Unified Thread Gauges, Kenali Jenis dan Fungsinya

 

Apa itu Unified Thread Gauges?

Adalah sistem pengukur ulir sekrup yang mengikuti standar Unified Thread Standard (UTS). Ini adalah bentuk dan seri ulir standar yang dilengkapi dengan kelonggaran, toleransi, dan sebutan untuk ulir sekrup yang biasa digunakan di Amerika dan Kanada. Sistem UTG terdiri dari daftar karakteristik ulir sekrup yang harus diperiksa untuk menetapkan akseptabilitas dimensi ulir sekrup pada produk berulir dan pengukur yang digunakan saat memeriksa karakteristik tersebut.

UTS adalah standar utama untuk baut, mur, dan berbagai macam pengencang berulit lainnya yang digunakan di negara-negara ini. Profil dasar ulir UTS mirip dengan ulir sekrup metrik ISO. Ini memiliki profil 60° yang sama dengan ulir sekrup metrik ISO, tetapi dimensi karakteristik setiap ulir UTS (diameter luar dan pitch) dipilih sebagai pecahan inci daripada nilai metrik. UTS saat ini dikendalikan oleh ASME/ANSI di Amerika Serikat.

Berbagai Jenis Unified Thread Gauges:

  • UN - Unified Fixed Pitch

Umumnya digunakan dengan 4, 6, 8, 12, 16, 20, 28 dan 32 standard thread per inci.

  • UNC - Unified Coarse

Jenis thread yang paling umum digunakan pengencang, pengukuran inci serbaguna, material dengan kekuatan tarik lebih rendah. Karena pitch kasar yang melekat, thread lebih dalam dari UNF dan lebih mudah dipasang tanpa cross threading.

  • UNF - Unified Fine

Penggunaan umum: thread eksternal memiliki tegangan yang lebih kuat daripada coarse thread karena thread depth yang lebih rendah dibandingkan dengan UNC dan memiliki penyesuaian tegangan finder dan toleransi yang lebih ketat. Ini biasanya digunakan dalam industri dirgantara.

  • UNEF - Unified Extra Fine

Penggunaan umum: Finer thread yang lebih halus dibandingkan dengan UNF dan digunakan untuk aplikasi yang sangat khusus seperti bahan dinding tipis dan bahan lubang yang disadap.

  • UNJC & UNJF

Penggunaan umum: bentuk thread serupa dengan UNC dan UNF kecuali thread luar memiliki radius root lebih besar dari utas UNC atau UNF. Oleh karena itu, luas tarik lebih besar dan konsentrasi tegangan lebih kecil. 

 
       
 

TPI (Thread Per Inch)

Pada unified thread, pengukuran pitch ulir mengacu pada jumlah thread per inci sepanjang thread. Umumnya, thread per inch digunakan di unified thread sementara pitch thread digunakan di Metric thread.

Unified Thread System

Kelas untuk unified thread ditandai dengan huruf 'A' dan 'B'. Thread plug gauge adalah 'B', sedangkan Thread ring gauge adalah 'A'. Oleh karena itu kelas toleransi 1A, 2A, dan 3A berlaku untuk thread ring gauge dan kelas toleransi 1B, 2B, dan 3B berlaku untuk thread internal. Paling umum digunakan adalah kelas 2A dan 2B.
 

Definisi:

Misalnya: Thread Ring Gauge ¾-10 UNC 2A

¾ = Diameter luar

10 = Thread per Inch

UNC = Thread Series

2A = Kelas toleransi untuk Thread Ring Gauge

       
 

UNC vs UNF

  • UNC thread lebih cepat dan lebih mudah untuk perakitan komponen dengan kemungkinan kecil terjadinya cross threading

  • UNF thread memiliki kekuatan tegangan yang lebih tinggi karena luas tegangan tarik yang lebih besar dibandingkan dengan UNC

  • UNF thread memiliki thread depth yang lebih pendek yang cocok untuk threading di dinding yang lebih tipis

  • UNC thread cenderung tidak terlepas saat diikat ke material yang berkekuatan lebih rendah

  • UNC thread memiliki ketahanan fatigue yang lebih baik karena konsentrasi tegangan yang lebih sedikit pada radius root thread

  • UNF thread memungkinkan penyetelan yang lebih tepat

  • UNF thread memiliki panjang pengikatan yang terbatas sehingga memberikan kekuatan yang lebih besar

  • UNF thread lebih mudah dimanfaatkan untuk material yang lebih keras.

 

Agar keaslian produk terjamin, pastikan Anda memperoleh Ojiyas Thread Gauges dari PT Yakin Maju Sentosa sebagai distributor resmi Ojiyas di Indonesia. Anda juga dapat mengunjungi website kami untuk informasi mengenai produk Ojiyas, atau hubungi kami untuk pertanyaan maupun bantuan lebih lanjut. Temukan solusi yang sesuai untuk kebutuhan inspeksi Anda.