Dial Gauge, Alat Pengukur "Toleransi" dan "Kelayakan"

Di dunia otomotif, maintainance atau perawatan merupakan salah satu hal paling krusial, yang harus dipelajari bukan saja oleh mechanic, tetapi juga oleh pemakai otomotif itu sendiri. Bagaimana tidak, maintenance adalah hal yang sangat diperlukan untuk menjaga stabilitas performa mesin suatu kendaraan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami mengenai fungsi dan performa setiap mesin, agar performa kendaraan yang kamu milikki bisa tetap terjaga.

Mengukur "Toleransi" dan "Kelayakan"

Dial gauge adalah salah satu peralatan yang sangat dibutuhkan dalam proses maintainance itu sendiri. Sebenarnya, apa sih dial gauge itu?

Dial gauge, atau yang sering juga disebut dengan dial indicator, merupakan alat yang berguna untuk mengukur batas “toleransi” atau “kelayakan” suatu komponen, yang bertujuan untuk memeriksa, apakah komponen tersebut masih layak dipakai, diperbaiki, atau harus diganti dengan komponen baru.

Lalu apa maksud dari mengukur batas “toleransi” suatu mesin? Untuk lebih mudahnya, berikut adalah beberapa fungsi dial gauge dalam proses maintainance:

  • Mengukur Kerataan Pada Bidang Permukaan Datar

Fungsi pertama dari dial gauge adalah mengukur kerataan pada bidang permukaan datar. Fungsi ini biasa diterapkan untuk mengukur kerataan pada permukaan rem cakram. Apabila ketidakrataan sudah berada di batas maksimal yang sudah ditentukan, berarti rem cakram harus diganti dengan dan tidak bisa digunakan lagi.

  • Mengukur Kebengkokan

Dial gauge juga digunakan untuk mengukur tingkat kebengkokan, salah satunya adalah yang biasa terjadi dengan poros propeller. Apabila terjadi kebengkokan yang sudah melewati batas “toleransi”, perputaran pada prospeller akan tidak merata, yang tentunya akan menimbulkan ketidaknyamanan ketika sedang dalam proses berkendara.

  • Mengukur Kesejajaran Permukaan

Dial gauge juga mengukur kesejajaran permukaan suatu komponen. Piston protrusion adalah salah satu komponen yang harus diukur kesejajaran permukaannya, agar tidak terjadinya combustion error akibat benturannya terhadap cylinder.

  • Mengukur Jarak End Play

Jarak End Play adalah jarak dari gerak bebas suatu komponen. Biasanya dial gauge berguna untuk mengukur jarak end play crankshaft. Tujuannya adalah agar crankshaft tidak mengalami kemacetan, apabila mengalami pengembangan akibat panas dari mesin.

Bagaimana Cara Membaca Dial Gauge?

Cara membaca hasil dari dial gauge sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Mula-mula, setidaknya kita harus memahami beberapa komponen penting pada dial gauge terlebih dahulu.

  1. Long Pointer : bertujuan untuk menunjukkan nilai yang terukur yang dihasilkan oleh komponen yang sedang diukur. Setiap kenaikan satu strip kecil, menunjukkan kenaikan sebesar 0.01 mm
  2. Short Pointer : memilikki fungsi yang sama dengan Long Pointer, namun setiap kenaikan dari satu angka ke angka lain, menunjukkan kenaikan sebesar 0.1 mm
  3. Pengunci : berfungsi untuk mengunci jarum pada pointer Ketika selesai melakukan pengukuran.
  4. Stem : berfungsi sebagai tempat naik turunnya spindle
  5. Spindle : bergerak naik turun, berfungsi sebagai pemicu pointer yang nantinya berguna untuk menunjukkan hasil pengukuran
  6. Titik Kontak : adalah titik interaksi langsung antara dial gauge dengan komponen. Merupakan salah satu bagian terpenting dan hadir dalam berbagai jenis.

Cara Menggunakan Dial Gauge

Lalu, bagaimana cara menggunakan dial gauge untuk menjalankan fungsinya? Baca selengkapnya disini.

Apa Saja Jenis-jenis Dial Gauge?

Sebelum membeli sebuah dial gauge atau dial indicator, sangat penting untuk mengetahui lebih dahulu apa saja jenis-jenisnya. Sehingga Anda dapat memilih dial indicator yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Simak disini agar Anda dapat memahami informasi seputar jenis-jenis dial gauge.

Cara Merawat dan Menyimpan Dial Gauge Dengan Benar

  • Simpan pada suhu dan kelembapan yang stabil, suhu 20°C dan kelembapan udara 50% - 60%
  • Setelah dipakai dimasukkan kembali ke kotak penyimpananya
  • Dipakai menurut petunjuk operasional dan keselamatan kerja yang telah ditentukan
  • Simpan dial gauge di tempat yang bebas getaran 
  • Bersihkan debu atau kotoran dari poros peraba atau batang pengukur sebelum dan sesudah pemakaian.
  • Jangan melumasi poros peraba dengan minyak agar debu tidak melekat
  • Cara menaikkan dan menurunkan poros peraba haruslah hati-hati, jangan menimbulkan sentakan mekanisme didalamnya

 

Distributor Dial Gauge di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa menyediakan Dial Gauge berkualitas untuk beragam kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan berkaitan dengan perihal di atas, Anda dapat menghubungi kami untuk sharing dan bersama kita dapat menemukan solusinya.