Tips Memilih Height Gauge yang Tepat untuk Aplikasi Anda

Height Gauge merupakan alat ukur serbaguna yang dapat digunakan di berbagai industri dan aplikasi oleh siapa saja yang perlu mengukur part presisi. Alat ukur ini biasanya digunakan untuk mengukur ketebalan, panjang, diameter, wavinessroughnessroundness of materials dan objek. Hampir 90% penggunaannya adalah untuk pekerjaan surface plate termasuk analisis permukaan atau metrologi permukaan untuk analisis tekstur dan fitur.

Gauge Applications

       

 

Memilih Height Gauge yang memiliki pembacaan sekecil 0,01µm dianggap mampu memberikan resolusi dan akurasi yang diperlukan untuk menemukan masalah penyimpangan yang mungkin terjadi. Ini adalah sebagian kecil dari ukuran sehelai rambut manusia yang biasanya berukuran 20-180µm. 

Proses inspeksi 100% dapat dilakukan ketika ada critical part dimension dan penting untuk memastikan setiap part dapat diterima. Kondisi ini tidak umum terjadi di lingkungan manufaktur saat ini karena Gauge memiliki kemampuan menyimpan informasi untuk pengukuran otomatis. Gauge memiliki mikrometer digital yang dapat mengeluarkan informasi ke komputer. Hal ini membuat proses pengujian menjadi lebih cepat dan mudah bagi pengguna karena tidak perlu mencatat dan menghitung secara manual lagi.

 

 

Motorized Drive Gauges

Height Gauge sebelumnya lebih mirip seperti Digital Caliper tetapi lebih kuat dan akurat. Operator harus menurunkan contact point ke part tersebut. Gaya dan kecepatan yang digunakan oleh operator bervariasi, oleh karena itu, hal itu mempengaruhi akurasi dan pengulangan pembacaan. Dengan dimulainya penggerak bermotor (motorized drives) untuk pengukur (gauge), suku cadang (part) diturunkan dengan gaya dan kecepatan yang sama setiap saat.

Kemajuan lain dalam Height Gauge di seluruh industri adalah pengukuran kontak yang sempurna. Selama Height Gauge dalam kondisi terkalibrasi, maka itu akan bekerja dengan sempurna.

Calibrate Yearly

Menurut para profesional industri, Height Gauge berada pada jadwal kalibrasi setiap tahun hingga 18 bulan. Untuk mengkalibrasi pengukur (gauge), itu harus dikalibrasi dengan sesuatu yang lebih akurat dari itu. Pengguna Height Gauge biasanya mengirimkannya untuk dikalibrasi. Banyak pabrik Height Gauge juga mengkalibrasi.

Accuracy and Repeatability of Gauges

Saat mengukur menggunakan Height Gauge, banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kesalahan pengukuran atau pembacaan. Salah satunya adalah faktor lingkungan seperti kelembapan, sinar matahari, panas atau dingin. Lokasi pengukuran juga penting dalam menentukan akurasi dan pengulangan (repeatability) pengukuran.

Selain akurasi dan repeatability pengukuran, produsen Height Gauge juga memperkenalkan fitur yang membuatnya lebih mudah dan nyaman untuk dioperasikan. Di antara fitur-fitur ini adalah ergonomic handles, tombol khusus, dan soft keys. Saat operator memegang ergonomic handles, tombol sangat mudah diakses oleh ibu jari dan jari mereka untuk mengurangi gerakan asing dari pergelangan tangan, tangan, dan jari yang dapat mengakibatkan carpal tunnel atau ketegangan lainnya. Tombol khusus dan soft keys dengan simbol memudahkan pengoperasian. Tombol non-khusus hanya diaktifkan saat tombol sedang digunakan. Ini mencegah keyboard yang berantakan dengan tombol yang jarang digunakan.

Cara utama menggunakan Height Gauge tidak banyak berubah, namun manufaktur menawarkan estetika berbeda yang meningkatkan presisi. Height Gauge dirancang dari baja, keramik, atau granit untuk stabilitas tambahan guna meningkatkan akurasi dan repetability pengukuran.

Choosing the Right Gauge

Saat membeli Height Gauge, pakar industri menyarankan untuk selalu mengingat apa yang akan diukur. Height Gauge tersedia dalam berbagai variasi ukuran. Mungkin ada part kecil dengan toleransi ketat hingga part besar dengan toleransi lebih liberal. Banyak Height Gauge tersedia dalam ukuran 14inci, 24inci, dan 40inci. Pasikan itu memenuhi semua kebutuhan aplikasi spesifik Anda, seperti akurasi, resolusi, gaya pengukuran, sudut pengukuran, ujung probe, panjang pengukuran, dan format output.

 


 

Sedang mencari Height Gauge? Klik disini untuk promo terbaik Sylvac 2021

 

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika mencari Height Gauge

  • Terbuat dari bahan dasar hardened dan ground yang meluncur dengan mudah di atas pelat permukaan granit, dengan ergonomic handle untuk kmudahan penggunaan

  • Rentang pengukuran yang memadai

  • Smart probe yang dapat mengukur I.D. dan O.D. tanpa lampiran

  • Layar LCD yang besar sehingga mudah dibaca dan digunakan

  • Volume beep yang dapat disesuaikan

  • Kemampuan untuk mengingat pengukuran terakhir bahkan setelah dimatikan

  • Speed wheel untuk penyesuaian cepat dan fine-tuning wheel untuk pengaturan akhir

  • Mekanisme penguncian untuk scribbing

  • Konversi instan inci ke milimeter

  • Automatic shutt-off untuk mengehemat daya

  • Baterai isi ulang

  • Kemampuan SPC

 

Electronic Height Gauge

       

Salah satu kelebihan utamanya adalah kemampuan untuk menggunakan koneksi output data SPC. Fitur ini memungkinkan operator mengunggah pengukuran ke database untuk analisis secara real-time. Electronic Height Gauge yang lebih baik memiliki encoder linier absolute bawaan, yang menghilangkan kebutuhan untuk mengatur titik referensi pada setiap penyalaan. Juga tidak akan terjadi kesalahan over speed dengan model ini.

  

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang Height Gauge atau ingin mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami untuk sharing dan bersama kita dapat menemukan solusinya.