Apa itu Height Gauge?

Pada dunia industri, Height Gauge digunakan dalam pengerjaan logam maupun metrologi, menyetel mesin milling dan juga mesin printer 3D. Alat ukur Height Gauge berfungsi untuk mengukur tinggi suatu benda kerja atau objek dengan presisi dan akurasi yang sangat tinggi, atau untuk memberikan area yang ditandai pada item relatif tersebut terhadap bidang referensi untuk penggunaan selanjutnya.

Untuk meningkatkan keakuratan pengukuran, Height Gauge umumnya dipasangkan dengan dual probe dial indicator agar mengurangi defleksi pada benda kerja. Tidak hanya itu, kombinasi dengan dial indicator juga untuk mengukur kontur, silindrikal, dan lainnya. Selain penambahan probe dua arah, Height Gauge mampu mengukur diameter luar dan dalam dari sebuah lubang pada posisi horisontal.

Height Gauge digunakan dalam aplikasi Quality Control dan dapat melakukan beberapa jenis pengukuran, yaitu:

  • Untuk mengukur jarak dari permukaan referensi ke fitur tertentu dari suatu bagian untuk memverifikasi bahwa itu memenuhi spesifikasi dan toleransi

  • Untuk menandai bagian dengan dimensi atau fitur vertikal yang akurat dari bidang datum sehingga permesinan tambahan dapat dilakukan

  • Untuk melakukan pengukuran 2D dari fitur part

  • Untuk memverifikasi dimensi center-to-center

  • Untuk mengukur kerataan (flatness)

  • Untuk mengukur sudut (angles)

  • Untuk mengukur kelurusan atau squareness atau tegak lurus (perpendicularity) pada part

Terdapat 3 jenis Height Gauge yang paling sering digunakan di dunia industri, yaitu:

         
  • Vernier Height Gauge

Merupakan Height Gauge manual standar yang menggunakan skala utama dan skala vernier untuk memberikan resolusi yang lebih besar dari nilai yang diukur. Tipe ini umumnya tersedia dalam rentang pengukuran dari 6 inci hingga 72 inci dan dapat memiliki skala imperial (inci) atau metrik (mm). 

  • Dial Height Gauge

Height Gauge tipe ini masih memiliki skala vernier namun sudah memiliki layar LCD. Tersedia dalam rentang pengukuran yang lebih kecil, biasanya kurang dari 12 inci atau 300mm. Dial Height Gauge dilengkapi dial mekanis dengan jarum penunjuk yang memudahkan pembacaan serta hand-wheel sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan penyesuaian. 

     
     
  • Electronic / Automatic Digital Height Gauge

Electronic Height Gauge menggantikan tampilan digital untuk dial analog penghitung mekanis yang ditemukan pada jenis pengukur lainnya. Tipe ini memiliki panel touchscreen dan juga fitur data transfer yang bisa terhubung ke spreadsheet seperti Microsoft Excel atau Smartphone, sangat tepat digunakan bagi teknisi yang butuh kontrol proses statistik (SPC) di komputer. Dengan berbagai fitur ini, mengukur dengan Electronic Height Gauge sangat membantu memudahkan proses pengukuran karena otomatis, mengurangi ketergantungan pengukuran pada keahlian operator, dan memungkinkan hasil yang lebih besar dalam pengaturan produksi.

 

Sedang mencari Height Gauge? Klik disini untuk promo terbaik Sylvac 2021

 

Yang perlu dipersiapkan sebelum menggunakan Height Gauge:

  • Pengukur unit mistas dibalikkan pada sisinya sehingga bagian bawah dapat diperiksa

  • Gunakan batu poles karet untuk menghilangkan goresan atau deformasi lainnya

  • Bersihkan alas dengan alkohol untuk menghilangkan residu dari proses memoles tersebut

  • Bersihkan juga pelat permukaan untuk menghilangkan minyak atau debu yang dapat menyebabkan pengukur menempel pada plat

  • Pasang indikator uji ke scriber dan bawa indikator ke permukaan untuk memeriksa apakah pemasangan permukaan sudah benar. Setting ke angka 0 dan tekan perlahan di sudut alas. Jika indikator bergerak itu berarti permukaan tidak rata dan harus dikembalikan sampai permukaan halus diperoleh. Jangan lupa juga untuk pastikan Height Gauge rata dengan meja ukur.

