Mengukur Dimensi Part Menggunakan Plastiform

Plastiform adalah bahan replika yang digunakan dalam pengujian suatu part dengan menggunakan prosedur non-kontak dan non-destruktif. Dengan produk ini, Anda dapat dengan mudah mengukur dimensi internal maupun eksternal part yang sulit untuk dijangkau.

Plastiform terbagi dalam beberapa jenis yang bergantung pada tujuan pengaplikasiannya. Selengkapnya telah kami rangkum pada artikel ini.

Apa itu Plastiform?

Plastiform adalah bahan replika berbahan dasar silikon yang digunakan untuk membuat cetakan dengan presisi tinggi untuk aplikasi industri, contohnya saat quality control.

Plastiform terdiri dari 2 komponen yaitu bahan dasar dan pengeras. Ketika bersentuhan satu sama lain, bahan ini akan berpolimerisasi dan mengeras, sehingga mereplikasi secara detail ukuran, geometri, dan tekstur permukaan tempat produk dituangkan dengan presisi ±1μm.

Jenis-Jenis Plastiform

Plastiform tersedia dalam 3 jenis konsistensi, yaitu:

1. Liquid (Fluid)

Plastiform bentuk liquid mampu dengan sendirinya menyesuaikan bentuk wadah pengaplikasian dan dapat dituangkan dengan mudah, bahkan dalam detail yang sangat kecil.

Contoh Produk Plastiform Liquid:

2. Cement (Pasty)

Jenis ini tidak mengalir dan digunakan untuk cetakan impression sektoral (internal maupun eksternal), dan dapat diaplikasikan pada permukaan vertikal atau permukaan bagian atas.

Contoh Produk Plastiform Pasty:

3. Dough (Manual)

Dengan konsistensi seperti tanah liat (clay), plastiform ini dicampur dan diaplikasikan dengan tangan untuk membuat impression internal maupun eksternal.

Contoh Produk Plastiform Manual Putty:

 

Untuk Apa Saja Plastiform Digunakan?

Plastiform dapat diaplikasikan pada beberapa proses seperti:

  1. Proses quality control dimensi part.

  2. Uji kekasaran tidak langsung.

  3. Uji hasil akhir permukaan part.

  4. Melindungi bagian atau permukaan part terhadap bahan kimia atau kotoran.

  5. Memperbaiki dan menambahkan kekuatan part.

Distributor Plastiform di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi Plastiform di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan plastiform, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.