Apa Saja Jenis Alat Inspeksi Visual?

Alat inspeksi visual merupakan alat yang digunakan dengan teknik non destruktif (NDT) yang dapat memberikan informasi langsung seputar kualitas dan integritas komponen yang diuji. 

Teknik inspeksi visual telah berkembang dari pemeriksaan konvensional menjadi pengujian visual lanjutan menggunakan alat bantu optik dan kamera digital.

Apa sajakah alat inspeksi visual pada industri? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Alat Inspeksi Visual?

Alat inspeksi visual (visual inspection tools) adalah alat yang digunakan pada industri untuk memeriksa atau mengevaluasi komponen mesin, seperti untuk memeriksa retakan, lubang, korosi, lecet, kerusakan akibat benturan, dll.

Alat inspeksi visual dapat digunakan pada tempat yang mudah dijangkau hingga yang sulit dijangkau. Alat ini juga telah berkembang seiring zaman, didorong oleh kebutuhan industri dalam mempertahankan tingkat kualitas produk yang seragam.

Fungsi Alat Inspeksi Visual

Alat inspeksi visual dapat digunakan untuk tujuan visual inspection dan visual measurement.

1. Visual Inspection

Alat inspeksi visual berfungsi untuk memastikan keakuratan fabrikasi komponen, sebelum diperiksa menggunakan teknik NDT lainnya. Proses ini dapat dilakukan dengan alat bantu mekanis dan optik. Alat bantu optik visual digunakan jika pengamatan langsung dari benda uji tidak memungkinkan, contohnya dengan mikroskop, videoscope, borescope, dll.

2. Visual Measurement

Beberapa alat inspeksi visual juga dapat digunakan untuk pengukuran visual (visual measurement) melalui berbagai metode pengamatan dan fungsi pengukuran. Contohnya seperti mikroskop digital, untuk mengidentifikasi dan mengukur cacat permukaan (surface defect).

Jenis Alat Inspeksi Visual

1. Mikroskop

Mikroskop (microscope) adalah alat optik yang digunakan oleh pengamat untuk dapat melihat struktur dari suatu objek kecil melalui lensa dengan ukuran pembesaran tertentu. Mikroskop perlu memiliki daya resolusi dan kontras sehingga dapat menampilkan detail gambar yang terlihat bagus.

Contoh Mikroskop:

 
Vision Engineering Mantis Elite-Cam HD Dino-Lite Digital Microscope Series

2. Illuminated Magnifier

Illuminated magnifier adalah alat optik yang menggunakan bola lampu yang terpasang pada pegangan kaca pembesar untuk mengarahkan cahaya ke permukaan. Cahaya yang diberikan oleh kaca pembesar yang diterangi dapat membantu meningkatkan kontras dan kecerahan area yang diperbesar, membuatnya lebih mudah untuk dilihat.

Contoh Illuminated Magnifier:

OTSUKA O-LIGHT III-L - 3.5X OTSUKA SKKL-B - 4X

3. Borescope

Borescope adalah alat inspeksi visual jarak jauh yang digunakan dalam industri untuk memeriksa struktur dalam atau lubang kecil dari sebuah part atau mesin yang sulit terlihat dengan cara aman dan tidak merusak part. Visualisasi dari borescope camera kemudian akan dikirimkan ke lensa mata atau ke tampilan digital.

Contoh Borescope:

Hawkeye Pro MicroSlim Borescope Coantec Industrial Borescope C40

Distributor Alat Inspeksi Visual di Indonesia

PT Yakinmaju Sentosa adalah distributor resmi alat inspeksi visual di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan alat inspeksi visual di perusahaan Anda, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.