Langkah-langkah Menggunakan Height Gauge

Mengetahui jenis Height Gauge yang tepat untuk kebutuhan Anda dan menjaga Height Gauge dengan benar akan membantu memastikan pengukuran yang efisien dan akurat. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan Height Gauge:

  • Pertama, Height Gauge harus digunakan pada meja ukur granit. Meja granit harus dipasang pada dudukan berinsulasi getaran untuk membantu menghilangkan getaran dan meningkatkan presisi. Height Gauge juga harus di setting dan di reset secara rutin dengan menggunakan Block Gauge sebagai komparatornya

  • Kedua, perlu diperhatikan bahwa setiap desain Height Gauge memiliki settingan dan ketentuan dalam menyesuaikan skala yang berbeda, tergantung merk dan tipenya. Hal ini dilakukan dengan menggeser skala secara vertikal di sepanjang badan penggaris Vernier pada Height Gauge dengan memutar sekrup pengumpanan halus di bagian atas pengukur, kemudian dengan scriber yang di set ke level yang sama dengan base agar skalanya dapat dicocokkan. Penyesuaian ini memungkinkan scribers atau probe yang berbeda untuk digunakan serta menyesuaikan untuk setiap kesalahan dalam probe yang rusak atau dibentuk ulang.

  • Height Gauge tipe Vernier seringkali digunakan untuk mengatur atau mengukur jarak vertikal pada aplikasi metalworking. Pointer dipertajam untuk memungkinkannya bertindak sebagai scriber dan membantu dalam menandai benda kerja. Instrumen Height Gauge ini juga dapat digunakan untuk mengukur ketinggian suatu objek dengan menggunakan bagian bawah scriber sebagai datum maupun anvil. Datum ini dapat dibongkar pasang maupun digunakan secara permanen ditambah dengan alat ukur lain.

  • Pada bagian Quality Control, aplikasi penggunaan Height Gauge dan pengukur permukaan sangatlah beda. Height memiliki kepala pengukur sedangkan pengukur permukaan hanya memiliki titik scriber. Keduanya bisa digunakan pada pelat permukaan dan memiliki dasar yang berat dengan bagian bawah yang rata dan halus.

Setelah pengukuran selesai dilakukan, lepas rahang agar dapat dibersihkan dan dikeringkan dengan kain yang telah dibasahi cleaning oil. Anda dapat menggunakan kain bersih dan kering sebelum menyimpan instrumen dalam wadah yang pas. Selama penyimpanan atau saat digunakan, penting untuk menjaga suhu antara 5 hingga 40°C. Stiker pelindung tidak boleh bersentuhan dengan cairan hidro apapun. Terakhir, cegah kerusakan pada elektronik. Seperti sirkuit listrik yang kelebihan beban, yaitu dengan tidak pernah menerapkan voltase atau ukiran dengan pena listrik pada bagian mana pun dari depth gauge.

Mengapa Electronic Height Gauge?

Berikut adalah beberapa kemudahan yang ditawarkan Electronic Height Gauge yang pastinya akan sangat membantu proses pengukuran Anda:

  • Layar LCD membuat hasil pengukuran dapat dengan mudah dibaca
  • Air bearing dan air cushion yang memungkinkan gerakan ringan dan halus dari Height Gauge

  • Motorik: menyederhanakan proses pengukuran karena operator tidak perlu harus memindahkan sendiri

  • Built-in temparature untuk memungkinkan variasi koefisien panas yang memuai pada seluruh material yang diukur

  • Kemampuan penyimpanan dan pengeluaran data, memungkinkan untuk digunakan dengan aplikasi perangkat lunak SPC dengan mengeluarkan data melalui RS232 atau USB

     


Electronic Height Gauge dengan probe dapat memeriksa posisi vertikal dari fitur pada suatu part.

 

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang Height Gauge mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda atau ingin mengetahui lebih lanjut perihal pembahasan Height Gauge di atas, silahkan hubungi kami untuk sharing dan bersama kita dapat menemukan solusinya.