Penggunaan Electric Furnace Pada Industri Mold & Dies

Mold & Dies digunakan dalam banyak proses manufaktur dan dalam banyak proses tersebut diperlukan perlakuan panas. Metode pemanasan dengan Electric Furnace adalah alternatif yang paling cepat, bersih, dan hemat energi

Pengertian Electric Furnace

Pada industri mold & dies, penggunaan Eletric Furnace tentunya sudah tidak asing lagi. Electric Furnace (tungku listrik) merupakan alat yang digunakan untuk proses pembuatan (pencetakan) logam/baja atau peleburan, dimana besi bekas dipanaskan dan dicairkan dengan Electric Furnace yang berasal dari elektroda ke besi bekas di dalam tungku. Dalam hal pengoperasiannya pun juga tidak sulit karena hanya memerlukan beberapa operator untuk memantau proses peleburan dan penggunaan listrik pada Electric Furnace tersebut.

Bagaimana Pemanasan dengan Electric Furnace Digunakan Dalam Industri Mold & Dies?

  • Pemanasan awal (pre-heating) tool dan mold untuk plastic injection molding

  • Pemanasan alat molding untuk pengawetan produk rubber dan ban mobil

  • Die heating untuk ujung kateter dan pembuatan produk medis

  • Die and platen heating untuk stamping dan pembentukan logam

  • Pre-heating cetakan pengecoran di industri pengecoran logam

  • Heat treating dan hardening alat stamping & punching

 

HATA ELEPOT ELECTRIC FURNACE

Electric Furnace ini digunakan untuk quenching, tempering, melting, burning, annealing, hingga sintering pada benda kerja dengan material besi, aluminium, tembaga, dan non-ferrous metal. Memiliki temperatur suhu maksimal 1.400°C (untuk tipe Elepot LU) dan desain silinder tanpa sudut yang membuat panas pada benda kerja menjadi menyeluruh.

 

     

 

Fitur-fitur HATA Elepot Electric Furnace

       
  • Desain Aman dan Ringan


Struktur desain yang aman dilengkapi fungsi pencegah kenaikan suhu berlebih yang otomatis. Adanya lapisan udara antara dinding bagian dalam dan luar membuat alat ini menjadi ringan, serta berfungsi untuk menghindari kenaikan suhu di dinding luar. Terdapat juga buzzer alarm sebagai pengingat apabila suhu mencapai waktu yang telah ditentukan.

  • Hemat Energi

Memanaskan dengan 1/3 kekuatan tungku konvensional. Mencapai 1.150°C dengan daya 1.8kW (untuk tipe SH).

  • Adanya Fitur Keamanan untuk Mencegah Panas Berlebih

Fitur keamanan ini akan mematikan daya secara otomatis apabila terjadi kenaikan suhu yang berlebihan.

 
       
  • Pengoperasian yang Mudah

 

Adanya tombol pengatur suhu dan timer membuat pengoperasian HATA Elepot ini menjadi lebih mudah. Selain itu, tombol PID tiga tingkat memberikan stabilitas dan akurasi pengukuran suhu.

 

Ultra-High Temperature Electrif Furnace

ELEPOT LU MODEL

 


Elepot LU Model dirancang untuk bekerja dengan suhu yang lebih tinggi, yang mampu mencapai hingga 1.400°C. Menggunakan elemen pemanas SIC (Silicon Carbide) untuk heater dan dapat dioperasikan secara stabil pada rentang suhu yang luas. Dilengkapi dengan pengontrol suhu yang sama seperti Elepot dan dapat dioperasikan hanya dengan mengatur suhu serta waktu.

Tentang elemen pemanas SIC (Silicon Carbide)

Hambatan listrik elemen pemanas SIC secara bertahap menurun dari suhu normal menjadi sekitar 800-900°C, sebaliknya, pada suhu yang lebih tinggi meningkatkan hambatan listrik. Oleh karena itu, digunakan thyristor khusus (SCR) yang dapat secara otomatis menyesuaikan arus untuk menjaga suhu konstan dan memungkinkan kestabilan kontrol suhu.

 

SEAL PEEL MELTING TANK

Tangki khusus untuk melelehkan Seal Peel guna melindungi benda kerja dari karat, jamur, goresan, impedansi magnetik, oksidasi, angin laut, air asin, kabut belerang serta paparan kimia lainnya. Dengan mencelupkan benda kerja ke dalam Melting Tank selama 60 detik saja, Anda dapat memiliki lapisan Seal Peel dengan masa pakai lebih dari 10 tahun penyimpanan.

         

Baca juga di sini: Penggunaan Seal Peal Compound Pada Produk Logam.

 

Distributor produk HATA di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi produk HATA Elepot Electric Furnace, Seal Peel Melting Tank dan Seal Peel Compound di Indonesia. Untuk melayani kebutuhan Anda, silahkan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.