aplikasikan setetes couplant pada permukaan benda uji.

b. Setelah couplant diaplikasikan, probe diletakkan di permukaan tersebut lalu probe ditekan ke bawah untuk memulai pengukuran.

Defelsko - PosiTector Coating Thickness Gauge 200

c. Kemudian probe diangkat saat terdengar bunyi “bip” atau saat lampu indikator hijau berkedip pada LCD.

d. Pembacaan kedua dapat dilakukan pada bagian yang sama dengan terus menahan probe di permukaan. Setelah selesai, bersihkan probe dan permukaannya dengan tisu atau kain lembut.

e. Grafik berikut merupakan hasil pengukuran ketebalan lapisan cat.

Berikut langkah sederhana untuk memverifikasi akurasi pengukur:

  • Probe harus di-nolkan secara berkala untuk mengimbangi suhu ekstrem dan efek keausan probe.

  • Selanjutnya, letakkan shim plastik ke permukaan yang keras dan halus. Ukur satu per satu untuk memastikan alat dapat mengukur ketebalan yang diketahui dalam toleransi.

Distributor Coating Thickness Gauge di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi produk DeFelsko di Indonesia. Untuk melayani minat Anda pada instrumen pengukur ketebalan cat DeFelsko, silahkan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.