Fungsi, Jenis dan Contoh Mesin Laser Marking

Salah satu contoh penggunaan teknologi laser dalam industri adalah laser marking, teknologi yang sangat dibutuhkan oleh banyak sektor industri dalam penandaan produk. Selain pengerjaannya yang praktis dan presisi, proses ini juga tidak menggunakan bahan habis pakai. 

Bagaimana teknologi laser marking mendukung kegiatan industri? Baca pembahasannya berikut ini.

Pengertian Mesin Laser Marking

Mesin laser marking atau mesin penandaan laser adalah mesin yang dapat memberikan tanda pada permukaan suatu bahan dengan menggunakan sinar cahaya (laser). 

Mesin laser marking bekerja tanpa ada kontak, sehingga tidak menimbulkan kerusakan abrasi pada bahan atau menimbulkan efek yang tidak diinginkan di sekitar area marking.

Hal ini membuat banyak industri beralih ke teknologi laser marking dalam menandai produk yang mereka buat, terlebih produk yang terbuat dari bahan logam.

Fungsi Mesin Laser Marking

Mesin laser marking berfungsi untuk menandai permukaan produk dari berbagai jenis bahan, contohnya stainless steel, besi, aluminium, kayu dan plastik.

Penggunaan yang paling umum adalah menghasilkan kode data matrix, kode QR, dan nomor seri alfanumerik. Tanda-tanda tersebut dapat dihasilkan dengan kontras yang tinggi dan permanen.

Jenis-Jenis Laser Marking

Operasi laser marking terbagi menjadi beberapa jenis, seperti:

1. Laser Annealing

Laser annealing (laser anil) bekerja dengan penerapan panas laser ke permukaan bahan. Efek panas tersebut menyebabkan perubahan warna karena teroksidasi. Tanda yang dihasilkan laser annealing berwarna hitam pekat dengan permukaan halus. Namun, warna juga dapat bervariasi tergantung suhu laser.

Gambar Laser Annealing

Kedalaman laser annealing berkisar antara 20-30 mikron. Logam yang umumnya diproses dengan laser marking ini adalah titanium, baja, stainless steel, dan besi. 

2. Laser Discoloration

Laser discoloration (laser perubahan warna) bekerja dengan mengubah warna / pigmen bahan dengan pemanasan laser dan menghasilkan permukaan yang sedikit terangkat atau dikenal dengan istilah foaming atau frothing.

Gambar Laser Discoloration

Perubahan warna terang / gelap tergantung pada komposisi bahan. Misalnya pada plastik gelap hasil laser marking akan berwarna putih, sedangkan pada plastik berwarna terang hasil marking berubah menjadi abu-abu atau hitam. Perubahan warna dan buih ini hanya terjadi pada plastik.

3. Laser Engraving

Laser engraving (laser pengukiran) bekerja dengan menguapkan sebagian material untuk memperlihatkan rongga yang terlihat di kedalaman 0,0001-0,005 inci di bawah permukaan material. Proses ini membutuhkan panas yang cukup untuk menguapkan material dalam milidetik. 

Gambar Laser Engraving

Salah satu manfaatnya adalah dapat menghasilkan marking berkualitas tinggi dan akurat dalam waktu yang sangat singkat. Proses ini cocok untuk hampir semua jenis logam, plastik, kayu, kulit, kaca, atau keramik. 

4. Laser Etching

Laser etching bekerja dengan melelehkan material yang menyebabkannya mengembang dan membentuk rongga yang terangkat di atas permukaannya hingga ketinggian 80 mikron. Rongga inilah yang membentuk tanda.

Gambar Laser Etching

Laser etching membutuhkan energi yang lebih sedikit daripada laser engraving dan pilihan yang lebih ekonomis. Laser ini digunakan untuk menandai berbagai bahan seperti aluminium dan baja.

Cara Kerja Mesin Laser Marking

Mesin laser marking bekerja dengan menggunakan sinar laser yang fokus untuk menandai permukaan suatu material. Mesin laser marking dikendalikan dengan perangkat lunak pada komputer sehingga sinar laser secara tepat mengikuti pola yang telah didesain dengan durasi yang cepat dan hasil yang presisi. 

Sinar laser akan diarahkan ke satu arah. Ketika sinar tersebut berinteraksi dengan permukaan bahan, energi laser akan mengubah sifat dan penampilan bahan melalui reaksi kimia dan fisik meliputi pemanasan, pelelehan, penguapan, maupun cold stripping. Hal inilah yang menciptakan tanda dengan tingkat kontras yang tinggi.

Industri Yang Menggunakan Laser Marking

Laser marking digunakan oleh banyak sektor industri, beberapa diantaranya adalah:

1. Industri Medis

Industri medis menggunakan mesin laser annealing dan engraving untuk alat medis, internal tracking, dan branding. 

2. Industri Otomotif

Industri otomotif menggunakan mesin laser marking untuk membuat nomor identifikasi kendaraan (NIV), dekorasi keyboard, dan panel instrumentasi.

3. Industri Logam

Industri logam menggunakan laser marking untuk menandai produk dan mempermudah identifikasi.  

4. Industri Periklanan

Industri periklanan menggunakan laser marking jenis engraving untuk membuat motif dekoratif karena menawarkan fleksibilitas tinggi untuk menandai motif-motif kecil.

Contoh Mesin Laser Marking Yang Dijual di Indonesia

1. Sisma Marking Laser LOGO Series

Sisma marking laser LOGO adalah mesin laser marking kelas IV presisi, harga ekonomis, dan user friendly. Dilengkapi dengan penutup / sliding lid, sehingga meningkatkan penanganan keamanan dan praktis untuk operasi sehari-hari.

2. Sisma Big Smarky

SISMA merancang Sisma BIG SMARKY yang inovatif untuk menjawab kebutuhan Anda akan pengukiran laser, penandaan, dan kerajinan presisi pada semua jenis logam, perhiasan, bahan padat, dan plastik dalam satu klik mouse melalui perangkat lunak komputer Sisma yang mudah digunakan.

3. SIC Marking L-Box Laser System

L-Box laser marking adalah mesin marking benchtop yang dilengkapi dengan fiber laser ytterbium-doped  dengan gelombang bertenaga tinggi yang mudah dioperasikan. Mesin ini dapat menandai komponen dengan ketinggian hingga 235 mm (9,3"), dan panjang hingga 450 mm (17,7"). 

4. Sisma Easy Marking Laser

 

Sisma "EASY" ditujukan untuk para profesional skala kecil atau bahkan pemula dalam membuat produk ukiran mereka secara instan. Laser penandaan "EASY" Sisma menggunakan teknologi laser dioda dan serat Ytterbium (YAG) dan sangat cocok untuk penandaan dan pengukiran secara manual pada logam.

5. MRJ Laser Marking Machine Ultraviolet

Mesin laser marking UV MRJ adalah sistem penandaan pertama yang dirancang khusus untuk laser UV pada 355 nm. Sistem penandaan laser seri MRJ-UVL1F/3F/10F memanfaatkan panjang gelombang UV pendek untuk memberikan ukuran titik kecil dan kedalaman fokus yang besar untuk memenuhi kebutuhan jenis industri.

Distributor Mesin Laser Marking di Indonesia

PT Yakinmaju Sentosa adalah distributor resmi mesin laser marking di Indonesia.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar kebutuhan mesin laser marking untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.