Tips Memilih Mikroskop Sesuai Kebutuhan

Mikroskop hadir dalam beragam jenis dan tujuan penggunaan. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui cara memilih mikroskop yang tepat, yang telah kami rangkum berikut ini.

Jenis Mikroskop

Sebelumnya, Anda perlu tahu bahwa mikroskop terbagi ke beberapa jenis. Beberapa contohnya adalah mikroskop stereo dan mikroskop cahaya

1. Mikroskop Stereo

Mikroskop Stereo adalah mikroskop yang digunakan untuk mempermudah pengamatan objek dengan memberikan hasil gambar 3D, pembesaran yang relatif rendah, namun memiliki bidang pandang yang lebih besar dan cenderung bekerja pada sampel yang tidak dapat melewati cahaya. Mikroskop stereo adalah pilihan terbaik untuk proses inspeksi dan pengamatan objek makroskopik.

Contoh hasil pengamatan dengan mikroskop stereo:

2. Mikroskop Cahaya

Mikroskop cahaya (light microscope) adalah mikroskop yang digunakan untuk mengamati sampel tak kasat mata dan yang dapat dilewati cahaya. Jenis ini memiliki perbesaran dan resolusi optik yang sangat tinggi, sehingga sering digunakan untuk observasi sel atau jaringan. Mikroskop cahaya adalah pilihan terbaik untuk digunakan pada laboratorium biologi atau forensik.

Contoh hasil pengamatan dengan mikroskop cahaya:

3 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Mikroskop

 

1. Jenis Spesimen Yang Diamati

Hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah memilih jenis mikroskop sesuai spesimen yang akan diamati.

Contohnya jika spesimen Anda adalah papan sirkuit, maka Anda akan membutuhkan hasil gambar 3D dari papan sirkuit tersebut, sehingga sebaiknya Anda menggunakan mikroskop stereo.

2. Jumlah Eyepiece Mikroskop

Hal kedua adalah berapa jumlah eyepiece yang diperlukan. Mikroskop memiliki berbagai jumlah eyepiece, yaitu: binokuler, monokuler, trinokuler, hingga mikroskop digital atau tanpa eyepiece. Pilihlah yang sesuai dengan tingkat kemudahan, kenyamanan, dan kualitas yang diinginkan 

3.  Perbesaran Mikroskop

Hal ketika adalah berapa perbesaran yang dibutuhkan untuk mendapatkan gambar spesimen yang akurat, apakah di level low, medium, atau high magnification.

 

Distributor Mikroskop di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi mikroskop di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan mikroskop, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.