Setiap produk memiliki tingkat keawetan yang berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut, di antaranya kualitas produk dan penggunaan produk itu sendiri. Produk berkualitas tinggi belum tentu bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang jika digunakan asal-asalan. Begitu juga sebaliknya, produk yang berkualitas standar bisa saja memiliki usia yang lebih lama jika penggunaannya sesuai kapasitas produk tersebut.

Kali ini, mari kita bahas mengenai produk saw blade. Salah satu permasalahan yang dijumpai adalah kerusakan pada gigi (tooth breakage). Apakah Anda pernah mengalaminya?

Kerusakan gerigi atau tooth breakage bisa terjadi karena pemilihan tipe saw blade yang kurang baik atau tidak sesuai dengan benda kerja. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

  • Adanya chip yang tersangkut pada gigi (tooth face)

  • Tekanan berlebih pada bagian cutting edge

Gunakan sikat kawat, cold air gun, atau cutting fluid yang berkualitas lebih tinggi untuk meminimalisasi tooth breakage yang dikarenakan tekanan berlebih tersebut.

  • Tooth pitch yang terlalu kecil

Pilih tooth pitch yang sesuai dengan penggunaan di lapangan. Semakin tinggi tooth pitch, semakin banyak ruang di antara gerigi. Hal tersebut akan mengurangi kemungkinan chip tersangkut, sehingga saw blade semakin awet.

  • Material tipis dan tidak stabil

Tingkatkan sistem penjepitan (clamping) atau ubah parameter pemotongan untuk mengurangi getaran yang terjadi selama pemotongan. Getaran tersebut dapat menyebabkan tooth breakage. Solusi lainnya adalah dengan mengganti tipe saw blade dengan tooth geometry yang lebih sesuai.
 
Pernah mencoba saran-saran tersebut? Atau Anda memiliki permasalahan lain mengenai saw blade?

Hubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan berkaitan dengan perihal di atas. Anda juga dapat sharing ke kami mengenai masalah Anda dan bersama kita dapat menemukan solusinya. Temukan solusi yang sesuai untuk beragam kebutuhan Anda.